Joko Susilo Belum Gabung, Persis Solo Bongkar Pasang Lini Belakang
Pemain Persis Solo menjalani latihan fisik di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (1/10/2020) pagi. Hingga kini kebugaran pemain masih di kisaran 70%. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Persis Solo tampaknya masih terus mencari duet stoper paling ideal di lini belakang untuk mengarungi Liga 2 2020. Beberapa hari terakhir Pelatih Persis, Salahudin, mencoba sejumlah alternatif di jantung pertahanan, termasuk dengan menarik Oky Derry menjadi stoper.

Opsi-opsi yang dijajaki Salahudin tak lepas dari belum kunjung kembalinya bek tengah, Joko Susilo. Joko menjadi satu-satunya pemain yang belum bergabung dengan tim karena masih berada di TNI Angkatan Darat (AD). Bek berkarakter lugas itu belum mendapatkan surat jalan dari satuannya untuk kembali berlatih bersama Laskar Sambernyawa.

Dinilai Janggal, Ini Penjelasan Pemkot Solo Soal Videotron Baru di Ngarsopuro

Alhasil, Alaik Sobrina yang biasa menjadi partner Joko di lini belakang Persis Solo kini lebih banyak dipasangkan dengan Oky Derry. Adapun Bruno Casimir dalam beberapa kesempatan di game internal diduetkan dengan bek trial, Bernardus.

Sementara itu Susanto yang sebelumnya kerap dipasang sebagai stoper kini justru beberapa kali dikembalikan ke posisi asalnya yakni gelandang bertahan. Salahudin mengakui eksperimennya di lini belakang tak lepas dari belum hadirnya Joko Susilo. Menurut Salahudin, pergeseran posisi Oky Derry yang sebelumnya lebih banyak beroperasi sebagai gelandang bertahan harus diambil untuk menambah opsi di jantung pertahanan.

“Makanya kami pasang Oky beberapa kali sebagai stoper, itu mengantisipasi misal Joko memang enggak bisa kembali,” ujar Salahudin saat ditemui wartawan seusai memimpin latihan di Lapangan Dibal, Ngemplak, Boyolali, Senin (5/10/2020).

Pemain Alternatif

Eks bek Persipura U-21 yang tengah menjalani trial di Persis, Bernardus, disebut-sebut juga menjadi alternatif apabila Persis harus kehilangan Joko Susilo. Pengamatan Solopos.com beberapa hari terakhir, penampilan bek 22 tahun itu di jantung pertahanan lumayan meyakinkan.

Nadus, sapaan akrabnya, cukup kuat di udara serta rajin melakukan clearance. Namun Salahudin mengaku belum dapat memutuskan nasib Nadus beserta dua pemain trial lain asal Papua yakni Jackson dan Selsius. “Masih menunggu rapat manajemen, kita lihat saja,” ujarnya.

Inilah Wiro Sangir, Ikat Kepala Khas Sangiran Sragen

Dikonfirmasi, Joko Susilo mengaku sudah mendapatkan surat izin dari Pangkostrad untuk bergabung bersama Persis. Namun dia belum dapat bertolak ke Kota Bengawan lantaran surat jalan dari TNI AD belum turun. “Masih proses. Mohon doanya saja karena [Persis] Solo sudah menjadi rumah saya,” ujar Joko saat dihubungi Solopos.com.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom