Kisah Pilu Di Balik Lahirnya Proyek Wisata WGM Wonogiri Jadi Mirip Guatape

Lahirnya proyek pengembangan wisata WGM Wonogiri menjadi mirip Guatape Dam di Kolombia ternyata menyimpan kisah pilu, begini ceritanya.

Kisah Pilu Di Balik Lahirnya Proyek Wisata WGM Wonogiri Jadi Mirip Guatape

SOLOPOS.COM - Area Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dan sekitarnya yang akan dikembangkan mulai tahun ini. Foto diambil dari Wisata Watu Cenik, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (17/4/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Di balik megahnya proyek pengembangan wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri menjadi mirip Guatape Dam di Kolombia ternyata tersimpan kisah pilu.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, masih ingat betul kalimat yang disampaikan transmigran asal Wonogiri yang dahulu bermukim di wilayah terdampak pembangunan WGM. Transmigran itu berkunjung ke area Monumen Bedol Desa, beberapa waktu lalu.

Kepada Jekek, transmigran itu mengaku heran waduk tersebut sejak awal dioperasikan sampai kini kondisinya sama saja. Padahal, puluhan ribu jiwa rela berkorban meninggalkan tanah kelahirannya agar waduk tersebut terbangun. “Saya terhenyak mendengar kalimat itu,” ucap Bupati yang akrab disapa Jekek itu.

Baca Juga: Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dikembangkan Mirip Guatape Dam Kolombia, Ini Harapan Warga Sekitar

Jekek menceritakan hal itu dalam forum Focus Group Discussion atau FGD Penyusunan Rencana Pembangunan Infrastruktur Kawasan Wisata WGM di Ruang Girimanik Sekretariat Daerah atau Setda, Wonogiri, Kamis (22/4/2021).

Percakapan dengan transmigran tersebut membuat Bupati teringat sejarah di balik pembangunan WGM. Sejarah menulis WGM dibangun dengan menenggelamkan 51 desa di enam kecamatan.

Bedol Desa

Sebanyak 67.515 jiwa harus rela bedol desa atau bertransmigrasi ke Provinsi Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan pada 1976. Mereka melakukannya dengan harapan WGM dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat Wonogiri.

Baca Juga: Baru 3 Tahun, Selter Pedagang WGM Wonogiri Senilai Miliaran Rupiah Dibongkar

Namun, fakta berbicara lain. Waduk seluas lebih kurang 8.800 hektare (ha) yang mulai dioperasikan pada 1982 itu tak memberi kontribusi optimal untuk Wonogiri. Manfaat terbesar atas keberadaan WGM Wonogiri justru diperoleh daerah lain.

Waduk itu dapat mengendalikan banjir di wilayah hilir, seperti Sukoharjo, Solo, Sragen, dan sebagian daerah di Jawa Timur. Air tampungannya pun dimanfaatkan untuk irigasi areal pertanian seluas 23.600 ha di daerah-daerah tersebut.

Listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air atau PLTA dengan memanfaatkan air waduk juga tak sepenuhnya untuk kepentingan Wonogiri. “Wonogiri praktis hanya bisa mengelola tempat wisatanya. Itu ironis. Padahal, di balik pembangunan waduk ini ada pengorbanan 67.000 jiwa warga kami ada 51 desa di enam kecamatan yang tenggelam,” kata Bupati.

Baca Juga: Dana Rp170 Miliar untuk Perombakan Wisata WGM Wonogiri Mirip Guatape

Perbincangan dengan transmigran kala itu membuka mata Jekek. Sejak saat itu ia bertekad mengubah WGM. Baginya WGM harus mampu memberi manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Wonogiri.

Proyek Strategis Nasional

Tekad tersebut harus diwujudkan sebagai bentuk penghormatan terhadap puluhan ribu jiwa yang telah merelakan tanah kelahiran mereka tenggelam dan harus hidup di tanah orang sejak 45 tahun silam.

Cita-citanya mengubah waduk mulai mendapat jalan tatkala pemerintah pusat merealisasikan proyek strategis nasional di Wonogiri, yakni Waduk Pidekso di Kecamatan Giriwoyo.

Baca Juga: Intip Keindahan Guatape Dam Kolombia, Wisata Hit yang Bakal Ditiru WGM Wonogiri

Saat bertemu otoritas pemerintah pusat di sela-sela kegiatan di Wonogiri, Bupati melancarkan lobi agar objek wisata WGM bisa dikembangkan atau di-upgrade. Modalnya sederhana, yakni kisah pengorbanan puluhan ribu jiwa dan ihwal Wonogiri yang belum mendapat kontribusi optimal.

Kisah itu rupanya ampuh untuk mengetuk hati pejabat bersangkutan. “Waktu itu saya terus terang agar dikasihani. Alhamdulillah Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat] memberi perhatian kepada Wonogiri melalui proyek pengembangan Wisata WGM ini,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Jekek berharap Pemkab diberi kewenangan penuh mengelola objek wisata hasil pengembangan WGM yang diproyeksikan mirip Wisata Guatape Dam, Kolombia, tersebut nantinya.

Baca Juga: Pengembangan Wisata WGM Wonogiri, Kades Sendang: Warga Akan Punya “Pohon Uang”

PAD Berlipat Ganda

Bupati meyakini pengelolaan wisata baru bakal mampu memberikan pendapatan asli daerah atau PAD yang berlipat ganda daripada sebelumnya. Jika PAD tinggi Pemkab dapat menggunakannya untuk menjalankan program intervensi kemiskinan lebih masif lagi.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR, Kusuma Wardani, mengakui terenyuh mendengar cerita Bupati.

Menurutnya, kisah seperti itu bisa dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi poin plus bagi promosi wisata baru nanti. Ia menilai story telling yang demikian tak boleh hilang. Sebaliknya, sejarah perlu diceritakan dari generasi ke generasi, agar mereka menghargai pengorbanan masyarakat yang merelakan tanah kelahirannya tenggelam.

Berita Terkait

Berita Terkini

Geger Warga India Di Karanganyar Dicari Petugas Karena Positif Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes

Seorang warga India di Karanganyar dikabarkan sempat dicari-cari petugas kesehatan karena terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar swab PCR.

Nyambi Jual Ciu, Pemilik Warung Kelontong Warga Banjarsari Solo Ditangkap

Seorang wanita warga Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, berinisial LA, 35, harus berurusan dengan polisi setelah diketahui menjual minuman keras jenis ciu di kawasan Nusukan.

2 Motor & 1 Truk Kecelakaan Di Boyolali, Remaja 15 Tahun Asal Solo Meninggal

Seorang remaja 15 tahun asal Solo meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan dengan truk dan sepeda motor lain di Teras, Boyolali.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Minggu 9 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Minggu, 9 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Kebakaran 5 Rumah di Tanon, 4 Warga Dilarikan ke RSUD

Sebanyak lima rumah milik warga di Dukuh Pilangsari, Desa Ketro, Tanon, Sragen, terbakar, Sabtu (8/5/2021) pukul 13.30 WIB.

Pemudik Dikarantina di STP Solo Bertambah Jadi 8 Orang

Penghuni baru di STP Solo ini berasal dari Bandung dengan tujuan mudik wilayah Kecamatan Serengan.

Night Market, Ekonomi 100 UMKM Sragen Menggeliat Pendapatan Naik

Jalan Diponegoro Sragen dimanfaatkan menjadi night market pusat kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Jelang Lebaran, Pusat Perbelanjaan di Wonogiri Diawasi Lebih Ketat

Satpol PP Wonogiri menggencarkan pengawasan prokes di sejumlah toserba dan pasar tradisional menjelang Lebaran.

Pawai Takbir Keliling Di Sukoharjo Dilarang Lur!

Pemerintah melalui Kemenag Sukoharjo melarang pawai takbir keliling karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Parah, Kandungan Bakteri Coliform di Rawa Jombor Klaten Melebihi Ambang Batas

Kandungan bakteri coliform di Rawa Jombor, Klaten, melebihi ambang batas. Ini artinya kualitas air Rawa Jombor buruk akibat pencemaran limbah.

Kecolongan Pemudik Lolos Cegatan, Gibran 2 Jam Pimpin Penyekatan di Simpang Joglo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terjung langsung melakukan penyekatan di Palang Joglo. Ia ikut menegur warga yang tak memakai masker.

Lalu Lintas di Pos Penyekatan Cemara Kandang Karanganyar Sepi

Tak banyak kendaraan yang melintasi pos penyekatan Cemara Kandang, Karanganyar, pada Sabtu (8/5/2021). Meski demikian, ada beberapa kendaraan yang dipaksa putar balik.

Duh Tambah Lagi, Seorang Kiai di Sragen Meninggal Positif Covid-19

Seorang kiai yang tinggal di Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, meninggal dunia pada Jumat (7/5/2021) sore.

Menikmati Pesona Sunrise dari Gunung Sepikul

Pesona Sunrise di Gunung Sepikul, kawasan objek wisata Batu Seribu, Sukoharjo. Gunung Sepikul adalah sebutan dua bukit yang terletak di Tiaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Pemdes Padas Klaten Sulap Bekas Sekolah Jadi Kafe, 3 Bulan Balik Modal!

Pemdes Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten menyulap bekas bangunan sekolah yang mangkrak menjadi kafe.

Masalah Buruh vs PT SSG Sukoharjo Akhirnya Ada Titik Temu, THR akan Dicicil 3 Kali

PT SSG Sukoharjo akhirnya sepakat membayarkan THR senilai UMK kepada buruh namun dicicil tiga kali.

Di Lapangan atau Masjid? Begini Aturan Salat Id di Sragen

Satgas Penanganan Covid-19 Sragen memutuskan membolehkan masyarakat muslim di Sragen menggelar salat id di lapangan.

Ada Kuliner Ayam Panggang Topping Mete di Wonogiri, Harganya Sangat Bersahabat dan Layani Pesan Antar

Sekelompok warga di Jatisrono, Wonogiri membuat ayam panggang topping mete yang belakangan populer. Sementara ini, kuliner khas Jatisrono tersebut hanya bisa dipesan secara online.

Tim Medis Sambirejo, Terus Melayani meski Sering Dicibir

Meski bertaruh nyawa menghadapi virus dengan tingkat persebaran tinggi itu, tim medis juga harus menghadapi cemoohan sebagian masyarakat yang menganggap virus corona tidak ada.

Pelaku Perjalanan Masuk Boyolali Jalani Tes Rapid Antigen Dulu

Terkait teknis penyekatan pemudik di Boyolali tidak bisa dilakukan secara maksimal karena penyekatan mestinya sudah dilakukan di titik perbatasan Jawa Tengah.

Molor Karena Anggaran, Musda MUI Sragen Akhirnya Terselenggara Tahun Ini

Musda MUI yang seharusnya digelar 2020 terpaksa baru bisa digelar Sabtu (8/5/2021) karena anggaran hibah dari APBD belum cair.

Siswa SD Muhammadiyah PK Boyolali Bikin Parsel Untuk Kaum Duafa

Puluhan siswa SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Banyudono, Boyolali membagikan parsel lebaran kreasi mereka kepada kaum duafa.

Kisah Pekerja Pindahkan 740 Makam untuk Bangun Kantor Kelurahan Sondakan Solo

Rencana pembangunan Kantor Keluarahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, tidak mudah lantaran dibarengi pemindahan 740 badan makan.

Alhamdulillah, Masjid di Lereng Merapi Klaten Dikirimi Air Bersih Jelang Lebaran

Sebagian daerah kawasan lereng Gunung Merapi wilayah Klaten selama ini masih mengalami krisis air bersih ketika kemarau tiba.

Umat Islam Wonogiri Salat Idul Fitri di Masjid Kampung Saja

Tim yang terdiri atas polisi, TNI, dan pihak terkait lainnya mendeteksi dini untuk memastikan tidak ada warga yang Salat Idul Fitri di lapangan atau gedung.

Tren Kasus Kekerasan Anak di Wonogiri Naik, Bupati Jekek Tegas Lakukan Ini

Hingga jelang pertengahan tahun, sudah ada 16 kasus kekerasan anak di Kabupaten Wonogiri.

Kebakaran Hanguskan Gudang Reklame di Manahan Solo

Gudang dalam kondisi kosong dan hanya dipergunakan untuk menyimpan bahan-bahan produksi untuk pembuatan reklame.

Warga Karanganyar Salat Id di Lapangan Diawasi Satgas Desa dan Kecamatan

Lantaran kondisi yang dalam aturan PPKM berbasis mikro, pengawasan Salat Id diserahkan kepada Satgas di kecamatan maupun desa.

Video Kebakaran di Barat Taman Balekambang Solo, Lebih dari 6 Pemadam Merapat

Beredar video kebakaran di barat Taman Balekambang Solo atau di seberang Damri Manahan, lebih dari enam mobil pemadam merapat.

Wonogiri Kekurangan 456 Perangkat Desa, Segera Perekrutan?

Di Wonogiri saat ini ada 456 jabatan perangkat desa yang kosong karena pensiun, meninggal dunia, pindah kependudukan, atau mengundurkan diri.

Lebaran Kian Dekat, Begini Kondisi Stok Bahan Pangan di Sukoharjo

Masyarakat diminta tidak melakukan aksi borong barang karena tindakan itu akan mengakibatkan kenaikan harga serta kelangkaan stok barang.

Bea Cukai Surakarta: KITE IKM Tekan Biaya Produksi Barang Ekspor

Ini menjadikan biaya produksi atas barang jadi yang diekspor, dapat ditekan biayanya menjadi lebih rendah.

Derita Sopir Bus Di Klaten, 2 Kali Lebaran Pulang Tak Bawa Uang

Kebijakan larangan mudik Lebaran membuat sopir bus AKAP yang biasa beroperasi Terminal Ir Soekarno Klaten harus pulang tak membawa uang.

Rumah Pemudik di Wonorejo Sragen Ditempeli Stiker Karantina Mandiri

Stiker warna kuning itu berisi keterangan warga pelaku perjalanan (PP) atau pemudik yang menjalani karantina mandiri selama lima hari.

Ingat Ya Lur, Layanan SIM Satlantas Polres Karanganyar Libur 5 Hari

Layanan pembuatan maupun perpanjangan surat izin mengemudi atau SIM di Satlantas Polres Karanganyar tutup sementara lima hari saat Lebaran.

Begini Kondisi Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun di Solo Saat Tak Ada Penumpang

Kondisi Bandara Adi Soemarmo serta stasiun KA di Kota Solo sepi dan lengang karena hampir tidak ada penumpang selama pelarangan mudik.

Lantik 9 Kepala Desa, Bupati Boyolali: Ingatkan Warganya Untuk Tidak Mudik!

Bupati Boyolali M Said Hidayat melantik sembilan kepala desa di wilayahnya yang merupakan hasil pilkades antarwaktu beberapa waktu lalu.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Sabtu, 8 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Ratusan Kendaraan Disetop di Pos Penyekatan Selogiri Wonogiri, Pengendara Dites Antigen

Sekitar 200 kendaraan berpelat nomor luar daerah disetop di pos penyekatan pemudik di Jembatan Timbang, Selogiri, Wonogiri.

Tak Pakai Masker Hingga Uyel-Uyelan, Banyak Warga Abai Prokes Di Pasar & Mal Sukoharjo

Petugas patroli Satpol PP Sukoharjo menemukan masih banyak masyarakat yang abai prokes saat berbelanja di mal maupun pasar tradisional.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.

Tak Ada Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Sejak Kamis Malam, 23 Bus Nganggur

Puluhan unit bus diparkir di Terminal Ir Soekarno Klaten menyusul adanya larangan mudik Lebaran 6-17 Mei sehingga tidak bisa beroperasi.

Libur Lebaran, TSTJ dan Taman Balekambang Solo Tetap Buka Lho!

Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ dan Taman Balekambang Solo akan tetap buka pada momen libur Lebaran tahun ini. Pasalnya, Pemkot Solo tak melarang wisata beroperasi.

2 Pemudik Positif Covid-19 Terdeteksi Berkat Kesigapan Satgas Jaga Tangga Serengan Solo, Begini Ceritanya

Dua pemudik asal Tangerang terdeteksi positif Covid-19 setelah lolos penyekatan berkat kesigapan Satgas Jaga Tangga wilayah Serengan, Solo.

3 Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Klaten Terima Santunan Puluhan Juta hingga Miliaran Rupiah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan Klaten menyerahkan klaim bagi ahli waris pekerja yang meninggal dunia dan kecelakaan kerja.

Angin Kencang, Tower Internet Kantor DPRD Solo Roboh Timpa Rumah Warga

Tower jaringan Internet di Kantor DPRD Solo roboh menimpa rumah warga saat terjadi hujan disertai angin kencang Jumat (7/5/2021) siang.

50-an Sepeda Motor Berknalpot Brong di Klaten Disita Polisi

Sebanyak 50-an pengendara sepeda motor berknalpot brong kena tilang Satlantas Polres Klaten, dalam beberapa hari terakhir.

Mobil Dinas Wali Kota Solo Sudah 2 Hari Diparkir Di Kantor Kelurahan Gajahan, Ada Apa Ya?

Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah dua hari terakhir ini diparkir di halaman Kantor Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon.

Warga Karanganyar Boleh Salat Idulfitri Di Lapangan Asalkan...

Warga Karanganyar diimbau Salat Idulfitri di masjid dan musala lingkungan tapi juga tidak dilarang Salat Id di lapangan terbuka dengan prokes.

Wisata di Klaten Tetap Buka, Halalbihalal Diimbau Secara Virtual

Sejumlah ketentuan pembatasan dalam SE itu seperti melarang kegiatan takbir keliling hingga mengimbau warga Klaten menggelar halalbihalal secara virtual.

Warga Keluhkan Bau Tak Sedap di Sungai Kampung Klaten, Ternyata Ini Penyebabnya

Warga Kampung Klaten RT 004/RW 003, Kelurahan Klaten, Kabupaten Klaten mengeluhkan bau tak sedap yang berasal dari sungai di kampung tersebut, dalam beberapa waktu terakhir.

Mangkrak 3 Tahun, Bangunan Bekas SD di Sragen Disiapkan Untuk Isolasi Pemudik

Pemerintah Desa (Pemdes) Sribit, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, menyiapkan bekas bangunan SDN 2 Sribit yang telah mangkrak selama tiga tahun untuk isolasi pemudik.

Tempat Wisata Solo Buka Saat Lebaran, Orang Luar Soloraya Bawa SIKM Tetap Dilarang

Tempat wisata di Kota Solo tetap buka saat Lebaran namun hanya untuk warga Soloraya dan bukan dari zona merah risiko Covid-19.

720 Karyawan PT Delta Merlin Sragen Setujui THR 70% Dicicil, 160 Lainnya Belum Sepakat

Anggota serikat pekerja A PT Delta Merlin Sandang Tekstil Sragen yang berjumlah 720 orang sepakat menerima THR sebesar 70% gaji.

Lolos Penyekatan di Solo, 2 Pemudik Positif Covid-19 Dirujuk ke RS dan Asrama Haji

Satgas Jaga Tangga Kecamatan Serengan mendapati lima orang pemudik yang lolos penyekatan hingga akhirnya tiba di kampung halaman, Kamis (6/5/2021).

21 Warganya Jualan Pentol, Kampung Ini Disebut Pentol Portugal

Kampung Pentol Portugal di Sambirejo Sragen terkenal sejak 2015 gara-gara banyak warganya berjualan pentol.

Warga Positif Covid-19 Klaster Layatan Jetis Sragen Tambah 1 Jadi 39

Warga positif Covid-19 dari klaster layatan di Jetis, Sragen, bertambah satu orang per Kamis (6/5/2021) malam

Ponsel Bocah Klaten Dirampas Pria Tak Dikenal, Polisi Bertindak

Jajaran Polsek Klaten Utata menyelidiki kasus perampasan ponsel milik seorang bocah di Dukuh Kalitelu, Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kamis (6/5/2021) pagi.

Kabar Baik untuk Wong Sragen, Samsat Hapus Denda Keterlambatan Pajak Kendaraan

Program pembebasan denda keterlambatan PKB tahun ini berlangsung selama empat bulan,

Klaster Tarawih Sambirejo Sragen: Awalnya 3, Kini 21 Orang Positif Covid-19

Jumlah warga positif Covid-19 dari klaster tarawih di Sambirejo, Sragen, bertambah dari yang awalnya tiga menjadi 21.

Kadung Sampai Rumah, Pemudik Sukoharjo Didatangi Satgas Covid-19 Untuk Tes Antigen

Sejumlah pemudik yang sampai di wilayah Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo sebelum pemberlakuan larangan mudik didatangi rumahnya untuk tes antigen.

Ini Bakul Perangko di Solo yang Nemu & Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemiliknya

Inilah sosok Desi Natalia, 42, warga Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, yang menemukan segepok uang di jalan dan dikembalikan ke pemiliknya.

Tinggal di Wonogiri, 2 WNA di Bawah Umur Asal Malaysia Dideportasi

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta mendeportasi dua warga negara asing atau WNA asal Malaysia karena melanggar izin tinggal atau overstay selama hampir satu tahun.

Karantina 38 Warga Positif Covid-19 Klaster Layatan Sragen Diperpanjang 5 Hari

Masa karantina mandiri bagi 38 warga positif Covid-19 klaster layatan di Sambirejo, Sragen, diperpanjang lima hari meski kondisinya membaik.

Tega! Pria Kibuli Bocah di Klaten, Pura-Pura Pinjam Ponsel Ternyata Malah Diembat

Seorang maling tega mengibuli bocah laki-laki yang sedang asyik main Ponsel di Dukuh Kalitelu, Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Klaten, Kamis (6/5/2021) pagi.

Tekan Angka Kematian Ibu Hamil, Ini Upaya PKK Sukoharjo

PKK Sukoharjo mengajak para ibu hamil untuk melapor ke petugas kesehatan sehingga bisa dipantau kondisi kesehatannya secara berkala pada masa pandemi Covid-19.

Pontang-Panting Nakes Bekerja Maksimal Tangani Klaster Layatan di Sragen, Begini Kisahnya

Petugas menjemput bola dengan membawa armada kesehatan untuk datang ke lokasi di pinggiran hutan dengan medan naik turun karena perbukitan.

Kisah Bakul Perangko di Solo Nemu Uang Rp20 Juta & Dikembalikan ke Pemiliknya

Kisah inspiratif kali ini tentang sosok bakul perangko yang menemukan segepok uang di Solo dan mengembalikan kepada pemiliknya.

Alasan Gibran Wali Kota Izinkan Mudik Lokal: Solo Kecil Banget

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengizinkan warga melakukan mudik lokal karena wilayah Kota Bengawan kecil.

5 Pemudik Asal Tangerang Lolos Penyekatan Masuk Solo, 2 Orang Positif Covid-19

Lima pemudik asal Tangerang lolos penyekatan dan masuk ke wilayah Serengan, Solo, setelah dites swab dua orang positif Covid-19.

Tak Pakai Masker, Pengunjung dan Pedagang Pasar Baturetno Dites Swab Antigen

Tes swab antigen di pasar juga bertujuan mengantisipasi momentum prepegan, di mana mendekati Lebaran pasar akan kian ramai dikunjungi masyarakat.

Cara Membuat SIKM, Syarat Berwisata ke Solo Saat Lebaran

Sebagai syarat untuk berwisata ke Solo saat momen Lebaran 2021, begini cara membuat Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM. Gampang kok!

Harga Kebutuhan Pokok di Klaten Jelang Lebaran Stabil

Harga kebutuhan pokok di Klaten cenderung stabil menjelang Lebaran 2021.

Tetap Bolehkan Mudik Lokal Soloraya, Ini Pertimbangan Wali Kota Solo Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan sejumlah pertimbangan kenapa membolehkan mudik lokal kawasan Soloraya.

Pantas Jadi Kota Terpadat di Jateng, Ini Penampakan Solo dari Udara!

Ini potret dari udara Solo yang ditetapkan sebagai kota terpadat di Jawa Tengah atau Jateng oleh Badan Pusat Statistik alias BPS pada 2020.

Wali Kota Solo Masih Izinkan Mudik Lokal

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, masih mengizinkan warga melakukan mudik lokal di wilayah Soloraya.

Salat Idulfitri di Tanah Lapang Belum Diizinkan

Salat Idulfitri diizinkan dilaksanakan di masjid dan musala dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan pembatasan jumlah warga yang melakukan salat yakni 50 persen dari kapasitas tempat ibadah.

Terminal Klaten Kian Lengang Mendekati Lebaran

Terminal Ir. Soekarno Klaten, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, kian lengang pada hari pertama larangan mudik Lebaran, Kamis (6/5/2021). Belasan bus mulai diparkir di terminal lantaran tak boleh beroperasi.

Operasi Yustisi di Boyolali, Warga Tak Pakai Masker Langsung Dites Antigen

Petugas juga memberikan imbauan terhadap warga masyarakat agar tidak berkerumun untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).

Pesona 1.001 Umbul di Klaten: Spot Snorkeling – Terapi Kesehatan

Inilah deretan umbul di Klaten yang menyimpan sejuta pesona alam nan indah sekaligus sebagai sumber mata air jernih yang menyehatkan.

2 Trafo di Gemolong Sragen Kobong dalam Sepekan, Warga Sampai Panik

Terbakarnya trafo itu sempat membuat jaringan listrik di area Gemolong mati namun berkat kesigapan petugas, api yang membakar trafo bisa dipadamkan.

Sidak, Legislator DPRD Solo Temukan Sederet Masalah Ini Di Pasar Klewer Solo

Wakil Ketua DPRD Solo Sugeng Riyanto mengidentifikasi sejumlah masalah yang membuat kondisi Pasar Klewer sepi dan memprihatinkan.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Jumat 7 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Jumat, 7 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Pelaku Usaha Galian C di Lereng Merapi Bagikan Sembako Jelang Lebaran

Lantaran pelaksanaan pembagian sembako dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19, setiap warga penerima bantuan diwajibkan menaati protokol kesehatan.

Objek Wisata di Tawangmangu Karanganyar Tetap Buka Selama Lebaran, Andalkan Pengunjung Lokal

Objek wisata di Karanganyar masih tetap buka selama libur Lebaran, termasuk di Tawangmangu. Tetapi, pelaku usaha pariwisata dan penginapan di Karanganyar hanya mengandalkan wisatawan lokal Soloraya.

Dikeluhkan Warga, Dishub dan BPPKAD Cek Tarif Parkir Solo Grand Mall

Petugas Dishub dan BPPKAD Solo mengecek tarif parkir di Solo Grand Mall menyusul adanya keluhan dari salah satu pengguna parkir via medsos.

Solo Ternyata Punya Linmas Pariwisata Loh, Apa Saja Tugasnya?

Selain linmas yang bertugas menjaga ketenteraman warga, Pemkot Solo punya petugas Linmas Pariwisata yang saat ini sudah ada di 31 kelurahan.

Hari Pertama Larangan Mudik, Terminal Wonogiri Sepi, Warung-Warung Tutup

Kondisi Terminal Giri Adipura Wonogiri pada hari pertama pelarangan mudik terpantau sepi dan lengang, Kamis (6/5/2021).

Update Harian Covid-19 Klaten: Positif Tambah 61 Kasus, 4 Orang Meninggal

Satgas PP Covid-19 Klaten mencatat penambahan harian kasus positif corona sebanyak 61 orang pada Kamis dengan kasus kematian 4 orang.

Wali Kota Gibran: Tahan Diri Dulu, Jangan Mudik Lokal Kalau Tidak Urgent!

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat Soloraya tetap menahan diri meski pemerintah tak melarang mudik lokal.

7 KA Ini Siap Melayani Perjalanan Mendesak Dari Solo Selama Larangan Mudik

Ada tujuh KA dengan rute dari atau melewati Solo yang melayani perjalanan mendesak bagi masyarakat yang dikecualikan dan bukan mudik.

Waduh! Legislator DPRD Solo Sebut Pasar Klewer Memprihatinkan Dan Terancam Mati

Kondisi Pasar Klewer Solo yang sepi menjelang Lebaran ini membuat legislatir DPRD Solo prihatin dan khawatir pasar itu bakal mati.