SOLOPOS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Rapat tersebut membahas progres penanganan permasalahan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. serta progres restrukturisasi BUMN dan holding BUMN. (Antara/Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak para mitra terus berkolaborasi dengan BUMN dalam menciptakan ekosistem yang kuat untuk perekonomian Indonesia.

Erick menekankan mitra-mitra BUMN untuk menjalin kerja sama yang baik dengan melalui proses bisnis yang benar, memiliki keberpihakan terhadap tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kerja sama BUMN dan mitra menjadi kunci, oleh karena itu, saya nantinya membuat blacklist mitra-mitra yang nakalan, karena saya tidak mau lagi BUMN jadi ajang koruptif, tentu capek benerinnya,” ujar Erick dalam acara dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 di Grha Pertamina, Jakarta, Senin (9/5/2022) malam.

Erick mengatakan mitra BUMN harus memiliki kontribusi positif dalam setiap kerja sama dengan BUMN. Erick Thohir mengapresiasi ajang penghargaan yang menjadi apresiasi konkret dari Kementerian BUMN terhadap mitra yang selama ini telah mendukung BUMN.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebelum kita memghukum, kita harus beri reward. Makanya kita apresiasi mitra-mitra dengan kategori sangat bagus, tetapi kita juga mapping mitra-mitra yang ada kasus-kasus, supaya BUMN ikut baik, karena kalau mau jadi pemain global yang namanya transparansi dan profesional harus menjadi dasar dan proses bisnis yang benar harus dijalankan,” ucap Erick.

Baca Juga: Erick Thohir & Teten Masduki Optimalkan Belanja BUMN untuk Produk UMKM

Erick Thohir menawarkan mitra dan BUMN untuk duduk sejajar dan saling melayani dengan baik di era kolaborasi supaya BUMN dapat menjadi pesaing global dan tidak hanya hanya menjadi raja di kampungnya sendiri.

“Ini yang ingin saya tawarkan sama-sama dan insya Allah niat baik ini bisa disambut,” lanjut Erick.

Erick juga menetapkan tiga poin dalam Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022. Pertama, memperbaiki hubungan kerja yang win-win antara BUMN dan swasta demi mendorong BUMN menjadi perusahaan global.

Kedua, pentingnya membangun keberpihakan terhadap produk dalam negeri yakni TKDN melalui para mitra.

Baca Juga: BRI Buka Lowongan Kerja dalam Rekrutmen Bersama BUMN, Cek Syaratnya

“Karena ini sebuah market besar supaya kita bergerak ke industrial country. Ketiga, bukan menakut-nakuti, penting sekali BUMN yang punya satu misi yakni mitra yang transparan dan profesional. Kita tidak mau ketika kita bermain global, kita konsolidasi TKDN, tapi tenyata punya mitra yang kurang baik,” ucap Erick.

Menurut Erick, sudah bukan waktunya lagi BUMN menjadi menara gading di tengah tantangan disrupsi digital. Berkat kolaborasi, ucap Erick, BUMN berhasil membukukan laba bersih 2021 mencapai Rp90 triliun atau meningkat 592,3 persen dibanding laba bersih BUMN 2020 yang sebesar Rp 13 triliun, berdasarkan laporan keuangan unaudited.

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut torehan tersebut merupakan salah satu bukti konkret transformasi BUMN melalui efisiensi dan perbaikan model bisnis telah berjalan sesuai dengan arah strategis yang ditetapkan.

Pencapaian kinerja BUMN ini tidak terlepas dari peran para mitra BUMN yang telah berkolaborasi secara baik, terlebih lagi pada situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

Baca Juga: Punya 130 Juta Nasabah, Dana Murah BRI Tembus Rp713 Triliun

“Alhamdulillah kinerja BUMN pada 2021 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berhasil merealisasikan sebagian dari tahapan roadmap transformasi BUMN,” ungkap Erick.

“Dan tentu tidak lupa kolaborasi BUMN dengan mitra kerja juga mendorong pencapaian kinerja BUMN,” kata pria yang memimpin Kementerian BUMN sejak Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya