Ketat Banget! Peserta Wisuda Universitas Duta Bangsa Solo Wajib Rapid Test
Wisudawan dan orang tua UDB Solo mengenakan masker dan face shield serta duduk berjarak saat mengikuti wisuda ke-20 UDB Solo, Selasa (20/10/2020) di Best Western Premier Hotel, Solo Baru, Sukoharjo. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO -- Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo menggelar wisuda tatap muka bagi lulusannya di Best Western Premier Hotel, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (20/10/2020).

Wisuda diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sangat ketat. Setiap peserta dan orang tua yang ikut wisuda sebelumnya harus menjalani rapid test deteksi Covid-19.

Sebelum memasuki ruangan, semua peserta wisuda dan orang tua mereka diwajibkan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan.

2 Pejabat Meninggal Positif Covid-19, LPPM UNS Solo Lockdown 10 Hari

Para wisudawan, orang tua, petugas, dan semua hadirin yang berada di ruangan acara menggunakan masker dan face shield (pelindung wajah). Mereka juga duduk berjarak untuk menghindari interaksi fisik selama wisuda UDB Solo.

Rektor UDB Solo, Singgih Purnomo, mengatakan penerapan secara ketat protokol kesehatan tersebut dilakukan sebagai komitmen dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Wisuda ini kami selenggarakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, semua wisudawan dan orang tua yang akan masuk ke dalam ruangan harus menunjukkan hasil nonreaktif dari rapid test yang diadakan secara mandiri oleh semua peserta sebelumnya,” ujar Singgih saat ditemui wartawan di sela-sela acara.

12 Klaster Covid-19 Masih Aktif di Boyolali, Mayoritas Klaster Keluarga

Pengambilan Ijazah

Rapid test bagi para peserta wisuda UDB Solo antara lain bekerja sama dengan Klinik Grhamedika, Solo. Selain itu, pengambilan ijazah dilakukan secara mandiri oleh para lulusan di meja yang telah disediakan untuk menghindari peserta dan petugas saling sentuhan.

Tak hanya itu, wisuda ke-20 UDB tersebut juga dilakukan dalam dua sesi pada hari yang sama untuk menghindari kerumunan di dalam ruangan dan area hotel. Pada saat jeda antarsesi wisuda tersebut, ruangan dikosongkan dan disterilisasi dengan semprotan disinfektan oleh petugas hotel.

Tangani Banjir, 22 Tentara Termasuk Jenderal Hilang Tertimbun Tanah Longsor

“Wisuda kami bagi dua sesi agar tidak terjadi kerumunan. Setelah selesai sesi satu, peserta wisuda dan keluarga segera keluar ruangan, tidak ada foto-foto agar ruangan segera dikosongkan dan disterilisasi untuk wisuda sesi berikutnya,” imbuh Singgih.

Sementara itu, di wisuda yang disiarkan langsung di kanal Youtube SoloposTV tersebut UDB Solo mewisuda 361 lulusan.

Mereka terdiri atas 311 lulusan Program Studi (Prodi) D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan dan 50 lulusan Prodi D3 Kebidanan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom