Lengkap! Ini Daftar Zonasi PPDB SMPN di Kota Solo 2020/2021
Daftar Zonasi PPDB SMP Negeri di Solo 2020. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO -- Dasar penetapan zonasi sekolah calon siswa dalam penerimaan peserta didik baru alias PPDB 2020 adalah alamat pada Nomor Induk Keluarga (NIK). Sehingga sekolah-sekolah yang bisa dipilih calon siswa bersangkutan adalah sekolah di sekitar alamat yang tertera pada NIK, bukan didasarkan alamat tempat tinggal.

Pengukuran jarak dalam zonasi PPDB 2020 ditentukan dengan garis lurus antara tempat tinggal dengan sekolah. Penetapan ini dinilai meningkatkan akurasi dan menghilangkan perdebatan mengenai jarak yang terjadi pada PPDB sebelumnya.

Kisah Mbah Minto Klaten Viral di Medsos: Awalnya Dibayar Rp20.000 per Vlog 

Sekretaris Dinas Pendidikan (Diskdik) Solo, Dwi Ariyatno mengatakan, pada PPDB sebelumnya, jarak ditentukan berdasarkan jalur rumah-sekolah yang ditetukan oleh sistem. Sedangkan saat ini ditentukan berdasarkan dengan menarik garis lurus titik tempat tinggal ke titik sekolah.

“Karena zonasi kan didasarkan atas jarak, sekarang pakai garis lurus titik ke titik dari RT tempat tinggal calon siswa ke sekolah. Ini salah satu perbedaan PPDB sekarang dengan sebelumnya. Kalau PPDB sebelumnya pengukuran dilakukan menggunakan waktu tempuh atau jalur,” ujarnya Sabtu (9/5/2020).

Bukan Harimau, Ini Dugaan Suara Auman Misterius di Lereng Merapi yang Bikin Geger Warga Klaten

Pada PPDB 2020/2021 kali ini adalah calon siswa diberi kesempatan memilih 5 dari 10/11 sekolah di sekitar tempat tinggalnya. Artinya, di antara 10 atau 11 sekolah yang paling dekat dengan rumahnya, calon siswa bisa memilih 5 sekolahan yang paling ia minati.

Kelima sekolah pilihan ini tidak harus yang paling dekat dengan rumahnya, asalkan termasuk dalam 10/11 sekolah sekitar tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho