SOLOPOS.COM - Jembatan Lemah Ireng di ruas Tol Solo-Semarang. (transmargajateng.co.id)

Solopos.com, SEMARANG — Jembatan terpanjang di Jawa Tengah (Jateng), Jembatan Lemah Ireng ternyata mempunyai pemandangan yang begitu cantik dan memanjakan mata bagi siapa pun yang melewatinya.

Jembatan yang terletak di ruas Tol Semarang-Solo, atau tepatnya di Bawen, Semarang ini mempunyai panjang sekitar 879 meter atau hampir 1 km.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Mengutip keterangan Kementerian PUPR di akun resmi Twitternya, Jembatan Lemah Ireng dibangun dengan metode balanced canteliver atau memanfaatkan efek keseimbangan kantilever. Dengan metode ini fase kontruksi struktur dapat berdiri sendiri tanpa bantuan sokongan lain.

Baca Juga:  Kawah Candradimuka Gunung Lawu Dikenal Sakral dan Tersembunyi

Dari jembatan terpanjang di Jawa Tengah ini, Anda bisa melihat hamparan sawah, pepohonan rindan yang hijau hingga gunung yang menujulang tinggi.

Nama dari jembatan ini diambil dari sebuah desa yang ada di Bawen, yakni Lemahireng. Secara geografis, Lemahireng berada di area perbukitan dan membentan sawah, ladang. Untuk bagian utaranya dibatasi oleh perbukitan perkebunan karet.

Baca Juga:  Apakah Gunung Sumbing Masih Aktif? Ini Jawabannya

Suasanan pedesaan nan sejuk dan jauh dari polusi udara begitu kental di desa ini.

Predikat jembatan terpanjang di Jawa Tengah sepertinya akan tergantikan oleh jembatan yang melintasi Waduk Kedung Ombo (WKO).

Baca Juga:  Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Sukoharjo, Cek Sekarang Lur!

Jembatan penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, yakni Gilirejo dan Gilirejo Baru itu digadang-gadang memiliki panjang 900 meter dengan lebar tujuh meter.

Mengutip situs resmi Pemkab Sragen, karena proyek jembatan ini melintasi WKO, diperkirakan proses pekerjaannya membutuhkan waktu hingga tiga tahun. Sehingga pembangunan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Bernama Unik, Ini Sejarah Anggrasmanis Desa Tertinggal di Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya