Lumat Alanyaspor, 2 Penggawa Persis Solo Jadi Starter Timnas U-18

Dua penggawa Persis Youth tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

 Ketua PSSI Mochamad Iriawan berbincang dengan Erlangga Setyo (kanan) sebelum berangkat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok PSSI)

SOLOPOS.COM - Ketua PSSI Mochamad Iriawan berbincang dengan Erlangga Setyo (kanan) sebelum berangkat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok PSSI)

Solopos.com, SOLO – Dua penggawa Persis Youth yakni penjaga gawang Erlangga Setyo Dwi Saputra dan gelandang tengah Aulia Lubis Ramadhan dipercaya tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

PromosiPerjanjian Ekstradisi Diteken Setelah 8 Kali Pergantian Dubes Singapura

Pertandingan hanya berlangsung selama 50 menit dikarenakan hujan deras yang tidak memungkinkan pertandingan dilanjutkan. Persis Youth masih mengirim seorang penjaga gawang di Timnas U-18 yakni Dimas Maulana. Namun, Dimas tidak masuk dalam daftar susunan pemain pilihan skuat Bima Sakti itu.

Saat ini tim pelatih dipimpin oleh Bima Sakti dikarenakan Shin Tae-yong fokus menyiapkan tim senior dalam ajang Piala AFF di Singapura pada Desember mendatang. Seluruh skuad Timnas Indonesia berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Baca Juga: Eks Kiper Juventus Mudik ke Lombok, Isu Naturalisasi Kian Kencang

Dalam jalannya laga uji coba kedua itu, Timnas Indonesia langsung menekan cepat di menit-menit awal. Terbukti penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh langsung mencetak gol di menit pertama. Hanya empat menit berselang, duet Ronaldo asal PSM Makasar, Ricky Pratama kembali menambah keunggulan Indonesia dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Tekanan cepat yang dilakukan membuat lini belakang Alanyaspor panik hingga mengakibatkan gol bunuh diri menit ke-11. Tujuh menit kemudian Garuda Muda kembali menambah keunggulan lewat gol kedua Ronaldo Kwateh. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum. Baru sepuluh menit jalannya babak kedua, hujan deras dan cuaca dingin membuat dua tim sepakat untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan Indonesia 4-0.

Dalam unggahan akun Twitter PSSI, Kamis (25/11/2021), Coach Shin Tae-yong, mengapresiasi kerja keras skuat Garuda Muda. Penyelesaian akhir yang bagus membuat skuat Garuda Muda bisa menang telak dari klub Liga Turki itu.

“Para pemain sangat bekerja keras dari sisi performa dan finishing juga sangat baik. Sebenarnya lebih baik sampai akhir babak kedua selesai tetapi karena hujan lebat mau tidak mau pertandingan harus berhenti,” kata dia.

Sementara itu dalam keterangannya, Erlangga Setyo, mengatakan sangat antusias menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-18. Ia berada di bawah pelatih kiper baru timnas, Kim Bong-soo. Menurutnya kemampuan dasar seperti membentuk fisik dan mental menjadi prioritas yang harus ditingkatkan oleh para Garuda Muda.

“Perasaan saya pribadi begitu antusias atas pemanggilan ini, saya cukup senang. Semua orang butuh pengalaman untuk masuk ke Timnas U-18, saya sendiri memanfaatkan waktu yang ada di sini untuk memberikan yang terbaik karena kesempatan tak selalu datang dua kali.”

Baca Juga: Jaga Asa ke Semifinal Liga 3 Jateng, PSISa Siap Tundukkan Persika

Ia menambahkan sangat terkesan terhadap tim pelatih yang kini menangani Timnas Indonesia. Ia merasa Coach Kim sangat ingin membentuk kiper-kiper Indonesia lewat daya juang tinggi. Menurutnya pelatih dari Korea Selatan itu sangat disiplin, tegas, dan terus berusaha meningkatkan performa.

“Saya berharap semoga mendapat kesempatan lagi karena sistem di timnas kan keluar masuk, Sesudah TC ini saya berharap kemampuan meningkat dan menunjukkan kepada tim pelatih di Persis Solo kalau saya mampu bersaing di Liga 2 dan bisa mendapat kesempatan bermain di Liga 2. Saya akan terus optimis dan punya keyakinan tinggi di Persis Solo nanti,” kata kiper 194 cm itu.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tikung Arsenal, Juventus Gaet Dusan Vlahovic dari Fiorentina

Dusan Vlahovic selangkah lagi akan diresmikan sebagai pemain Juventus. Pemain asal Serbia itu dikabarkan telah menjalani tes medis bersama Si Nyonya Tua.

Pekan Sambernyawa Digelar, Pengunjung Bisa Selfie dengan Piala Liga 2

Manajemen Persis Solo menggelar event bertajuk Pekan Sambernyawa sebagai bentuk perayaan perjalanan Persis Solo di Liga 2 musim 2021 hingga menjadi juara.

Berlabel Timnas, Pemain Muda Persib Bandung Gabung Persis Solo

Sebanyak empat pemain muda Persib Bandung bergabung dengan Persis Solo.

Jan Ethes Ikut Turnamen Taekwondo, Selvi Ananda Deg-Degan

Putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra, kembali tampil di turnamen taekwondo.

Lagi! Jan Ethes Raih Medali Emas Turnamen Taekwondo

Putra sulung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra berhasil menang dalam pertandingan bela diri taekwondo Piala Wali Kota Solo.

PBSI Rilis Daftar Atlet Pelatnas, Praveen/Melati Tersingkir!

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tersingkir dari skuad Pelatnas PBSI tahun ini.

Catatan Jeblok Indonesia di Piala Asia Wanita: 0 Gol, 28 Kali Kebobolan

Timnas Putri Indonesia dipastikan tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita 2022. Zahra Muzdalifah dkk. tersingkir setelah menjadi juru kunci Grup B.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

LIVE Indonesia vs Timor Leste: Selesai, Tim Garuda Menang 4-1

Timnas Indonesia menghadapi tantangan Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tersisih di Persis Solo, Rijal Torres Malah Moncer di Persiraja

Assanur Rijal atau yang dikenal sebagai Torres gagal menemukan performa terbaiknya selama membela Persis Solo dalam gelaran Liga 2 2021 lalu.

Persis Youth Fokus Asah Skill Individu Pemain Jelang Kompetisi

Direktur Teknik Persis Solo Misha Radovic menyebut peningkatan skill individu pemain Persis Youth masih sangat diperlukan.

Persis Youth Menangi Laga Uji Coba, Misha Radovic: Masih Ada Kekurangan

Persis Solo Youth terus menunjukkan tren positif menjelang kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim ini.

Madrid Incar Haaland, Dortmund Maunya Ditukar 3 Pemain Sekaligus

Borussia Dortmund dikabarkan tidak masalah striker andalannya, Erling Haaland, digaet oleh Real Madrid pada musim panas mendatang.

Catat Lur! Berikut Link Streaming Indonesia vs Timor Leste Malam Ini

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.