SOLOPOS.COM - Kelompok 263 KKN UNS Solo mengadakan penataan lingkungan di Dusun Jatisari Desa Majasem, Ngawi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Sembilan orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam Kelompok 263 KKN Tematik Integratif mengadakan program penataan lingkungan di Dusun Jatisari, Desa Majasem, Ngawi, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (21/8/2022).

Saat ini, sampah menjadi salah satu permasalahan yang krusial bagi masyarakat Dusun Jatisari. Tidak adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk pengelolaan sampah di lingkungan Dusun Jatisari membuat masyarakat seringkali membuang sampah secara sembarangan, sehingga membuat lingkungan menjadi kotor.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sampah yang dibuang ke selokan maupun ke jalanan juga seringkali menimbulkan penyumbatan pada aliran air. Akibatnya ketika hujan deras, air selokan dapat meluap.

Baca Juga: Berikut Ini 10 SMA Terbaik di Yogyakarta Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Kondisi tersebut membuat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) kelompok 263 memilih untuk mengadakan program penataan lingkungan berupa kerja bakti bersama masyarakat Dusun Jatisari dan pengadaan sarana & prasarana untuk kebersihan lingkungan Dusun Jatisari berkaitan dengan permasalahan sampah.

Sarana dan  prasarana yang disediakan oleh mahasiswa KKN untuk warga Dusun Jatisari berupa buis sampah (gorong-gorong) dan tempat sampah organik & anorganik.  Tim KKN UNS 263 ini terdiri atas  Ferdinand Christopher Dwi Prabasworo (Seni Rupa Murni), Dominica Shinta Mahendria (Ilmu Hukum), Silvia Meilani Al Islami (Ilmu Hukum), Prames Woro Marhaen Putri (Manajemen), Natasha Devina Maharani (Psikologi), Fatimah Az Zahra (Agribisnis), Mizana Hanafillah (Teknik Industri), Oni Susilowati (Kimia), dan Putri Segi Pramadaningtyas (S1 Ilmu Lingkungan).

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNS Kelompok 303 Bikin Video Profil Desa Tlogopragoto Kebumen

Dalam menyelenggarakan program kerja ini, kelompok 263 KKN UNS Solo bekerja sama dengan Karang Taruna Dusun Jatisari guna mengajak dan mengkoordinasi warga Dusun Jatisari, terutama dalam kegiatan kerja bakti.

Kegiatan dimulai dengan kerja bakti pada pukul 07.00 WIB. Seluruh warga Dusun Jatisari bergotong-royong membersihkan lingkungan Dusun, terutama lingkungan sekitar rumahnya masing-masing. Bapak-bapak bersama-sama mencangkul tanah dan sampah yang berada di kiri-kanan jalan utama yang menutupi saluran air, sementara ibu-ibu bersama-sama mencabuti rumput liar dan menyapu jalanan.

Baca Juga: Tim KKN UNS Solo dan IPB Garap Data Desa Kacangan Sragen

Mahasiswa tim 263 KKN UNS Solo membantu dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar lingkungan Dusun Jatisari, menyapu, serta membantu mencabuti rumput liar yang tumbuh di sekitar jalanan.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (31/8/2022), kegiatan kerja bakti selesai sekitar pukul 08.15 WIB dilanjutkan dengan penempatan buis sampah (gorong-gorong) dan tempat sampah organik & anorganik di titik-titik tempat yang telah ditentukan di sepanjang jalan utama Dusun Jatisari, pengecatan buis sampah (gorong-gorong) oleh mahasiswa tim KKN UNS 263, serta sosialisasi singkat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Seluruh kegiatan selesai pada pukul 10.15 WIB.

Baca Juga: Kelompok 219 KKN UNS Solo Gelar Penyuluhan di Jurangjero Klaten

Penyelenggaraan kegiatan ini disambut dengan baik, para warga Dusun Jatisari menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam bekerja sama membersihkan lingkungan Dusun Jatisari. Seluruh warga yang berpartisipasi membawa alat kebersihan masing-masing, seperti cangkul, sapu, sapu lidi, dan lain-lain.

Kepala Dusun Jatisari, Suyadi, juga berharap dengan adanya tempat sampah dan buis sampah (gorong-gorong), warga Dusun Jatisari  akan lebih bisa menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Suyadi juga tampak terlihat puas dan antusias dengan kinerja anak-anak KKN UNS dalam penataan lingkungan di Dusun Jatisari.

“Pasti akan sangat berguna ke depannya, dan semoga kegiatan kerja bakti seperti hari ini nantinya akan terus berlanjut,” ujarnya.

Dengan terselenggaranya program penataan lingkungan oleh mahasiswa tim 263 KKN UNS Solo di Dusun Jatisari Desa Majasem ini, diharapkan untuk ke depannya warga Dusun Jatisari dapat lebih memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar agar dapat lebih bersih, tertata, dan nyaman untuk ditinggali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya