SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di samping kantor Dispertan PP Karanganyar, Senin (7/12/2020). (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perikanan atau Dispertan PP Karanganyar, Siti Maisyaroch, terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi yang Solopos.com himpun dari berbagai sumber, hasil tes swab Covid-19 Siti keluar pada Minggu (6/12/2020). Siti kemudian menjalani perawatan di RSUD Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, membenarkan informasi tersebut. "Betul. Tetapi beliau sehat, segar, bugar. Sudah telepon-teleponan dengan saya," kata Juliyatmono kepada Solopos.com melalui Whatsapp, Senin (7/12/2020).

Nenek-Nenek Ini Dapat Bantuan Sembako Setelah Tertangkap Mencuri Alat Mandi di Minimarket Solo, Kok Bisa?

Yuli, sapaan akrabnya, menyampaikan Kepala Dispertan PP Karanganyar itu masih bekerja meskipun positif Covid-19 dan sedang menjalani perawatan di RSUD Karanganyar. "[Siti] tetap bekerja dari tempat isolasi," tuturnya.

Yuli bahkan mempersilakan Solopos.com menghubungi Siti secara langsung. Ia menduga Siti terpapar virus Corona saat beraktivitas luar rumah. "Dari tamu ya mungkin," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan Dispertan PP Kabupaten Karanganyar, Riyanto, menyampaikan atasannya tersebut masih mengoordinasi enam kepala bidang (kabid) secara online pada Minggu.

Ratusan Orang Tetap Berdatangan Ke Pasar Kliwon Meski Haul Habib Ali Solo Ditiadakan

Memberikan Arahan

Padahal saat itu, menurutnya, Kepala Dispertan PP Karanganyar itu sudah positif Covid-19 dan menjalani perawatan di RSUD Karanganyar.

"Ibu itu [Minggu] masih memberikan arahan kepada kami untuk mengirimkan berkas yang harus beliau tandatangani ke rumah sakit. Jadi berkas kami kumpulkan ke salah satu pegawai lalu sore hari ia antar ke RSUD Karanganyar," tutur Riyanto kepada Solopos.com melalui telepon, Senin (7/12/2020).

Sayangnya, Riyanto mengatakan perempuan berkerudung yang merupakan atasanya itu belum merespons pesan Whatsapp dan telepon darinya. Riyanto mengaku hendak berkoordinasi dengan Siti terkait pekerjaan kantor. "Tadi sempat WA dan telepon untuk koordinasi tetapi belum ada respons," ungkapnya.

Siap-Siap! Mulai 15 Desember, Semua Pendatang Masuk Kota Solo Wajib Karantina Di Benteng Vastenburg

Pada sisi lain, Riyanto mengungkapkan setelah Kepala Dispertan PP Karanganyar positif Covid-19, kantornya sudah disemprot disinfektan pada Senin.

Selain itu, sejumlah orang yang menjadi kontak erat Siti juga sudah didata. Tetapi, Riyanto tidak dapat memastikan berapa jumlah kontak erat pimpinannya.

Tes Swab

"Semua ruangan sudah disemprot oleh BPBD. Untuk yang kontak erat dengan Bu Siti terakhir sudah didaftar untuk tes swab Covid-19. Ada 14 orang staf TPH, bendahara, THL, kasi, dan kabid. Hari ini tadi enam orang kabid sudah swab. Yang lain besok [Selasa] pukul 09.00 WIB," tuturnya.

Sejumlah Kepala OPD Pemkot Solo Positif Covid-19, Sekda Dan Wali Kota Karantina Mandiri

Rata-rata mereka adalah pegawai yang sempat bertemu Kepala Dispertan PP Karanganyar yang positif Covid-19 saat meminta tanda tangan berkas.

Riyanto yang juga Plt Sekretaris Dispertan PP Karanganyar menyampaikan kantor Dispertan PP akan tutup sementara hingga Rabu (9/12/2020). Para pegawai akan menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

"Seizin Pak Asisten II Setda Karanganyar, kantor tutup sementara sampai Rabu. Ruangan baru disemprot dan masih ada asap. Biar steril lalu Selasa kami izin bekerja dari rumah. Rabu kan libur nasional [pilkada]. Kamis [10/12/2020] kami masuk. Tetapi kami persilakan yang ingin menyelesaikan pekerjaan di kantor."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya