Keren, Pegawai BRI Ini Harumkan Nama Bangsa di SEA Games Vietnam

Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi

 Pegawai BRI, Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, meraih medali perak di SEA Games 2021 Vietnam. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pegawai BRI, Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, meraih medali perak di SEA Games 2021 Vietnam. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui bidang olahraga.

Sebagai atlet menembak, prestasi terbaru Izam adalah raihan medali perak di SEA Games 2021 Vietnam baru-baru ini.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Di samping kerja keras dan perjuangan, prestasi yang ditorehkan Izam tak terlepas dari budaya kerja di BRI, tempatnya bekerja, yang selalu berupaya konsisten mewujudkan work life balance bagi para pekerjanya atau biasa disebut Insan BRILian.

Izam menuturkan, ketika melamar kerja di BRI dirinya sudah menjadi atlet menembak. BRI kala itu menerima calon pekerja dari berbagai latar belakang disiplin pendidikan sehingga Izam tertarik menekuni dunia perbankan.

Dia bekerja di BRI sejak 2016. Saat melamar kerja di BRI, dia melampirkan rekam jejak prestasinya sebagai atlet.

“Di BRI izin pertandingan apa lagi kalau ada pemusatan latihan, BRI selalu mendukung. Memang kalau saya izin dengan keterangan bela negara, BRI selalu mendukung alhamdulillah seperti itu kebijakannya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: BRIWORK IPB, Community Branch Banking untuk Dorong Inovasi

Izam pun bercerita, mengenal olah raga menembak sejak akhir 2009 ketika dia masih mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Nasional Jakarta (UNJ). Saat itu ada proses rekruitmen instruktur menembak dari Perbakin di Senayan, Jakarta bagi sekolah menembak untuk anak-anak.

Izam lolos menjadi instruktur bersama dua kandidat lainnya. Dan pada 2010 dia sudah aktif menekuni bidang olah raga tersebut. Dari Perbakin, Izam mendapat rekomendasi untuk seleksi tim nasional menembak dalam ajang SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang.

”Dari Perbakin direkomendasikan untuk seleksi. Awalnya dari situ. Pas seleksi alhamdulillah masuk timnas. Awalnya seperti itu,” kata dia.

Rekomendasi dari organisasi menembak dan berburu nasional tersebut tak disia-siakan Izam. Torehan prestasi internasional dimulainya sejak 2015 di mana secara beregu dirinya meraih medali perak di kejuaraan menembak se-Asia Tenggara.

Impian Izam untuk berprestasi tak berhenti di situ. Target raihan prestasi berikutnya adalah di World Champinship di Perancis 1 Agustus mendatang. Di ajang tersebut, Izam dan tim ingin meraih poin untuk masuk kuota di Olimpiade. Selain itu, di Asian Games di China pada 2023 mendatang. “Kita juga mengincar medali di Asian Games dan Olimpiade baik secara individu atau beregu,” ujarnya penuh optimisme.

Baca Juga: Jadi Best Market Maker, Bank Indonesia Apresiasi BRI dengan 5 Penghargaan

Dukungan BRI

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengungkapkan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan oleh Izam.

“BRI meyakini bahwa seluruh insan BRI adalah aset sekaligus tulang punggung Perseroan dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, BRI selalu berupaya menciptakan suasana kerja yang terbuka dan positif, salah satunya dengan mendorong pengembangan talenta pekerja sehingga tercipta work life balance,” ujarnya.

Izam pun menuturkan dukungan penuh dari BRI sehingga dirinya bisa berprestasi. Di mana dirinya selalu mendapatkan kemudahan izin agar memperoleh porsi latihan yang cukup. Bahkan ketika ada pemusatan latihan, Izam maupun atlet menembak lainnya harus meninggalkan instansi masing-masing agar fokus berlatih.

“Karena full dari pagi sampai sore itu latihannya setiap hari. Kalau sambil kerja porsi latihannya kurang. Saya sebelumnya minta izin untuk pemusatan latihan. Kebijakan BRI untuk bela negara tetap mendukung. Begitu juga atlet lainnya harus meninggalkan instansi masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Ditopang Kredit dan Dana Pihak Ketiga, BRI Cetak Laba Rp32,22 Triliun

Dia pun mengisahkan bagaimana dukungan dari keluarga. Anak, istri juga orang tua Izam sudah paham jika dirinya harus tinggal di asrama saat pemusatan latihan. Sehingga waktu bertemu keluarga hanya bisa dilakukan saat akhir pekan.

Dukungan-dukungan dari BRI dan keluarga tersebutlah yang meringankan langkah Izam dalam berprestasi. Adapun saat ini, Izam bertugas di bagian Payment Operation Division sebagai Asisten di Seksi Persediaan dan Pendukung Produksi Kartu di kantor BRI pusat.

Sementara itu di SEA Games Vietnam, Tim Menembak Indonesia menorehkan prestasi dengan meraih 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Perolehan medali tersebut melampaui pencapaian SEA Games 2019. Izam bersama Muhammad Sejahtera Dwi Putra dan Irfandi Julio meraih perak di nomor 10 m running target team putra.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Bisnis Alkes Diprediksi Tumbuh Pesat, Ini Alasannya

Menurut Direktur Utama Argon Group Krestidjanto Pandji, melihat setidaknya terdapat tiga faktor yang menjadi pemicu pertumbuhan bisnis alat kesehatan di Tanah Air.

PLN: Kompor Induksi Bisa Kurangi Beban APBN, Kok Bisa?

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan untuk mengatasi oversuplai listrik, PLN mendorong adaptasi kompor induksi oleh masyarakat.

Awas!, Muncul Aplikasi MyPertamina Palsu, Kenali Ciri-Cirinya

Pertamina Patra Niaga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati adanya aplikasi palsu MyPertamina.

Menkeu: PPS Berhasil Ungkap Harta di Kawasan ASEAN Rp61,03 Triliun

Harta terbesar yang berhasil diungkap di kawasan ASEAN berada di Singapura.

Eks Dirut PT PLN dan Pertamina Diperiksa KPK, Ini Hasilnya

Penyidik KPK mendalami soal proses transaksi jual-beli pengadaan gas LNG di PT PTMN (Pertamina) 2011-2021.

Bukalapak (BUKA) Digugat Rp1,1 Triliun, Ini Masalahnya

Gugatan diajukan terkait perkara pengerjaan proyek dan hilangnya pendapatan sewa pengguat selama 5 tahun.

Inflasi Juni 2022 Capai 4,35 Persen, Apindo: Masih Aman

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani mengapresiasi manuver pemerintah yang tetap mempertahankan subsidi energi.

Raih Digital Banking Terbaik, BRI Buktikan Transformasi Digital Sukses

BRI meraih penghargaan digital banking terbaik untuk dimensi data di acara Digital Banking Awards 2022.

KRIS RS Dimulai 1 Juli, Segini Tarif Iuran BPJS Kesehatan

besaran iuran BPJS Kesehatan yang berlaku saat ini untuk peserta PBPU serta BP adalah senilai Rp42.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III.

Bank Jateng Ikut Pembiayaan Jalan Tol Semarang-Demak

Dari jumlah kredit investasi itu, Bank Jateng memberikan pembiayaan senilai Rp250 miliar. Sementara Bank Jateng Syariah senilai Rp100 miliar.

Harga Emas di Pegadaian Naik, Dijual Mulai Rp519.000

emas ukuran terbesar di Pegadaian, yaitu 1.000 gram dijual Rp963.572.000 untuk emas Antam, sementara untuk emas UBS hari ini masih belum tersedia.

Wow, Jumlah Pengguna KRL Meningkat Selama Liburan Sekolah

Pada akhir pekan sepanjang Juni 2022 tren pengguna KRL Jabodetabek tercatat bertambah seiring dengan masa libur sekolah.

Simak, Berikut Syarat Naik Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

Lion Air, Batik Air, dan Wings Air kembali mengingatkan syarat naik pesawat bagi calon penumpang rute domestik per Juli 2022.

Jangan Tertipu yang Palsu, Kenali Ciri Aplikasi MyPertamina Asli

PT Pertamina Patra Niaga memberikan peringatan kepada para penggunanya untuk berhati-hati dengan aplikasi tidak resmi MyPertamina alias palsu. 

BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur Raih Marketeers OMNI Brand of the Year

BRI terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas dan kualitas produk UMKM ke pasar internasional.

Manfaatkan Sisa Pembakaran Batu Bara, Ini yang Dilakukan PLN

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Power (IP), menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) di PLTU milik IP yang berada di Tangerang.