SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin virus corona atau covid-19. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyebar tautan pendaftaran vaksinasi Covid-19 khusus warga lanjut usia (lansia) sejak Jumat (16/4/2021).

Tautan resmi melalui laman https://dinkes.surakarta.go.id/pendaftaran-vaksinasi-covid-19/ tersebut untuk vaksinasi pada tanggal 26-30 April.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Solo, Tenny Setyoharini, mengatakan tautan ini berbeda dengan tautan hoaks yang sempat beredar beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Izinkan Loji Gandrung Jadi Tempat Jualan UMKM

“Linknya harus melalui laman resmi kami dulu. Bukan yang sempat sebelumnya kami konfirmasi sebagai hoaks,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (18/4/2021).

Tenny mengatakan pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia Kota Solo itu dibuka tiap hari Senin sampai Sabtu mulai 16 April sampai 22 April 2021 pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Persyaratan untuk mendaftar vaksinasi adalah penduduk Kota Solo yang dibuktikan dengan KTP dan berumur 60 tahun ke atas. “Saat masuk ke tautan tersebut, warga sudah langsung diminta memilih fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia, kemudian memilih tanggal dan jamnya. Apabila tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka fasilitas pelayanan kesehatan berhak menolak,” jelas Tenny.

Baca Juga: Heboh Broadcast Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Via Google Form Di Solo, Cek Faktanya!

Formulir Pendaftaran Vaksinasi

Saat pelaksanaan vaksinasi, warga lansia Solo yang sudah terdaftar bakal diminta menunjukkan tangkapan layar atau screenshot berisi formulir pendaftaran vaksinasi lansia.

Form itu berisi nama, NIK, faskes, tanggal, dan jam vaksinasi dari halaman form isian sebelum mengklik kirim/submit. “Tangkapan layar itu sebagai bukti pendaftaran saat datang ke faskes,” imbuhnya.

Ia meminta warga proaktif mendaftarkan semua orang tua yang sudah lanjut usia guna mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Untuk pendaftaran via kelurahan masih berlaku ya. Kami membuka tautan ini untuk menggenjot capaian. Pendaftaran melalui website tentu akan dimanfaatkan mereka yang melek teknologi. Sementara yang belum mengerti langsung ke kelurahan. Harapannya, 70% warga lansia di Solo divaksin,” ucapnya.

Baca Juga: Vaksinasi Guru SD Utamakan Sekolah Yang Simulasi PTM

Sebelumnya, Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mendorong kelurahan segera melengkapi data, guna percepatan capaian program vaksinasi.

“Setiap kelurahan kami minta mendata warganya yang lansia agar segera menerima vaksin. Kami ingin agar capaian vaksin untuk lansia ini lebih tinggi dari pelayan publik sesuai prioritas pusat. Makanya, kelurahan kami minta segera melengkapi pendataan agar jadwalnya juga segera diatur,” katanya belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya