Tutup Iklan

KAI Gencarkan Vaksinasi bagi Penumpang Kereta, Begini Komentar Erick Thohir

Vaksinasi Covid-19 gratis di 13 stasiun untuk membantu penumpang kereta api yang ingin melengkapi persyaratan naik KA pada masa PPKM Darurat.

 Menteri BUMN Erick Thohir melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Kota Bandung, Jawa
Barat, Sabtu (10/7/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANDUNG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggencarkan layanan vaksinasi gratis Covid-19 bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

Kegiatan itu dilakukan KAI untuk melengkapi persyaratan naik kereta di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Menteri BUMN Erick Thohir melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021).

Sidak tersebut dilakukan untuk memantau pelaksanaan program PT KAI menggelar layanan vaksinasi gratis Covid-19 bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

“Saya ingin mengecek kebenaran pelaksanaan dari program KAI ini, dan ternyata, benar. Saya terinfo ada 13 stasiun milik KAI yang menggelar kegiatan ini. Saya belum cek semuanya, tapi dari contoh yang saya lihat di Stasiun Bandung ini, program vaksinasi bagi penumpang kereta api selama PPKM Darurat ini berjalan baik,” jelas Menteri Erick Thohir.

Baca Juga: Mulai Senin, Kereta Lokal Hanya buat Pekerja Esensial & Kritikal

Dalam sidak tersebut, Menteri BUMN didampingi Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah. Menurut pihak KAI, kegiatan vaksinasi Covid-19 gratis di 13 stasiun khusus memang ditujukan untuk membantu penumpang kereta api yang ingin melengkapi persyaratan naik KA pada masa PPKM Darurat yang sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 42/2021.

Saat ini vaksinasi gratis bagi penumpang kereta api jarak jauh dilayani di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember.

“Kegiatan ini hasil kolaborasi antara KAI dengan Kemenhub dan Kemenkes yang menurut saya sangat bagus serta membantu usaha pemerintah untuk percepatan. Apalagi saya lihat banyak anak-anak muda yang ikut program vaksinasi di KAI ini sehingga secara langsung kegiatan ini bertujuan untuk melindungi keluarga dan orang tua mereka di kampung,” lanjut Menteri BUMN.

Dalam kunjungan sehari di Kota Kembang itu, Menteri Erick Thohir menyempatkan diri melihat kegiatan sosial berupa dapur umum dan posko bantuan isoman yang diprakarsasi Forum Bandung Berakhlak.

Baca Juga: Kuota 500 Orang per Hari, Ini Cara Daftar Vaksinasi Berbayar di Kimia Farma Sukoharjo

Kegiatan bertajuk, “Gerakan Bantu Isoman” di Bandara Husein Sastranegara, Bandung itu bertujuan memberikan dukungan bagi warga Bandung yang terpapar COVID-19 dan harus melakukan isolasi mandiri. Bantuan yang diberikan berbentuk makanan dan minuman bergizi, serta obat dan vitamin.

“Saya terharu dan mengapresiasi kegiatan untuk rakyat yang diprakarsai rakyat juga. Itu menunjukkan, semangat gotong royong di tengah pandemi ini tak luntur pada masyarakat kita. Justru semakin banyak. Hal itulah yang menyemangati kami semua di pemerintahan bahwa jika kita melakukan semua ini secara bersama, maka kita akan bisa melalui pandemi ini,” tutur Menteri Erick Thohir.


Berita Terkait

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler : Wong Klaten Meninggal Tersetrum - Sosok Kahiyang

Wong Klaten meninggal tersetrum menjadi berita terpopuler di Solopos.com Sabtu pagi ini.

Jejak Listrik di Solo 1901-1957, Lampu Setan dan Perkotaan

Jejak Listrik di Tanah Raja merupakan buku karya Eko Sulistyo yang merupakan komisari PLN.

224,4 Kg Ganja Disita Polri dari Jaringan Aceh-Medan-Jakarta

Dittipid Narkoba Bareskrim Polri menyita 224,4 kilogram ganja, dari jaringan pengedar narkoba Aceh-Medan dan Jakarta.

Koordinator Aksi Demo Ricuh Pemuda Pancasila Terancam Dijemput Paksa

Insiden pengeroyokan kepada Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali terjadi ketika dirinya mengamankan jalannya aksi, Kamis (25/11/2021) kemarin.

7 Kendaraan Ormas Pemuda Pancasila Ternyata Bodong

Sebanyak tujuh kendaraan milik Pemuda Pancasila yang disita seluruhnya tak membawa kelengkapan surat-surat.

Sejarah Hari Ini : 27 November 1940, Pertempuran Tanjung Spartivento

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi pada 27 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya pertempuran Tanjung Spartivento.

Tersambar Petir, Atap Rumah di Bekasi Ambruk

Berdasarkan unggahan video @infobekasi terlihat material-material rumah berserak di depan halaman rumah tersebut.

Mukjizat, Regu Penolong Selamat dari Ledakan Tambang Terdahsyat

Penjabat Menteri Darurat Rusia, Alexander Chupriyan mengatakan, satu dari enam penyelamat telah ditemukan hidup.

Kritik Keras UU Cipta Kerja, Rocky: MK Lindungi Oligarki!

Rocky menuding MK takut kepada pemerintah, karenanya bermain aman dengan menyatakan UU Cipta Kerja bermasalah tapi masih bisa diperbaiki dalam dua tahun.

Jadi Obat Resmi Covid-19, Ini Data tentang Remdesivir

Pelaksanaan paten oleh Pemerintah terhadap obat Remdesivir dilaksanakan untuk jangka waktu tiga tahun sejak Peraturan Presiden ini mulai berlaku.

Sempat Hidup Lagi Setelah 7 Jam di Dalam Freezer, Pria India Meninggal

Kisah unik terjadi di India saat seorang pria hidup lagi setelah sempat berada di lemari pendingin kamar mayat rumah sakit.

Varian Baru Covid-19 di Afsel, WHO Minta Jangan Langsung Ada Pembatasan

WHO memperingatkan negara-negara untuk tidak terburu-buru menerapkan pembatasan perjalanan setelah varian baru virus corona B11529 ditemukan.

Ketua MPR Pimpin Ajang Formula E di Jakarta

Co-Founder Formula E Alberto Longo berharap ajang Formula E di Jakarta sebagai balap mobil listrik paling sukses dalam sejarah.

Pemuda Pancasila dalam Sorotan, Ini Tiga Jenderal Pendirinya

Hari lahir Pemuda Pancasila pun bukan sembarang tanggal, yakni 28 Oktober 1959, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-31.

Putusan MK tentang UUCK Mempermainkan Konstitusi dan Rakyat

Putusan Mahkamah Konstitusi ini, dalam pandangan YLBHI dan 17 LBH di Indonesia, seolah-olah menegaskan kekhawatiran masyarakat sipil terhadap Mahkamah Konstitusi yang tunduk kepada eksekutif menjadi terbukti.

1 Anggota Pemuda Pancasila Tersangka Pemukulan Perwira Polri

Seorang anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) berinisial RC ditetapkan sebagai tersangka kasus pemukulan terhadap Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali.