Jelang Pilkada Solo: Gibran-Teguh Dan Bajo Sama-Sama Optimistis Menang, Berapa Target Suaranya?
Pilkada Solo. (Solopos/Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO -- Setelah melalui tahapan kampanye selama 71 hari, Pilkada Solo 2020 akhirnya memasuki masa tenang, Minggu-Selasa (6-8/12/2020).

Masing-masing cawali-cawawali Solo sudah menghentikan kegiatan kampanye yang berlangsung hingga Selasa (8/12/2020). Sehari setelahnya, Rabu (9/12/2020) merupakan hari penemuan yakni pemungutan dan penghitungan suara.

Masing-masing tim pemenangan pasangan cawali-cawawali Solo sama-sama mengklaim bakal memenangi Pilkada Solo 2020. Ketua Tim Pemenangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, Putut Gunawan, misalnya.

Pasien Positif Covid-19 Tetap Bisa Nyoblos Pada Pilkada Solo 2020, Begini Alurnya

Ia dan timnya optimistis setelah masa tenang tiga hari nanti, Gibran-Teguh bakal menang pada Pilkada Solo dan target 92 persen suara bisa tericapai. “Insya Allah target terpenuhi,” tuturnya melalui pesan Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Minggu (6/12/2020).

Target tinggi raupan suara tim pemenangan Gibran-Teguh merujuk banyaknya dukungan. Tidak hanya dari basis suara PDIP sebagai pengusung, tapi juga beberapa parpol yang ikut mendukung pasangan nomor urut 01 itu.

Parpol pendukung Gibran-Teguh seperti Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Gerindra. Pasangan itu juga mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Nasdem dan Perindo.

Tebing Setinggi 9 Meter Longsor Timpa Balai Desa Wonokeling Jatiyoso Karanganyar

Sedangkan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) maju dari jalur independen. Mereka diusung organisasi kemasyarakatan Panji-Panji Hati atau lebih dikenal dengan Tikus Pithi Hanata Baris.

Pemilih Aktif

Pasangan ini juga optimistis setelah 71 hari masa kampanye kemudian masa tenang tiga hari, mereka bakal menang Pilkada Solo, Rabu mendatang. Selama masa kampanye pilkada pasangan jalur perseorangan tersebut mendapatkan dukungan berbagai elemen masyarakat Solo.

Salah satunya dari organisasi Solo Madani, mahasiswa lintas kampus, hingga komunitas driver ojek online. Tidak main-main, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bajo, Sigit Prawoso, menargetkan kemenangan Pilkada 2020 hingga 80 persen.

Kondisi Psikologis Membaik, Korban Penembakan Solo Mulai Beri Keterangan ke Polisi

Optimisme itu Sigit sampaikan saat wawancara dengan Solopos.com di sela deklarasi dukungan 100-an mahasiswa di Balekambang Resto pada Jumat (4/12/2020) malam. Hadir dalam kegiatan itu pasangan Bajo dan Ketua TPHB, Tuntas Subagyo.

“Potensi golput 100.000-an orang dari DPT. Berarti suara pemilih aktif yang diperebutkan 320.000 orang. Dengan asumsi ada surat suara rusak dan sebagainya berarti yang diperebutkan 250.000 suara. Kami yakin dapat 80 persen suara,” paparnya.

Jadi Tersangka Suap Bansos Covid-19, Mensos Juliari Serahkan Diri ke KPK

Sigit juga menilai pergerakan tim pemenangan pasangan cawali-cawawali nomor urut 01 tidak maksimal. Sebab PDIP sebagai pengusung pasangan 01 hanya fokus menyentuh kader-kader struktural mereka dalam berbagai pergerakannya.

Faktor tak sesuainya rekomendasi dengan usulan DPC PDIP Solo ia nilai bakal membuat dukungan paslon 01 tidak utuh. “Kami tak merasa terganggu walau seluruh parpol Solo berkoalisi. Sebab fakta lapangan yang bekerja hanya PDIP,”ujarnya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom