Joss! Wonogiri Raih Penghargaan Pelayanan Investasi Terbaik di Jateng Versi Markplus
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri, Eko Subagyo (kiri), menyerahkan penghargaan Public Service of the Year 2020 kepada Sekretaris Daerah Wonogiri, Haryono, di ruang kerja Sekda Wonogiri, Selasa (22/9/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri mendapatkan penghargaan pelayanan perizinan dalam hal investasi terbaik atau Public Service of the Year 2020 di tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

DPMPTSP Wonogiri mendapat penghargaan karena dinobatkan sebagai unit kerja pelayanan investasi terbaik oleh Markplus. Markplus merupakan perusahaan konsultan menajemen yang dirintis oleh pakar marketing, Hermawan Kartajaya, sejak 1990.

Mark Plus berkerja sama dengan Majalah Marketeers memberikan penilaian kepada dinas-dinas yang ada di Jateng dalam aspek pelayanan publik.

Sabar Dulu, Simulasi PTM SMA dan SMK di Solo Tunggu Covid-19 Mereda

Kepala DPMPTSP Wonogiri, Eko Subagyo, mengatakan penghargaan pelayanan investasi terbaik itu diumumkan dan diserahkan pada Sabtu (5/9/2020). Penghargaan dari pihak swasta tersebut bakal memacu kinerja DPMPTSP untuk tahun-tahun berikutnya.

Ia mengatakan Markplus menilai DPMPTSP Wonogiri mampu menyajikan pelayanan investasi dengan kualitas pelayanan prima. Selain itu, juga telah melakukan inovasi pelayanan pro-UMKM dengan pendekatan pelayanan perizinan ke setiap kecamatan.

Proses penilaian, menurut dia, melalui usulan kepala daerah kemudian dibawa ke Sidang Panel. Sidang itu melibatkan manajemen puncak MarkPlus, tokoh masyarakat, dan media.

Satpol PP Sragen Operasi Masker di 2 OPD, Hasilnya Zonk

Perbaikan Layanan

Eko menegaskan capaian itu tidak lepas dari upaya perbaikan pelayanan investasi di DPMPTSP pada empat tahun terakhir ini.

Perbaikan kualitas layanan tersebut yakni penyederhanaan regulasi perizinan daerah, perizinan dikelola by process dan pendekatan pelayanan perizinan ke pasar tradisional, kecamatan maupun ke sektor usaha.

“DPMPTSP tidak hanya menyajikan pelayanan sebagai mana harapan masyarakat, namun pelayanan yang melebihi ekspektasi masyarakat. Sehingga masyarakat pengguna layanan tidak hanya puas namun juga terkesan,” kata dia kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Tahun Depan Penerbangan Dibuka Lagi, Angin Segar untuk Biro Umrah

Dari aspek integritas, lanjut dia, pelayanan investasi Wonogiri telah terkualifikasi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain itu, Wonogiri juga mendapat penghargaan kualitas pelayanan publik dengan katagori sangat baik dari KemePAN-RB pada 2018 dan 2019 serta penghargaan investasi Investment Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016 dan 2018.

“Di era Pemerintahan Joko Sutopo, Wonogiri telah mendapatkan anugerah di level Regional dan Tingkat Nasional. Mulai dari Kabupaten Pro-Investasi di 2016 dan 2018,” kata Eko.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom