Peringati World Cleanup Day, Pemuda Madiun Punguti Sampah di Wana Wisata Grape

Sekelompok pemuda di Kabupaten Madiun memperingati World Cleanup Day dengan membersihkan Wana Wisata Grape dari sampah. Harapannya kesadaran masyarakat tidak buang sampah sembarangan meningkat.

  Para pemuda Madiun mengumpulkan sampah plastik di Wana Wisata Grape, Kabupaten Madiun, Sabtu (18/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM -  Para pemuda Madiun mengumpulkan sampah plastik di Wana Wisata Grape, Kabupaten Madiun, Sabtu (18/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Puluhan pemuda Madiun melakukan gerakan bersih-bersih Wana Wisata Grape, Kabupaten Madiun, Sabtu (18/9/2021) pagi. Kegiatan bersih-bersih kawasan wisata dari sampah ini untuk memperingati hari bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) 2021.

Puluhan pemuda itu memungut satu per satu sampah di lokasi wisata tersebut. Sekitar satu jam, mereka mengumpulkan sekitar 30 kilogram sampah.

Ketua WCD Madiun, Bintang Nusantara Hasyim, mengatakan World Cleanup Day Indonesia merupakan gerakan aksi bersih-bersih secara serentak di seluruh Indonesia. Aksi bersih-bersih sampah ini juga dilakukan oleh sukarelawan di 187 negara lainnya.

“Kami menggaet sukarelawan untuk mengikuti aksi bersih-bersih ini. Ada 30 pemuda yang ikut kegiatan bersih-bersih ini,” kata dia.

Baca Juga: Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Bintang menuturkan aksi ini dipusatkan di lokasi Wana Wisata Grape yang di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Hal ini karena lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat.

Tetapi, kata Bintang, ternyata masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kegiatan bersih-bersih ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya membuang sampah di tempat yang disediakan.

“Selama satu jam, kami mengumpulkan sampah sebanyak 30 kg. Sampah paling banyak ya sampah plastik makanan,” jelasnya.

Baca Juga: Inspiratif! Lintas Komunitas di Boyolali Bedah Rumah Janda Penjual Cilok

Bantang mengatakan sampah ini menjadi permasalahan bersama dan menjadi ancaman serius bagi kelestarian lingkungan. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar bahwa sampah plastik berdampak buruk pada lingkungan untuk jangka panjang.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Bus Arema FC Diserang Oknum Suporter Berbendera Persebaya

Bus Arema FC diserang oknum suporter berbendera Persebaya di Jogja, Rabu (20/10/2021) malam.

Viral! Bupati Jember-Istri Nyanyi dan Joget di Pesta Pernikahan

Bupati Jember bersama istrinya bernyanyi dan berjoget dalam acara pernikahan, Minggu (17/10/2021) siang.

Persoalan Uang Bulanan Atlet Kota Madiun Bergulir, Jadi Perdebatan?

Persoalan uang bulanan atlet di Kota Madiun masih bergulir setelah Wulan menyebut Pemkot Madiun ingkar janji soal uang bulanan.

2 Hari, 2 Rumah di Ponorogo Terbakar, Ini Penyebabnya

Sebanyak 2 rumah di Kabupaten Ponorogo mengalami kebakaran selama dua hari terakhir, yakni Selasa-Rabu (19-20/10/2021).

Awas! Jalur Pantura di Bangil-Pasuruan Macet Parah saat Jam Tertentu

Arus lalu lintas di Jalan Pantura tepatnya di Jalan Raya Bangil-Pasuruan macet parah terutama saat jam kerja karena perbaikan jembatan.

Lorong Bawah Tanah di Kodim, Jalur Telegraph Banyuwangi-Australia?

Disparbud Banyuwangi menduga lorong bawah tanah di Kodim 0825 Banyuwangi bagian dari sambungan telegraph Banyuwangi ke Australia.

Polisi di Banyuwangi Belum Terima Aduan Pria Onani Sambil Berkendara

Polisi tengah memburu pria yang melakukan onani sambil mengendarai motor di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) yang videonya viral di medsos.

Ih! Pria di Banyuwangi Onani Sambil Naik Motor

Seorang pria di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) melakukan perbuatan tidak senonoh, yakni melakukan masturbasi atau onani sambil mengendarai sepeda motor.

Disebut Sombong, Peraih Medali PON Papua Ingin Tinggalkan Kota Madiun

Susi Dewi Wulandari, atlet Kota Madiun yang tampil di PON XX Papua berencana pindah kependudukan dari Kota Madiun.

Ditangkap! Pengasuh Ponpes di Mojokerto yang Cabuli Santriwati

Polres Mojokerto menangkap seorang pengasuh ponpes yang dilaporkan mencabuli santriwatinya beberapa kali.

Jembatan Kaca Bakal Dibangun di Gunung Bromo, Ini Fasilitasnya

Jembatan kaca sepanjang 120 meter dengan fasilitas pendukungnya akan dibangun di kawasan wisata Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Tak Punya Sirkuit, Atlet Sepatu Roda Latihan di Bantaran Kali Madiun

Porserosi Kota Madiun berharap pemerintah membangun sirkuit sepatu roda agar atlet sepatu roda tidak latihan di fasilitas umum, salah satunya bantaran Kali Madiun.

Jaring Atlet Sepatu Roda, Perserosi Madiun Gelar Kompetisi Internal

Sebanyak 60 atlet mengikuti ajang kompetisi internal Sepatu Roda Pendekar Inline Skate Cup I di lantai III Pasar Besar Madiun, Rabu (20/10/2021), yang diselenggarakan Porserosi Kota Madiun.

Pelajar Ponorogo Meninggal Kecelakaan Tabrak Pohon, Mabuk?

Pelajar meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Ponorogo-Jetis, Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Rabu (20/10/2021) dini hari.

Unik! Peringati Maulid Nabi, Warga Madiun Bagikan Koin Jutaan Rupiah

Keluarga keturunan Eyang Ali Mutohar, tokoh pendiri Desa Kedondong membagikan uang koin senilai jutaan rupiah kepada warga setempat untuk memperingati Maulid Nabi.