SOLOPOS.COM - Ilustrasi pandemi Corona. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah kepala organisasi perangkat daerah atau OPD Pemkot Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Akibat beberapa pejabat tinggi seperti Sekretaris Daerah (Sekda) dan Wali Kota kini harus menjalani karantina mandiri.

Sekda yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, membenarkan adanya sejumlah kepala OPD yang terkonfirmasi positif virus corona. Mereka pejabat setingkat kepala bagian (kabag).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Siap-Siap! Mulai 15 Desember, Semua Pendatang Masuk Kota Solo Wajib Karantina Di Benteng Vastenburg

"Ya betul, dua tok [dua kabag positif Covid-19]. Kontak erat sudah di-tracing, yang rapid test maupun swab WFH [work from home/bekerja dari rumah] dulu, termasuk saya juga WFH ini. Saya kontak dekat karena sempat rapat bareng. Bapake [Wali Kota] juga," jelas Ahyani saat wawancara dengan Solopos.com melalui telepon, Senin (7/12/2020).

Tambah 254 Kasus Dalam 3 Hari, Kumulatif Positif Covid-19 Solo Kini Capai 2.880 Orang

Ahyani mengatakan meski ada beberapa kepala OPD Pemkot Solo yang positif Covid-19, tidak ada penerapan lockdown pada lingkungan perkantoran Balai Kota Solo. Ia mengupayakan agar kantor tetap buka dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas masing-masing.

Tutup Hampir 9 Jam, Akses Tawangmangu Via Karangpandan Karanganyar Akhirnya Kembali Dibuka

Bekerja Dari Rumah

Hanya orang-orang yang menjadi kontak dekat pasien positif yang bekerja dari rumah. "Kontak dekatnya berapa saya tidak hafal, kalau enggak salah empat orang, termasuk saya. Ya ndak papa, mudah-mudahan cepat selesai," kata Ahyani.

Soal sumber penularan para kepala OPD Pemkot Solo yang positif Covid-19 itu, Ahyani mengaku sulit untuk memastikannya. Ia menyebut bisa saja ada yang baru dari luar kota untuk menghadiri hajatan, melayat, atau tugas luar kota dan saat pulang membawa "oleh-oleh" kontak Covid-19.

Mendesak, Pemkab Sukoharjo Butuh Bantuan 16 Pompa Untuk Tangani Banjir

"Atau bisa juga tertular saat ke pasar dan lain-lain. Sulit untuk terdeteksi," imbuh Ahyani.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo belum bisa dihubungi untuk konfirmasi ihwal informasi dirinya menjadi kontak pasien positif Covid-19 dan tengah karantina mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya