SOLOPOS.COM - Lokasi tanah di Jl Kol Sutarto, Jebres, Solo, yang akan dipakai membangun Lulu Hypermarket, jaringan usaha dari peritel terbesar di Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail. Foto diambil Senin (29/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakosa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, Bambang Condro, mengungkapkan warga belum diajak bicara mengenai rencana pembangunan Lulu Hypermarket di Jl Kolonel Sutarto yang akan dimulai November 2022.

Kepada Solopos.com, Selasa (30/8/2022), Bambang menjelaskan warga berencana memberikan sejumlah masukan mengenai ekspansi salah satu peritel terbesar Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail, itu di Solo. Masukan itu demi mewujudkan dampak positif pembangunan tempat usaha bagi semua pihak termasuk kesejahteraan masyarakat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dampak positif  bagi kawasan sekitar salah satunya penyerapan tenaga kerja. Selain itu apakah pembangunan Lulu Hypermarket bakal berdampak atau tidak kepada pedagang-pedagang kecil di sekitar Jl Kolonel Sutarto, Solo.

Kawasan itu dekat dengan sekolah dan rumah sakit. Bambang juga mengkhawatirkan potensi kemacetan lalu lintas karena Jl Kolonel Sutarto termasuk jalur cepat dan ramai.

“Kalau ada hypermarket,  jalur itu termasuk jalur cepat kendaraan dengan dua arah. Ada pembatas jalannya itu. Saya kira [kawasan] akan  tambah ramai, perlu dipikirkan kemacetan jalur utamanya,” jelasnya.

Baca Juga: Bakal Dibangun di Solo, Lulu Hypermarket Punya 5 Cabang di Indonesia

Bambang mengatakan masyarakat berharap ada dialog mengenai kerja sama antara Pemkot Solo dan PT Lulu Group Retail dengan warga setempat supaya tidak ada kendala dalam pembangunan hypermarket tersebut.

“Kebetulan baratnya juga pernah ada rencana dibangun mal. Masyarakat perlu diajak komunikasi supaya tidak terjadi ada kesalahpahaman,” paparnya.

Menurutnya, komunikasi yang dibangun dengan warga setempat bakal berdampak positif bagi semua pihak, termasuk demi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Produk UMKM Lokal Solo Belum Tembus Ritel Besar, Lulu Hypermarket Jadi Harapan

Sebelumnya diberitakan, salah satu peritel terbesar di Asia dan Timur Tengah, PT Lulu Group Retail, telah memilih lahan di Jl Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, untuk membangun hypermarket. Peletakan batu pertama atau groundbreaking rencananya dilakukan November 2022.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan groundbreaking itu rencananya dilakukan hampir berbarengan dengan peletakan batu pertama Islamic Center di Gilingan, Banjarsari, Solo, yang juga dijadwalkan pada November.

Lulu Hypermarket bukan mal melainkan lebih seperti Hypermart, Carrefour, dan sejenisnya yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari secara ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya