SOLOPOS.COM - Para leaders mengikuti Leaders Academy National. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI–Berangkat dari berbagai penjuru Indonesia, 45 orang leaders dan perwakilannya mengikuti kegiatan Leaders Academy National 2022 yang diselenggarakan oleh World Cleanup Day (WCD) Indonesia pada 15-17 Juli 2022.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang tidak hanya bertujuan untuk menyambung silaturahmi, memperkuat solidaritas dan menyatukan visi-misi antar leaders WCD Indonesia di level nasional, provinsi, maupun kota/kabupaten. Namun juga sebagai wadah berdialog, berbagi pengalaman, yang disertai dengan pembekalan, outbond, fieldtrip dan capacity building.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Leaders Academy National 2022 merupakan rangkaian persiapan menuju pelaksanaan World Cleanup Day atau WCD pada September 2022 mendatang.  Hadir dalam peresmian antara lain Assisten 1 Sekda Provinsi Jateng-Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dr. Yulianto Prabowo M.Kes; Kepala DLHK Provinsi Jateng Widi Hartanto, S.T., M.T.; Kepala DLH Kabupaten Boyolali, Kepala Dinkes Boyolali, juga segenap perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) se-Jawa Tengah, Jawa Barat, Bangka Belitung, Sumatra Selatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang keseluruhannya berjumlah lima puluh orang.

Baca Juga: Peringati World Cleanup Day, Pemuda Madiun Punguti Sampah di Wana Wisata Grape

Pada sesi capacity building di Leaders Academy National 2022, para leaders diasah untuk saling berkolaborasi antargenerasi dan lintas disiplin, melalui serangkaian sesi pelatihan yang dimentori oleh Arifah Handayani (Community Action Manager – Climate Reality Indonesia) dan Yuri Romero (Konsultan Edukasi Lingkungan, sustainability dan capasity building komunitas).

Pada akhir sesi para leaders yang telah dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dihadapkan pada simulasi roleplay pitching proyek kepada calon donatur. Guna menambah persiapan berjejaring dan bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan dan komunitas, para leaders juga diajak untuk berdiskusi dan memetakan melalui multi-stakeholders mapping yang difasilitasi oleh Andy Bahari (Leader WCD Indonesia) dan Annisa Intan Kumalasari (koordinator Knowledge WCD Indonesia).

Baca Juga: World Cleanup Day, Mahasiswa UKSW Punguti Sampah di Salatiga

Tak ketinggalan, para leaders WCD Indonesia diajak fieldtrip yakni berkunjung langsung ke Kampung Proklim Desa Seruni, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, untuk mengamati dan belajar langsung dari para penduduk yang telah melakukan aksi-aksi penyelamatan lingkungan dan mencegah perubahan iklim sejak 2016 .

Sejumlah aksi yang dilakukan penduduk desa antara lain pengolahan limbah kotoran ternak menjadi biogas untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, ecopreneur penyulingan air mawar, unit koperasi, budidaya maggot untuk pemecahan masalah sampah organik hingga pakan ikan, instalasi penangkap embun untuk mengatasi kemarau juga bank sampah.

World Cleanup Day sejatinya merupakan aksi bersih-bersih terbesar global tahunan yang dilakukan serentak oleh 191 negara termasuk Indonesia. Aksi sosial ini dinaungi dan digagas oleh organisasi independen Let’s Do It World yang berbasis di Estonia pada 2014 silam.

Sejak tergabungnya Indonesia dalam WCD yakni tahun 2018-2021, WCD Indonesia terus memimpin di posisi puncak berdasarkan jumlah keterlibatan sukarelawan secara global.

Baca Juga: Gubernur Manfaatkan WCD untuk Ingatkan Hidup Bersih di Jateng

“Besar harapan segenap leaders WCD Indonesia untuk tidak hanya mempertahankan posisi, namun juga agar dapat melibatkan lebih banyak sukarelawan, lebih berdampak serta berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dan bebas sampah, juga agar sekembalinya para leaders dari Leaders Academy National, mereka memiliki semangat dan bekal yang dapat dipergunakan di daerah masing-masing,” jelas Leader WCD Indonesia, Andy Bahari, Indonesia dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Selasa (25/7/2022).

Lebih lanjut, dalam rangka mengasah dan membekali kekompakan partisipan, Leaders Academy menggandeng Magenta Organize (PT. Magenta Jaya Makmur) yang merupakan lembaga pengelola event pimpinan Wisanggeni Damar Panuluh (Purna leader WCD Prov. Jateng 2018-2020) sebagai pemandu sesi outbond.

Terlaksananya Leaders Academy tentunya tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak, khususnya pengurus WCD di tingkat kabupaten (Boyolali, Kudus, Solo, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Blora) dan Provinsi (DIY).

Leader WCD Indonesia, Andy Bahari, juga mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali, PDAM, dan DPRD Kab. Boyolali dalam pelaksanaan Leaders Academy National WCD Indonesia 2022 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya