SOLOPOS.COM - Pengunjung berenang di Umbul Besuki, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Selasa (5/9/2021). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, KLATEN — Klaten dikenal dengan sebutan Kota 1.000 Umbul. Penyebutan tersebut dinilai tak terlepas dari banyaknya umbul yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, Minggu (6/2/2022), di Dinas Kebudayaaan Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Klaten, sedikitnya terdapat 13 umbul yang sudah dikenal masyarakat luas di Klaten dan sekitarnya. Bahkan, deretan umbul tersebut sudah dikenal hingga wisatawan mancanegara.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Umumnya, setiap umbul memiliki daya tarik berupa airnya yang sangat jernih karena bersifat alami. Beberapa umbul di Klaten juga memiliki pesona under water yang menakjubkan. Selain umbul, kabupaten yang berada di antara Kota Solo dan Jogja ini sebenarnya juga memiliki sederet objek wisata air tak kalah memesona.

Baca juga: Rebutan Umbul Ingas, Sosiolog: Duduk Bersama, Sepakati Kolaborasinya!

Berikut belasan umbul yang sudah tersohor di Klaten dan sekitarnya yang wajib masuk daftar tempat liburan Anda:

1. Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Cokro (Tulung)
Di lokasi ini terdapat aliran sungai bermata air jernih. Sumber air tersebut berasal dari Umbul Ingas. Di kompleks OMAC juga terdapat pesona alam yang asri, kolam renang, water boom. Di lokasi ini sebenarnya terdapat jembatan gantung namun sudah rusak.

2. Umbul Jolotundo di Jambeyan (Karanganom)
Pada zaman dahulu, Jolotundo yang menjadi sumber atau mata air dikenal sebagai petirtaan kuno. Di kompleks umbul ini terdapat tapak kaki Bima di sebuah batu besar di kompleks umbul. Di umbul ini juga terdapat patung Dewa Siwa dan Ganesa.

Selain airnya jernih dan segar, di sekitar kawasan Umbul Jolotundo terdapat kisah turun-temurun bahwa sumpil di kawasan tersebut berbeda dengan sumpil lainnya. Jika sumpil pada umumnya berbentuk lancip, sumpil di sekitar Umbul Jolotundo berbentuk tumpul.

Di kawasan di dekat Umbul Jolotundo Klaten juga diketahui cerita turun-temurun bawah warga tidak diperkenankan menanam pohon pisang. Kisah sumpil dan pohon pisang itu terkait erat dengan seorang petapa itu memiliki seorang putri yang cantik bernama Roro Amis.

Baca juga: Diyakini Sembuhkan Sakit, Umbul Ngepok Tunggon Sragen Raup Rp188 Juta

3. Umbul Ponggok di Ponggok (Polanharjo)
Umbul yang sudah dikenal wisawatan domestik dan wisatawan mancanegara ini memiliki ukuran kurang lebih 70 meter X 50 meter. Umbul yang memiliki pesona under water ini dinilai sudah go international. Berkat Umbul Ponggok, perekonomian warga dan desa setempat dapat terdongkrak.

4. Umbul Besuki Ponggok (Polanharjo)
Umbul ini berada tak jauh dari Umbul Ponggok. Bedanya, di umbul ini terdapat pohon yang rindang. Di sekitar Umbul Besuki terdapat potensi alam, termasuk areal persawahan.

5. Umbul Brondong Ngrundul (Kebonarum)
Umbul di Kecamatan Kebonarum, Klaten ini luasnya sekitar 10 meter X 12 meter. Pemberian nama brondong itu tak terlepas dari air yang keluar dari sumber mata air sak brondong-brondong. Oleh warga setempat, umbul itu lantas dikenal Umbul Brondong.

Baca juga: Cerita Bahagia PKL di Umbul Klaten Jualan Lagi Setelah 7 Bulan Puasa

6. Umbul Manten Sidowayah (Polanharjo)
Di kompleks umbul ini terdapat Pohon beringin yang menjadi ikon utama di umbul setempat. Air umbul ini difungsikan sebagai objek wisata air, saluran irigasi, dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi 12.000-an jiwa di Sidowayah, Janti, Keprabon, Sidoharjo, dan Kebonharjo.

7. Umbul Tirtomulyono Pluneng (Kebonarum)
Sebutan Umbul Lanang ini menjadi sumber air terbesar di Pluneng. Sehingga umbul ini juga disebut umbul gede. Air di umbul ini diyakini memiliki kandungan mineral yang tinggi. Selain untuk air minum, mandi, dan yang lainnya, sumber air di sini juga untuk mengairi areal pertanian seluas 500 hektare.

8. Umbul Tirtomulyani Pluneng (Kebonarum)
Umbul ini biasa disebut juga Umbul Wedok. Umbul ini berlokasi tak jauh dari Umbul Lanang. Sebagaimana Umbul Lanang, air di Umbul Wedok juga sangat jernih.

Baca juga: Sejarah Umbul Ponggok Klaten, Dulu Reservoir Pabrik Gula Belanda

9. Umbul Pelem Wunut (Tulung)
Umbul ini berada persis di sebelah barat Umbul Manten. Saat ini, di Umbul Pelem terdapat kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, dan wahana lain. Hal itu termasuk flying fox.

10. Umbul Brintik Malangjiwan (Kebonarum)
Umbul ini airnya juga dikenal sangat jernih. Umbul yang memiliki 10 mata air di dasar kolam ini juga biasa digunakan sebagai tempat terapi di bidang kesehatan. Tak heran, juga dikenal kolam terapi. Dasar kolam berupa andesit dan pasir hitam.

11. Umbul Susuhan Manjungan (Ngawen)
Air di Umbul Susuhan juga dikenal sangat jernih. Ada beberapa kolam renang yang tersedia di umbul ini seperti kolam renang dewasa, anak, khusus wanita, dan pemandian air hangat.

Baca juga: Misteri Umbul Senjoyo, Petilasan Jaka Tingkir di Salatiga

12. Umbul Kapilaler Ponggok (Polanharjo)
Suasana di kompleks Umbul Sigedhang/Kapilaler masih asri. Di lokasi ini masih terdapat pohon beringin yang rindang. Air di umbul ini sangat jernih. Sebagaimana umbul lainnya, di umbul ini dinilai instagramable.

13. Umbul Nilo Daleman (Tulung)
Kualitas air di umbul ini sangat bersih dan jernih. Di sekitar umbul terdapat beberapa pohon beringin berukuran jumbo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya