Legislator Sragen Tersinggung Ucapan Bupati

Bambang Pur menerangkan orang bekerja di institusi pemerintah itu pasti berdasarkan surat keputusan (SK) bukan karena yang lain.

 Pensiunan guru SDN 2 Jetis, Sambirejo, Sragen, Suwarti, menunjukkan bukti petikan SK Bupati Sragen tentang pengangkatannya menempati jabatan fungsional guru kepada wartawan di kediamannya di Blimbing, Sambirejo, Sragen, Jumat (10/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Pensiunan guru SDN 2 Jetis, Sambirejo, Sragen, Suwarti, menunjukkan bukti petikan SK Bupati Sragen tentang pengangkatannya menempati jabatan fungsional guru kepada wartawan di kediamannya di Blimbing, Sambirejo, Sragen, Jumat (10/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Pernyataan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang meminta para guru dan aparatur sipil negaran (ASN) supaya mengadu kepadanya apabila ada masalah dan tidak mengadu ke pihak yang tidak berkepentingan membuat legislator DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto tersinggung.

Bambang Pur menanggapi pernyataan Bupati Sragen lantaran menyinggung kasus guru SDN 2 Jetis, Sambirejo, Sragen, Suwarti yang didampinginya.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Apa salahnya kalau ada guru yang bicara dengan wakil rakyat ketika diperlakukan tidak adil. Seharusnya Bupati tidak mengambinghitamkan orang lain. Jelas-jelas anak buahnya yang bersalah masih menyalahkan orang lain,” jelasnya kepada Solopos.com, Kamis (23/6/2022).

Bambang Pur menerangkan orang bekerja di institusi pemerintah itu pasti berdasarkan surat keputusan (SK) bukan karena yang lain.

Dia mengatakan Suwarti mengajar itu pun karena memiliki SK guru.

Baca Juga: Anda Guru di Sragen dan Sedang Punya Masalah? Curhat ke Ibu Saja…

“Beliau mengajar bahkan sampai usia 60 tahun. Kalau beliau tidak diakui sebagai guru, mengapa beliau dibiarkan sampai hampir tujuh tahun menjadi ASN dengan profesi sebagai guru? Saya tidak menyalahkan Bupati. Yang salah itu adalah OPD [organisasi perangkat daerah] pengampunya, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan BKPSDM [Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia],” ujarnya.

Bambang Pur menyampaikan pemerintah harus fair kalau memang salah maka harus disalahkan bukannya ditutupi, apalagi menuding orang lain.

Ketika sudah menuding orang lain itu, ujar dia, menjadi tidak fair.

Dia mengatakan mau jadi camat, jadi kepala dinas, sampai tukang sapu pun dasarnya SK.

“Saya jadi heran hal ini masih belum bisa dipahami. Ibu Suwarti itu bagian dari korban pelayanan. Kasihan dia sudah tua yg seharusnya bisa menikmati hari tuanya malah nasibnya dibuat seperti itu,” kata Bambang Pur.

Baca Juga: Emoh Kembalikan Gaji, Suwarti akan Jalan Kaki ke Jakarta Ketemu Jokowi

Dia melanjutkan Ketika Pemkab Sragen menganut keputusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) maka keputusan BKN itu tidak tiba-tiba ada, tetapi didasarkan pada usulan Pemkab, dalam hal ini BKPSDM.

Dia menerangkan kalau keputusan BKN salah maka keputusan BKPSDM juga salah.

“Yang salah itu di BKPSDM karena BKN itu hanya memutuskan dan dasarnya usulan dari BKPSDM,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta para guru dan ASN di Kabupaten Sragen, mengadu kepadanya apabila mengalami masalah.

Dia berharap para guru dan ASN tidak mengadu kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.

Baca Juga: FPDIP DPRD Sragen Siap Patungan Kembalikan Gaji 2 Tahun Suwarti

Bupati mengungkapkan hal tersebut untuk mengantisipasi agar kasus yang dialami seorang pensiunan guru agama asal Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Suwarti, tidak terulang.

“Teman guru dan ASN kan punya ibu [Bupati], punya rumah. Kalau mendapat kesulitan sampaikan kepada kami. Kalau mendapat ketidakadilan sampaikan kepada kami untuk kami carikan solusinya. Biasakan kalau punya masalah larinya ke ibunya sendiri, bukan ke orang lain,” ujar Yuni dalam acara pelantikan jabatan fungsional guru di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu (22/6/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).

Miris! Lokasi Tengah Kota, SDN Sriwedari Solo Terancam Tak Dapat Murid

SDN Sriwedari No 197 Solo yang berlokasi tengah kota terancam tak dapat murid baru pada PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini.

Indeks Banpol di Karanganyar Diusulkan Naik, PDIP Terima Paling Banyak

Berdasarkan masukan dari parpol, Pemkab Karanganyar mengajukan usulan kenaikan dana bantuan partai politik (banpol) ke Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Konser Di Solo, Dream Theater Dan Kru Bakal Naik Bus Dari Jakarta

Personel dan kru Dream Theater yang akan konser di Solo pada 10 Agustus mendatang bakal naik bus dari Jakarta menuju Kota Bengawan