Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

 Menparekraf, Sandiaga S Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar, beberapa waktu lalu. (Instagram/@sumberbulu_village)

SOLOPOS.COM - Menparekraf, Sandiaga S Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar, beberapa waktu lalu. (Instagram/@sumberbulu_village)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Wisata Sumberbulu di Kabupaten Karanganyar berhasil meraih Juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk kategori Suvenir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pengumuman ADWI dilakukan secara daring pada Selasa (7/12/2021).

ADWI 2021 merupakan upaya pemerintah mendorong dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pascapandemi Covid-19. Ada 50 desa wisata terbaik di Indonesia yang telah dikunjungi Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno belum lama ini.

PromosiMengintip Kemolekan Capitoline di Roma Italia, Museum Tertua di Dunia

Mengutip akun resmi Official Promotion Media of Jawa Tengah Tourism di Twitter yang dikelola Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, ada tujuh desa yang berhasil meraih penghargaan pada ADWI 2021 dari Jawa Tengah. Selain Desa Wisata Sumberbulu, ada pula Desa Wisata Sangiran (Sragen) meraih juara 5 kategori homestay.

Baca Juga: Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Kemudian Desa Wisata Cikakak (Banyumas) meraih juara 3 kategori suvenir dan Desa Wisata Pandanrejo (Purworejo) memperoleh juara 2 kategori Desa Wisata Rintisan.

Selanjutnya Desa Wisata Karanganyar (Magelang) meraih juara 3 kategori desa wisata berkembang, Desa Wisata Dieng Kulon (Banjarnegara) meraih juara 2 kategori desa wisata maju, dan Desa Wisata Candirejo (Kabupaten Magelang).

Desa Wisata Sumberbulu berlokasi di Dusun Sumberbulu RT 01/RW 05, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Objek wisata ini menawarkan wisata edukatif berbasis kearifan lokal.

Desa Wisata Sumberbulu sejatinya sydah dirintis sejak 2016, namun baru resmi diluncurkan 25 Juli 2019.

Baca Juga: Jos! Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 100 Besar Lomba ADWI 2021 Kemenparekraf

Konsep Desa Wisata Sumberbulu adalah mengedukasi masyarakat tentang pertanian, peternakan, kerajinan tangan, biogas, dan outbound. Pengelola desa wisata akan mengajak pengunjung menikmati suasana perdesaan. Mereka menyediakan homestay di rumah warga. Kapasitas 65 kamar untuk 150 orang.
Biasanya, pengunjung akan menginap di homestay sembari menikmati wisata edukasi.

Sebelum pandemi Covid-19, Desa Wisata Sumberbulu bisa menerima 100-150 pengunjung per hari atau 1.500 orang per bulan. Tetapi, sejak pandemi Covid-19, pengelola desa wisata terpaksa menutup sementara.

Desa Wisata Sumberbulu dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumberbulu. Mereka membuka wisata edukasi dan homestay secara bertahap. Mereka juga menyusun protokol kesehatan untuk warga setempat maupun pengunjung.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.

Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

Di Dusun Winong, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, terdapat rumah produksi bakpia yang sudah merambah sampai luar Jawa.