SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Dok Setpres RI).

Solopos.com JAKARTA – Pertemuan tertutup antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sabtu (18/3/2023) lalu, belum memunculkan nama calon presiden dari partai banteng moncong putih itu.

Presiden Jokowi sudah memberikan nama kepada Megawati namun kepastian diusung sebagai capres berada di tangan putri Bung Karno tersebut.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang saya miliki dan dari data yang saya miliki,” kata Jokowi seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Namun Jokowi enggan menyebutkan siapa nama capres-cawapres yang dibahas dalam pertemuan itu.

Dia meminta agar hal itu ditanyakan langsung kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Calonnya tanya Bu Mega,” ujarnya.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pertemuan dua tokoh nasional itu membahas kelanjutan kepemimpinan nasional.

Kesepahaman

Hasto mengatakan, pertemuan Megawati dan Jokowi adalah perjumpaan antarkader PDIP sehingga tidak tepat jika ditanyakan apakah ada kesepakatan di antara kedua tokoh seusai pertemuan.

Terminologi yang tepat adalah pertemuan itu menghasilkan kesepahaman soal pemimpin masa depan.

“Terkait nama capres-cawapres yang dibicarakan pada pertemuan itu akan disampaikan Megawati Soekarnoputri,” kata Hasto.

Hasto ditanya apakah pertimbangan soal capres-cawapres yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Megawati dapat diterima dan jadi pertimbangan.

Ia mengatakan apa yang disampaikan Presiden Jokowi menunjukkan dirinya sangat concern bagaimana kepemimpinan selama dua periode itu berkelanjutan.

Apalagi, dia menyebut bahwa capres yang dibicarakan harus satu napas pemerintahan sejak Bung Karno, Megawati, Jokowi, dan kepemimpinan nasional yang akan datang.

“Tentu saja nanti mungkin akan ada partai politik dalam kerja sama dan paling penting adalah topangan dari rakyat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya