SOLOPOS.COM - Area Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dan sekitarnya yang akan dikembangkan mulai tahun ini. Foto diambil dari Wisata Watu Cenik, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (17/4/2021).

Solopos.com, WONOGIRI – Objek wisata WGM Wonogiri bakal dirombak seperti Guatape di Kolombia. Proyek ini rencananya dilaksanakan pada 2021-2021  dengan estimasi dana sekitar Rp170 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitan dan Pengembangan atau Bappeda Litbang Wonogiri, Heru Utomo, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (20/4/2021), menyampaikan ada enam lokasi yang akan dikembangkan, yakni Wisata WGM, perluasan kawasan seluas 115 ha sisi barat Wisata WGM, sejumlah pulau di WGM, dan tiga lokasi di Desa Sendang tak jauh dari Wiata WGM, yakni Bukit Joglo, Bukit Cenik, dan tiga Bukit Susu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca juga: Pulang Dari Piknik, 35 Warga Boyolali Positif Covid-19

Kawasan dekat perairan waduk yang akan dikembangkan dari kompleks Wisata WGM ke barat hingga kawasan Cakaran/Plataran atau semacam dermaga kecil di perbatasan Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri dengan Guwiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro.

Sementara, lokasi di Desa Sendang yang dikembangkan terdapat di perbukitan, meliputi Wisata Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Bukit Susu. Jalan desa akan diperbesar.

Rencananya di seluruh kawasan tersebut bakal dibangun 46 wahana dan satu fasilitas pendukung, seperti kantor pengelola dan informasi wisata, klinik kesehatan, toilet pertabel, tempat parkir, dan street furniture.

“Wahana ini sifatnya pilihan. Penentuannya akan disesuaikan dengan minat wisatawan. Hanya wahana yang diminati masyarakat yang akan dibangun,” kata Heru.

Baca juga: Inilah Road Blocker, Alat Polisi untuk Hentikan Aksi Balap Liar di Solo

Pedagang

Pengembangan juga akan mengarah ke perairan. Bakal ada wahana jelajah waduk menggunakan perahu. Kawasan karamba atau budi daya ikan dengan sarana jaring apung akan ditata sedemikian rupa agar bisa menjadi destinasi wisata.

Terkait dengan ratusan pedagang yang selama ini berjualan di area Wisata WGM, mereka akan tetap dibolehkan berdagang, tetapi harus di lokasi yang ditentukan. Rencananya para pedagang akan ditempatkan di lokasi khusus yang terdapat di sejumlah titik sepanjang kawasan wisata.

“Pengembangannya akan mengadopsi Wisata Guatape Dam, Kolombia karena karakterisik kawasan di sana dengan area WGM Wonogiri mirip. Ada kawasan perairan, perbukitan, dan sebagainya,” imbuh Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya