Kategori: Karanganyar

Ke Tawangmangu Tak Pakai Masker? Mending Balik Kanan Luuur...


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pengendara yang tidak mengenakan masker saat hendak ke kawasan wisata Tawangmangu pada Minggu (19/7/2020), diminta balik kanan.

Covid-19 Dunia: Waduh Biyung! Jumlah Kasus Indonesia Salip China

Tim gabungan dari forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimca) Tawangmangu, organisasi masyarakat (ormas), Satpol PP Kecamatan Tawangmangu, TNI/Polri, dan sukarelawan menggelar operasi masker di pertigaan Somokado, Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu pada Minggu mulai pukul 09.00 WIB. Sasaran operasi adalah pengendara yang mengarah ke kawasan wisata berhawa dingin di lereng Gunung Lawu itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, operasi menyasar seluruh pengendara, baik itu sepeda motor, mobil, maupun bus pariwisata. Sementara, operasi masker dilaksanakan di satu lokasi, yakni pertigaan Somokado. Tidak menutup kemungkinan, tim akan dibagi dua apabila arus lalu lintas padat. Satu tim lain akan ditempatkan di dekat kantor KUA Tawangmangu.

Operasi Simpati

Camat Tawangmangu sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Tawangmangu, Rusdiyanto, menuturkan operasi masker diselenggarakan secara simpati.

Kasus Naik Terus, Kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Boyolali Ditambah

"Kami motivasi pengendara itu agar melaksanakan protokol kesehatan. Salah satunya mengenakan masker. Orientasinya agar sehat. Kami cek semua pengendara terutama yang mengarah ke Tawangmangu," ujar Rusdiyanto saat berbincang dengan Solopos.com melalui telepon, Minggu.

Tim sudah menyiapkan sejumlah masker kain. Masker tersebut dibagikan kepada pengendara yang saat terjaring operasi tidak mengenakan masker. Tetapi, Rusdiyanto mengklaim rata-rata pengendara sudah taat protokol kesehatan Covid-19.

"Rata-rata sampai siang ini taat kok. Mereka mengenakan masker. Yang bus pariwisata isi rombongan itu juga kami cek. Mereka pakai masker atau tidak. Yang tidak pakai masker, kami beri," tutur dia.

Update Kasus Covid-19 Indonesia 19 Juli: Positif Tambah 1.639, Sembuh Tambah 2.133

Di sisi lain, petugas akan bertindak tegas apabila diperlukan. "Kalau masker yang kami bagikan itu habis, ya pengendara yang tidak mengenakan masker saat terjaring operasi itu kami arahkan balik kanan. Rata-rata kok mereka ini sudah punya masker tetapi enggak dipakai. Makanya kami motivasi," ungkapnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf