Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sukoharjo Tambah 1 Lagi dari Klaster Gowa
Ilustrasi pengujian vaksin virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo bertambah satu lagi dari klaster Gowa. Dengan demikian, hingga Sabtu (23/05/2020) secara kumulatif ada 69 kasus positif corona di wilayah ini.

Pasien baru dari klaster Gowa itu berasal dari Kecamatan Mojolaban. Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan konfirmasi positif satu pasien itu didapat melalui hasil tes swab yang keluar hari ini.

"Tambahan satu kasus positif Corona dari Kecamatan Mojolaban. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini merupakan klaster Ijtima Gowa," kata Yunia, Sabtu petang.

Balas PSBB, Polres Sragen Bakal Halau Kendaraan Berpelat Jatim Masuk Jateng

Yunia mengakui jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo terus meningkat. Dominasinya masih dari Klaster Ijtima Gowa.

Menurut Yunia, tes swab pada alumni Ijtima Gowa dilakukan lantaran berdasarkan rapid test menunjukkan hasil reaktif. Sejauh ini, Yunia mengatakan terdapat 40-an hasil rapid test peserta alumni Ijtima Gowa menunjukkan reaktif.

"Dari 40-an itu semua diuji swab. Sebanyak 35 hasil tes swab baru turun, 30 terkonfirmasi positif, lima negatif. Masih ada beberapa tinggal menunggu hasil swab," kata Yunia.

Mau Lebaran, Boyolali Malah Tambah 2 Kasus Baru Positif Corona

Yunia mengatakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sukoharjo sebagian besar masuk kategori tanpa gejala. Atas kondisi ini pasien tidak menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Isolasi Mandiri

Mereka melakukan isolasi mandiri di rumah dan sebagian di Rumah Sehat yang menempati Barak Dalmas Polres Sukoharjo di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo.

Berdasarkan data dari laman www.corona.sukoharjokab.go.id, juga orang dalam pemantauan (ODP) ada 660 orang. Mereka terdiri dari 566 orang selesai masa pemantauan selama 14 hari, 84 orang menjalani isolasi mandiri, delapan rawat inap, dan dua ODP meninggal dunia.

1 Pasien Sembuh, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Solo Tinggal 3 Orang

Sedangkan PDP tetap 20 orang yang terdiri dari sembilan orang menjalani rawat inap, enam isolasi mandiri, dan lima orang meninggal dunia.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sukoharjo totalnya ada 69 kasus. Perinciannya 24 orang sembuh, 35 orang menjalani isolasi mandiri, enam orang dirawat, dan empat orang meninggal dunia.

"Kami proaktif melakukan rapid test terhadap kontak erat untuk bisa mengetahui dengan cepat. Jika hasilnya reaktif langsung kami tindaklanjuti dengan tes swab sehingga penanganan bisa dengan cepat dilakukan,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho