Kota Madiun Zona Hijau Covid-19, Satu-Satunya di Jatim
Peta terbaru BLC Gugus Tugas Pusat. (Istimewa/IG khofifah.ip)

Solopos.com, MADIUN -- Kabar gembira bagi masyarakat Kota Madiun pada hari Sabtu (20/6/2020), daerah tersebut ditetapkan sebagai zona hijau persebaran Covid-19. Untuk sementara, Kota Madiun dianggap tidak terdampak dalam pandemi Covid-19.

Informasi ini dianggap menggembirakan dan menjadi kado ulang tahun ke-102 Kota Madiun yang tepat dirayakan pada Sabtu ini. Padahal tetangga daerah terdekatnya, Kabupaten Madiun, masih berkutat dengan Covid-19 karena 10 kecamatan masih zona merah.

Jajan Gratis, 7 Pelajar di Ponorogo Disodomi Bakul Angkringan

Status Kota Madiun sebagai zona hijau penularan virus corona itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Melalui akun Instagram pribadinya, Khofifah.ip, Sabtu malam, Khofifah menyambut gembira status itu.

“Alhamdulillah, Kota Madiun dalam peta terbaru Bersatu Lawan Covid (BLC) Gugus Tugas Pusat sore ini masuk zona hijau (tidak terdampak). ayo dulur makin semangat dan tingkatkan disiplin,” tulis gubernur di akun pribadinya.

Kasus Baru Positif Covid-19 di DIY Kembali Melonjak

Bagi Khofifah, perubahan status Kota Madiun menjadi zona hijau Covid-19 merupakan kabar baik karena kasus baru di Jawa Timur terus melonjak. Khofifah menyampaikan di Jawa Timur masih ada 7 daerah dengan risiko tinggi, yaitu Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Situbondo, Pasuruan, Gresik, dan Mojokerto.

Risiko Sedang

Selain itu masih ada 15 daerah dalam kategori risiko sedang, yaitu Sampang, Pamekasan, Kabupaten Malang, Jember, Bangkalan, dan Nganjuk. Lalu Bojonegoro, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, Tuban, dan Lamongan.

Epidemiolog Kritik Penanganan Covid-19 Pemerintah: Sibuk Pencitraan, Cuma Ngomong!

Sedangkan daerah dengan risiko rendah Covid-19 ada di dekat Kota Madiun, yakni Kabupaten Madiun. Berikutnya Kota Probolinggo, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Sumenep, Kabupaten Probolinggo, dan Ponorogo. Selain itu ada Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Pacitan, dan Lumajang.

Meski dinyatakan zona hijau, tetapi Kota Madiun saat ini masih terdapat pasien positif Covid-19. Saat ini masih ada empat pasien positif Covid-19 yang masih diisolasi di rumah sakit. Sedangkan tiga orang pasien dinyatakan sembuh. Sedangkan PDP ada 24 orang dan ODP total sebanyak 74 orang.

Perempuan Telanjang di Surabaya Dokter Umum, Buka Praktik di Rumah


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho