Kian Lengkap, Ini Tarif Paket Terbaru Desa Wisata Sumberbulu Mojogedang

Ada lima paket wisata yang ditawarkan pengelola Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar kepada para wisatawan. Semuanya dipatok dengan harga menarik.

 Pengurus Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, menata produk olahan warga yang dijadikan suvenir, salah satunya jamu. (Istimewa-dok Desa Wisata Sumberbulu)

SOLOPOS.COM - Pengurus Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar, menata produk olahan warga yang dijadikan suvenir, salah satunya jamu. (Istimewa-dok Desa Wisata Sumberbulu)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar menjadi juara I dalam Anugerah Desa Wisata Indononesia (ADWI) 2021 untuk kategori Suvenir. Pengelola berharap penghargaan ini bisa mendorong wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Sumberbulu karena sudah diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kami berharap dengan penghargaan ini dapat menjadikan Desa Wisata Sumberbulu lebih maju dan berkembang dalam segi ekonominya. Sehingga kesejahteraan masyarakat di sekitarnya juga bisa meningkat,” ujar pengelola Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih, kepada Solopos.com, Kamis (9/12/2021).

Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selaku penyelenggara ADWI 2021 memberikan apresiasi kepada pengelola Desa Wisata Sumberbulu dengan capaian tersebut. Apresiasi itu diwujudkan dalam bentuk uang senilai Rp30 juta dan akses Internet gratis selama 1 tahun.

Baca Juga: Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Lebih jauh Titin menjelaskan pihaknya terus membenahi Desa Wisata Sumberbulu agar semakin menarik bagi wisatawan. Kini tersedia banyak paket wisata yang ditawarkan pengelola. Paket tersebut antara lain Sumberbulu Experience, Sumberbulu Andventure Journey, Sumberbulu Adventure Ethnic, Sumberbulu Festival, dan Outbound & Training.

Di Desa Wisata Sumberbulu dilengkapi fasilitas berupa enam sumber mata air, area camping ground, lapangan olahraga, dan ruang pertemuan yang mampu menampung 500 orang dan kamar dengan kapasitas 100 orang.

“Kami juga menawarkan tiga jenis paket outbound dengan harga variatif. Paket outbound short time dipatok dengan tarif @Rp80.000, paket one day @Rp120.000, dan paket full day @Rp200.000,” ujar Titin.

Baca Juga: Hampir 2 Tahun Tutup, Pasar Mbatok Kemuning Akhirnya Buka Lagi Lur

Tiap paket peserta mendapatkan fasilitas konsumsi, cendera mata, dan dokumentasi. Bagi pengunjung yang mau menginap atau live in, tarifnya terjangkau, hanya Rp120.000.orang/hari. Sementara bagi yang ingin menyewa homestay dikenai tarif sedikit lebih tinggi, Rp150.000/orang/hari.

Titi mengaku ada perubahan tarif dibandingkan pada 2019 lalu sebelum akhirnya sempat tutup akibat pandemi lalu buka kembali. Meski demikian, perubahan tarif itu relatif masih terjangkau untuk wisatawan.

Sebagai informasi, Desa Wisata Sumberbulu menawarkan konsep wisata alam yang dipadukan dengan tradisi dan kearifan lokal. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana tenang perdesaan yang sejuk ditambah hiburan dari warga setempat yang menampilkan kesenian tradisional.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Asale Sumur Songo Cepogo Boyolali

Dari jalan, plang nama Situs Sumur Songo terlihat cukup jelas namun warnanya sudah mulai memudar.

Ahli Strategi, Putut Gunawan Pernah Pimpin Pemenangan Jokowi-Rudy

Putut Gunawan punya sederet prestasi mentereng, salah satunya pernah memimpin tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

Nelayan Tepian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Sewakan Perahu untuk Wisata

Nelayan di tepian Waduk Gajah Mungkur, tepatnya dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menyediakan daya tarik wisata baru, yakni perahu wisata.

Obituari Putut Gunawan: Salah Satu Penggagas Musrenbang

Politkus senior PDIP Solo, Putut Gunawan, menjadi salah satu penggagas lahirnya musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang kini diadopsi di semua daerah.

Anak Bawah Umur di Tanon Sragen Diduga Diperkosa Hingga Hamil

Kasus dugaan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur dan penyandang disabilitas mental hingga korban hamil terjadi di Desa Jono, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dinas Pertanian Klaten Gagas Pengadaan Drone Penyemprot Hama

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten memiliki rencana untuk membeli drone pertanian meski belum jelas kapan.

9 Kasus Omicron Terdeteksi di Jateng, di Solo Ada?

Sembilan kasus Covid-19 varian Covid-19 di Jawa Tengah salah satunya ada di Sukoharjo. Sementara di Kota Solo belum ditemukan.

Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Sejumlah kolega di DPRD Sragen menyebut Putut Gunawan adalah sosok yang berpengalaman dan katalog kuliner. Politikus PDIP dan Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo itu meninggal Sabtu (22/1/2022).

Belum Sebulan, Warga Laweyan Solo Dua Kali Terendam Banjir

Belum genap sebulan, warga Kelurahan Pajang, Laweyan, Kota Solo, dua kali diterjang banjir luapan Kali Jenes. Banjir terbaru dinilai lebih parah kondisinya ketimbang sebelumnya.

DLH Sukoharjo Belum Punya Data Terbaru Soal Ruang Terbuka Hijau

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo mengaku hanya memiliki data soal luasan ruang terbuka hijau (RTH) hasil pendataan 2017.

Pariwisata Solo Butuh Atraksi dan Inovasi

Asita Jogja memberikan masukan perihal pariwisata Kota Solo yang masih membutuhkan atraksi dan inovasi agar wisatawan lebih lama berkunjung di Kota Solo.

Soal Komentar Paundrakarna, Lilik: Biar Saja, Enggak Perlu Ditanggapi

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat, mengaku tak memiliki wewenang untuk mengomentari pernyataan GPH Paundrakarna soal Suksesi Mangkunegaran.

Bus Sekolah Gratis Wonogiri Beroperasi Lagi Pekan Depan, Ini Rutenya

Layanan Bus Sekolah tersebut baru dioperasikan kembali karena Dishub Kabupaten Wonogiri perlu menyiapkan hal-hal administratif terlebih dahulu.

Karanganyar Bakal Punya Training Camp untuk Atlet Paralympic

Karanganyar dipilih menjadi lokasi pembangunan traning camp atlet Paralympic oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

BPBD Sukoharjo Waspadai Banjir Susulan, Siagakan 70 Personel

BPBD Sukoharjo mewaspadai banjir susulan menyusul masih tingginya potensi curah hujan. Mereka menyiagakan 70 personel yang ditempatkan di masing-masing pos.

Libatkan Damkar, Begini Evakuasi Mobilio Nyungsep di Jimbung Klaten

Tim Damkar Satpol PP Klaten yang dikirim ke Jimbung terdiri atas satu regu, proses evakuasi mobil juga melibatkan aparat keamanan, seperti Polsek Bayat, Koramil Bayat, dan Satlantas Polres Klaten.