Kasus Melonjak, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Kota Madiun Penuh
Wali Kota Madiun Maidi. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Madiun bertambah 30 orang pada Selasa (19/1/2021). Membeludaknya pasien positif ini membuat ruang isolasi yang disiapkan Pemkot Madiun penuh.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Madiun mengungkapkan penambahan 30 orang pasien positif ini tersebar pada beberapa kelurahan. Seperti Kelurahan Kartoharjo, Klegen, Kanigoro, Oro-Oro Ombo, Banjarejo, Manguharjo, Pandean, Manisrejo, dan lainnya.

Dengan penambahan ini, jumlah pasien Covid-19 Kota Madiun saat ini mencapai 687 orang. Sedangkan pasien meninggal dunia bertambah satu orang yaitu seorang perempuan berusia 58 tahun dari Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo.

Kedatangan Gubernur Ganjar Ke Lereng Merapi Balerante Klaten Disambut "Entut Dewa"

Tambahan ini membuat jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Madiun totalnya mencapai 52 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Madiun, Denik Wuryani, mengatakan pemkot menyediakan ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di Asrama Haji dan RSUD Kota Madiun.

Dari dua tempat isolasi tersebut saat ini sudah hampir penuh karena jumlah pasien positif yang terus bertambah.

KPU Solo Hanya Undang PDIP Pada Rapat Penetapan Cawali-Cawawali Terpilih, Ini Alasannya

Denik menuturkan Asrama Haji kapasitas tempat tidurnya sebanyak 62 orang. Saat ini Dinas Kesehatan sedang mempersiapkan penambahan 29 tempat tidur lagi,

“Memang tidak semua terisi karena aturan maksimalnya 60% dari kapasitas,” kata Denik dalam keterangan resmi, Selasa.

Denik menyampaikan meski jumlah tempat tidur ditambah, ada kendala terkait tenaga kesehatan yang bertugas.

Hujan Abu, Petani Tegalmulyo Klaten Buru-Buru Selamatkan Tanaman

Kendala Tenaga Kesehatan

Ia menyebut jumlah tenaga kesehatan tidak sebanding dengan jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 yang semakin meningkat di Kota Madiun. “Sebenarnya bed sudah ditambahkan, tinggal penambahan tenaga, ini sedang kita siapkan,” jelasnya.

Ketersediaan tempat tidur RSUD Kota Madiun juga sudah penuh. Sebanyak 13 tempat tidur pada ruang Wijaya Kusuma telah penuh. Sedangkan 12 tempat tidur pada ruang VIP serta empat tempat tidur IGD juga telah penuh.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengimbau masyarakat lebih berhati-hati karena kondisi persebaran Covid-19 cukup mengkhawatirkan.

Kunjungi Puskesmas Manahan Solo, Gubernur Ganjar Ungkap Kelemahan Sistem Vaksinasi Covid-19

Warga juga bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing. seperti berdisiplin dalam mematuhi aturan dan protokol kesehatan.

Maidi menyampaikan tenaga medis semakin kewalahan menangani pasien konfirmasi positif Covid-19 Kota Madiun yang semakin banyak.

“Pemerintah telah mengeluarkan aturan, paling tidak ikuti dahulu. Jangan sampai ada yang tertular. Apalagi saat ini ruang isolasi telah penuh,” jelasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom