SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji swab. (Freepik)

Solopos.com, JOGJA -- Penambahan kasus baru positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di DIY kembali melonjak akhir pekan ini. Sebanyak delapan kasus terkonfirmasi positif terjadi pada Sabtu (20/6/2020) atau penambahan kasus ini tertinggi selama sepekan terakhir.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menginformasikan terjadi penambahan delapan kasus baru dari hasil tes PCR. Dari delapan kasus, empat kasus berasal dari Sleman, tiga kasus asal Kulonprogo, dan satu kasus asal Kota Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Epidemiolog Kritik Penanganan Covid-19 Pemerintah: Sibuk Pencitraan, Cuma Ngomong!

Berty menjelaskan dari total spesimen diperiksa hari ini yakni 138 sampel, diperoleh penambahan angka kasus baru positif Covid-19 yang melonjak. Kasus itu meliputi kasus 280 yang merupakan perempuan usia 51 tahun asal Sleman. Riwayat kasus saat ini masih dalam penelusuran.

Selanjutnya kasus 281 merupakan laki-laki berusia 32 tahun asal Sleman, orang yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Palembang. Kasus 282, seorang pria yang memiliki riwayat perjalanan dari Solo, berusia 53 tahun asal Kota Jogja.

Perempuan Telanjang di Surabaya Dokter Umum, Buka Praktik di Rumah

Sementara itu kasus baru Covid-19 ke-283 merupakan laki-laki berusia 40 tahun asal Sleman, DIY. Dia memiliki riwayat perjalanan dari Palembang dan pernah menerima tamu asal Semarang. Kasus 284 merupakan laki-laki berusia 37 tahun asal Sleman yang memiliki riwayat dari Salatiga sebelumnya.

Kasus 285 remaja usia 18 tahun asal Kulonprogo dan kasus 286 laki-laki usia 50 tahun asal Kulonprogo. Keduanya berkaitan dengan kontak erat dengan klaster pedagang ikan Purworejo. Lalu, kasus 287 seorang laki-laki usia 23 tahun dengan riwayat perjalanan dari Kutai.

Tukang Tambal Ban Dipeluk Dokter Telanjang di Surabaya: Saya Diajak

PDP Meninggal

Dengan tambahan delapan kasus baru tersebut, total kasus positif Covid-19 di DIY mencapai 285 kasus. "Sehingga jumlah kasus positif Covid 19 di DIY menjadi 285 kasus," terang Berty.

Sementara itu, satu pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan meninggal dunia. Sampel PDP tersebut sudah diambil dan dalam proses pemeriksaan di laboratorium. PDP meninggal dunia tersebut merupakan laki-laki usia 88 tahun asal Kota Jogja. Sebelumnya dia reaktif dalam rapid test dan sakit gagal ginjal.

Semarang Buka Objek Wisata Saat Covid-19 Melonjak, Wali Kota: Tak akan Kena!

Selain tambahan kasus baru positif, sebanyak lima pasien Covid-19 di DIY dinyatakan sembuh hari ini. Di antaranya kasus 85, perempuan berusia 56 tahun asal Sleman; dan kasus 247 laki-laki 46 tahun asal Bantul. Lalu kasus 253, perempuan, berusia 38 tahun asal Sleman.

Kasus 255, laki-laki berusia 25 tahun asal Sleman, dan kasus 202 seorang perempuan usia 30 tahun asal Sleman. "Sehingga jumlah kasus Covid-19 yang sembuh di DIY hingga hari ini menjadi 231 kasus," pungkasnya.

10 Kecamatan di Kabupaten Madiun Zona Merah Covid-19, Lainnya Oranye

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya