SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria di tempat tidur. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kaum pria, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahaya sering melakukan onani sebelum melakukan aktivitas ini secara berlebihan. Simak ulasannya di kesehatan reproduksi pria berikut ini.

Onani atau masturbasi merupakan aktivitas ketika seseorang memberikan rangsangan pada alat kelaminnya untuk memberi kepuasan seks. Aktivitas tersebut dikabarkan dapat memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dalam frekuensi yang normal, sementara jika dilakukan berlebihan, ada bahaya onani yang mengintai kesehatan pria.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Para pria wajib tahu apa saja bahaya yang mengintai bila melakukan aktivitas memuaskan diri sendiri ini secara berlebihan. Benarkah bisa menyebabkan penyakit?

Dikutip dari halodoc.com, Jumat (9/6/2023), berikut ini sejumlah bahaya onani yang mengintai pada pria jika terlalu sering dilakukan:

1. Menimbulkan perasaan bersalah

Onani dianggap tabu bagi sebagian orang atau kebudayaan tertentu atau bahkan dianggap sebagai hal yang tidak bermoral atau memalukan. Alhasil, onani mungkin menimbulkan perasaan bersalah pada sebagian pria. Jika kamu merasa bersalah karena melakukan masturbasi, bicaralah dengan seseorang yang kamu percayai.

Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan psikolog untuk menceritakan apa yang sedang kamu rasakan. Sebab, perasaan bersalah yang dibiarkan berlarut akibat onani, dikabarkan dapat memicu terjadinya depresi.

2. Menimbulkan kecanduan

Salah satu bahaya yang mengintai dari onani jika terlalu sering dilakukan adalah menimbulkan adiksi atau kecanduan. Hal ini tentunya tidak dapat disepelekan, karena kecanduan onani dapat menghambat kehidupan sosial seorang pria.

Sebab, ketidakseimbangan antara hasrat dan kebutuhan pribadi tersebut dapat memicu amarah atau rasa kegelisahan, jika hasrat belum tersalurkan. Selain itu, kecanduan onani juga diketahui dapat menurunkan produktivitas secara signifikan.

3. Dapat mencederai penis

Onani memang dapat membuat seseorang mencapai orgasme atau kepuasan layaknya berhubungan seks. Namun, onani secara berlebihan juga dapat mencederai penis, terutama pada kulit penis, seperti kulit lecet dan disertai rasa nyeri.

4. Kehidupan seksual terganggu

Bahaya onani terlalu sering juga dapat mengganggu kehidupan seksual dengan pasangan. Pasalnya, onani dapat memengaruhi sensitivitas saat berhubungan seks bagi pria. Hal ini berkaitan dengan cengkraman yang terlalu ketat pada penis selama onani dapat menurunkan sensasi dan rangsangan seksual ketika seorang pria berhubungan intim.

Agar dapat mengatasinya, para pakar kesehatan seksual menyarankan untuk mengubah teknik selama masturbasi untuk mengembalikan tingkat sensitivitas saat berhubungan intim dengan pasangan.

5. Diduga dapat meningkatkan risiko kanker prostat

Menurut sebuah penelitian dari The British Journal of Urology, aktivitas seksual yang sering pada pria berusia 20-an dan 30-an dapat meningkatkan risiko kanker prostat, terutama jika dia melakukan masturbasi secara teratur. Kendati demikian, hal ini masih menimbulkan perdebatan.

Sebab, sebuah studi lain dari JAMA Network, ditemukan hasil yang berlawanan. Studi tersebut menjelaskan kalau pria yang berejakulasi 21 kali per bulan atau lebih memiliki penurunan risiko terkena kanker prostat. Maka dari itu, penelitian ilmiah secara lebih mendalam tentunya masih diperlukan guna benar-benar mengetahui dampak masturbasi pada prostat pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya