SOLOPOS.COM - Rumah warga di pinggir Sungai Brojo, RT 005/RW 003 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, rusak akibat longsor pada Kamis (24/3/2022) pukul 08.30 WIB. (Istimewa/Priadi)

Solopos.com, SOLO — Bencana longsor kembali terjadi di pinggir Sungai Brojo, wilayah RT 005/RW 003 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, Kamis (24/3/2022) pagi. Akibatnya satu rumah warga atas nama Warjinem rusak dan ambrol terbawa longsor.

Kondisi rumah tersebut sebelumnya sudah retak pada 2021 dan sudah tidak ditempati sejak saat itu. Warjinem mengatakan pagi itu dia mendengar suara bambu runtuh di dekat rumahnya yang terletak di selatan SMK Santo Paulus.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: 1 Rumah di Pinggir Sungai Wilayah Pajang Solo Mendadak Ambrol

“Pas pagi saya kaget mendengar suara runtuhan bambu di belakang rumah, saya langsung melapor ke Pak Lurah,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di lokasi kejadian, Kamis (24/3/2022)

Warjinem mengaku sudah setahun tidak menempati rumah yang terkena longsor di pinggir Sungai Brojo, Pajang, Laweyan, Solo, itu, terutama sejak mulai retak pada pada 2021. “Sudah hampir satu tahun saya pindah ke rumah saudara saya,” katanya.

Baca Juga: Rumah di Pajang Solo Ambrol ke Sungai, 4 Keluarga Diungsikan

Warjinem menjelaskan sudah menempati rumah itu sejak 1973. Namun, karena khawatir akan longsor dan banjir, ia memutuskan untuk pindah ke rumah saudaranya. “Dulu tempat tidur saya di situ [sembari menunjukkan titik yang longsor],” ungkap wanita yang berusia 83 tahun itu

Sementara itu, Lurah Pajang, Priadi, mengatakan kejadian rumah yang longsor tersebut sudah ditindaklanjuti dengan menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo. “Kami sudah menghubungi BPBD untuk menangani longsor tersebut,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis.

Baca Juga: Detik-Detik Rumah Warga Pajang Laweyan Solo Ambrol ke Sungai

Priadi menambahkan ini sudah kali kedua longsor terjadi di pinggir Sungai Brojo, Kelurahan Pajang, Solo, setelah kejadian banjir pada Januari 2022. “Kemarin Januari terjadi tanah longsor juga, dan sudah mendapat penanganan dari BPBD dan Dinsos [Dinas Sosial],” ucapnya

Menurut data dari Kelurahan Pajang, longsor pada 23 Januari 2022 terjadi di pinggir Sungai Brojo, Kampung Wonorejo RT 002/RW 002 Kelurahan Pajang. Akibatnya, sebagian bangunan rumah ambrol dan beberapa rumah lain di dekatnya retak-retak. Empat keluarga harus mengungsi akibat kejadian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya