DPUPR Solo Angkat Bicara Soal Pembongkaran Jembatan Jurug A

Pejabat Bina Marga DPUPR Kota Solo, Joko Supriyanto, mengaku belum ada pembahasan lebih lanjut soal pembongkaran Jembatan Jurug A tahun ini.

 Jembatan Jurug Solo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug Solo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembongkaran Jembatan Jurug A Solo oleh Kementerian PUPR pada tahun ini bocor ke publik. Dinas Pekerjan Umum Penataan Ruang (DPUPR) dan Bina Marga Kota Solo mengaku belum ada koordinasi lebih jauh soal itu.

“Untuk itu proyek milik Kemen PUPR, belum ada pembahasan lebih lanjut dengan kami,” ujar Kabid Bina Marga DPUPR Kota Solo, Joko Supriyanto, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (14/5/2022).

PromosiDagelan Mataram ala Srimulat: Lelucon, Satire, dan Pelajaran

Senada dengan Joko, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional Kartasura-Ngawi, Emy Eko Setiyawti, menyebut belum ada koordinasi lanjutan antara Kemen PUPR dengan Dinas PUPR Bina Marga Solo terkait pembongkaran Jembatan Jurug A.

“Dari kami belum bisa konfirmasi apa-apa terkait leaflet yang beredar. Informasinya pembongkaran dan penggantian jembatan secara penjadwalan masih dalam pembahasan. Setelah ada finalisasi nantinya baru akan ada sosialisasi dan koordinasi dengan stakeholder terkait,” ujar Emy.

Ia menambahkan, untuk penggantian jembatan Jurug A masuk dalam Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Ini nanti ada Satuan Kerja (Satker) dan PPK tersendiri dari Kemen PUPR. “Jadi kapasitasnya dari Pusat.” ujarnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug A Bakal Dibongkar, Siap-Siap Solo Macet Parah

Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, sebelumnya mengonfirmasi adanya rencana pembongkaran dan penggantian Jembatan Jurug A. Proyek itu dari Kementerian PUPR. “Semua dari kementerian. Tinggal menunggu kesiapan Dishub Solo,” ungkap dia.

Terkait dampak dari pembongkaran Jembata Jurug A, Sukasno meminta Kementerian PUPR, Dishub Solo, dan Dinas PUPR Solo berkoordinasi. Menurut dia harus ada perhitungan secara cermat tentang dampak kemacetan yang ditimbulkan.

“Tahun ini proyek Simpang Joglo dimulai. Padahal di sana ada perencanaan underpass. Tahun ini juga Jembatan Mojo akan ditutup karena ada pekerjaan rehabilitasi jembatan. Kalau Jembatan Jurug A ditutup dampak kemacetannya luar biasa,” urai dia.

Baca Juga: Ini 3 Proyek Besar yang Diprediksi Bikin Solo Macet Luar Biasa

Politikus PDIP tersebut memprediksi dampak kepadatan arus lalu lintas dari penutupan Jembatan Jurug A akan sangat terasa di Solo utara dan Solo timur. “Apalagi ring road atau jalan lingkar Mojosongo pasti terjadi keruwetan luar biasa,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pura-Pura Mau Beli, Warga Karangnongko Klaten Gondol Motor Showroom

Pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di showroom yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten, Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap polisi.

Joss! Pelajar SMA di Teras Boyolali Diterima di 7 Kampus Luar Negeri

Kisah inspiratif kali ini tentang seorang pelajar SMA asal Teras, Boyolali, diterima di tujuh kampus luar negeri.

Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Jembatan Jurug Lama di Kota Solo konon menyimpan segudang kisah misteri.

Waduh! Pemuda Wonogiri Emoh Jadi Petani

Generasi muda di Wonogiri, Jawa Tengah, enggan belajar di bidang pertanian.

Sekolah di Sragen Siap PTM 100%,

Sekolah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, sudah siap menggelar PTM secara penuh.

Ini Alasan Kemenparekraf Bangun Kampus Rp400 Miliar di Gemolong Sragen

Keberadaan kampus Politeknik Pariwisata senilai Rp400 miliar yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, diyakini akan membawa multiplier effects bagi warga setempat.

Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sampah Putri Cempo di Mojosongo, Solo, diproyeksikan menjadi tempat wisata edukasi.

Curhatan Ibu-Ibu Solo Pengguna Sepur Kelinci: Dulu Senang, Kini Waswas

Sejumlah ibu-ibu yang kerap naik sepur kelinci untuk hiburan bersama anak-anak mereka di wilayah Solo mengaku kini takut naik kendaraan tersebut setelah peristiwa kecelakaan di Boyolali.

Tak Hanya Ganjar dan Rudy, Gibran Juga Absen Halalbihalal PDIP Jateng

Selain Ganjar Pranowo yang tak diundang, FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka yang diundang juga tak menghadiri halalbihalal DPD PDIP Jateng.

TPA Putri Cempo Solo Bakal Impor Sampah, Dari Mana?

TPA Putri Cempo di Mojosongo, Solo, akan impor sampah untuk memenuhi kebutuhan operasional PLTSa beberapa tahun ke depan.

Kereta Kelinci di Klaten hanya Diperbolehkan Beroperasi di Area Wisata

Jajaran Polres Klaten mengimbau ke pemilik/pengelola kereta kelinci tidak mengoperasikan kendaraan tersebut di jalan raya di Kabupaten Bersinar.

Dulu Penuh Sampah, Lahan di Mojayan Klaten Kini Jadi Tempat Berkuda

Ada tempat berkuda yang terhitung baru di Klaten. Namanya de Christo Equine Park.

Agrowisata Tani Manunggal Selogiri Wonogiri Ajak Anak Muda Bertani

Agrowisata Barro Tani Manunggal berdiri di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri. Agrowisata tersebut menjadi tempat bagi siapa pun yang ingin belajar bercocok tanam dengan benar.

Wow! Politeknik Pariwisata Sragen Dilengkapi Hotel Internasional Lur

Kampus Politeknik Pariwisata yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, akan dilengkapi sejumlah fasilitas pembelajaran mewah hotel berkelas internasional.

Basarnas Pos SAR Surakarta Bertemu Perwakilan Sukarelawan se-Soloraya

Basarnas Pos SAR Surakarta menyelenggarakan halalbihalal di kantor Basarnas Pos SAR Surakarta Jl. Tentara Pelajar, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (14/5/2022).