SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang saat memesan tiket KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) di Stasiun KA Bandara, akhir pekan lalu. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- Load factor atau tingkat keterisian penumpang KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo terus meningkat setiap bulannya semenjak dioperasikan kembali mulai 1 Januari 2021 lalu.

Penumpang KA tersebut didominasi penumpang pesawat terbang yang telah memanfaatkan KA BIAS baik dari Stasiun Solo Balapan atau pun Stasiun Klaten.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan tinggi rendahnya load factor KA BIAS sangat tergantung jumlah penumpang dan jadwal penerbangan Bandara Adi Soemarmo. Menurutnya, rata-rata penumpang pesawat memanfaatkan KA BIAS pada pukul 14.30 WIB sampai 18.00 WIB.

Baca Juga: Lockdown SMAN Kebakkramat Karanganyar Dibuka, Tapi Siswa Belum Boleh ke Sekolah

“Kami menyesuaikan operasional bandara. Catatan kami pada Januari-Februari 2021 ada 30 penumpang per hari. Angka ini naik pada Maret-April 2021 sebanyak 50 penumpang per hari,” ujarnya saat ditemui wartawan, akhir pekan lalu.

Menurut Helly, jumlah penumpang KA Bandara Solo ini karena jumlah penerbangan masih belasan per hari. Sebelum pandemi, load factor KA BIAS rata-rata 150 orang per hari dengan tarif promo.

Tiga Relasi KA Bandara Solo

Helly menjelaskan saat ini KA BIAS jalan dengan tiga relasi, yakni Bandara Adi Soemarmo-Klaten pergi pulang (PP), Solo Balapan-Klaten PP, dan Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan PP.

Baca Juga: Pemkot Solo Buka Link Pendaftaran Vaksinasi Covid-19, Tapi Khusus Lansia

Dari tiga relasi tersebut, KA rute Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan (PP) paling diminati penumpang. Meski didominasi penumpang pesawat, mereka yang naik KA BIAS ada pula yang dari kalangan umum, khususnya saat akhir pekan.

Jadwal kedatangan KA pertama ke Stasiun KA Bandara pukul 04.24 WIB. Ini merupakan relasi Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo. Sedangkan keberangkatan terakhir menjadi pukul 21.12 WIB dari Bandara Adi Soemarmo.

KA BIAS relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten tetap ada 22 perjalanan, relasi Solo Balapan-Klaten 2 perjalanan, dan Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan 10 perjalanan.

Baca Juga: 19 Sekolah Dasar di Solo Sudah Menggelar Simulasi PTM

Tarif untuk penumpang KA Bandara Solo relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten Rp15.000, Solo Balapan-Klaten Rp8.000, dan Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Rp7.000.

Jumlah Penumpang Pesawat

Lebih lanjut Helly membeberkan KA BIAS relasi Solo Balapan-Adi Soemarmo berangkat paling pagi pukul 04.05 WIB dan terakhir pukul 20.43 WIB. Sedangkan jadwal keberangkatan KA BIAS relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten paling pagi dari bandara pada pukul 04.5o WIB.

Sementara KA BIAS keberangkatan paling terakhir dari Bandara Adi Soemarmo-Klaten pukul 21.12 WIB. Keberangkatan dari Klaten menuju Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 05.22 WIB dan paling terakhir pukul 18.01 WIB.

Baca Juga: Ditinggal Ke Tempat Anak, Rumah Pria 91 Tahun Di Karanganyar Ludes Terbakar

Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, menambahkan saat ini jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo sebanyak 900-1.000 orang per hari.

“Sedangkan jumlah maskapai ada Lion Air, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan Nam Air. Sementara ada 11-12 penerbangan/hari,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya