Jokowi: Vaksin Anti Virus Corona Januari 2021 Siap
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). (Antaranews.com/Biro Pers Satpers)

Solopos.com, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, vaksin anti-virus corona (Covid-19) memasuki tahap uji klinis.

Jokowi menargetkan, seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa diberi vaksin corona pada bulan Januari 2021.

"Kita berharap uji klinis yang ketiga ini Insyaallah akan diselesaikan dalam 6 bulan ini. Kita harap di bulan,Insya Allah Januari kita bisa memproduksi. Sekaligus juga kalau produksi siap, langsung diberi vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air," kata Jokowi saat meninjau penyuntikan vaksin corona di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Selasa (11/8/2020).

Reaktif Rapid Test Covid-19, KPPS & Pengawas TPS Pilkada Sukoharjo Siap-Siap Diganti

PT Bio Farma milik BUMN dipercaya untuk memproduksi vaksin anti virus corona. Jokowi mengatakan, Bio Farma bisa memproduksi hingga 100 juta vaksin anti virus corona bulan ini.

"Produksi untuk vaksin juga dilakukan oleh Bio Farma di Agustus 100 juta vaksin, di akhir 2020, Desember, sudah meningkat jadi 250 juta vaksin. Artinya vaksin digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air," ujar Jokowi.

Pabrik Bioetanol di Mojokerto Terbakar, Satu Orang Tewas

Vaksi Merah Putih

Jokowi menambahkan, Indonesia sudah mengembangkan vaksin corona selama tiga bulan. Pengembangan vaksin melibatkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hingga Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI.

"Kita telah tiga bulan ini mengembangkan vaksin anti virus corona dari isolat yang dikembangkan dari Covid-19 yang beredar di Indonesia. Kita berharap vaksin Merah-Putih ini segera selesai dan diperkirakan ini akan bisa diselesaikan di pertengahan tahun 2021," ucap Jokowi.

Ini Nasihat SBY Soal APBN, Tambah Utang & Pandemi Corona

Presiden dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Presdien menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB.

Mendampingi Presiden menuju Kota Bandung di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Ada juga Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom