Kategori: Teknologi

Jaring Dacon, Mekanisme Penyelamat Instan untuk Korban Hanyut


Solopos.com/Alvari Kunto Prabowo

Solopos.com, JAKARTA -- Tercebur dan hanyut menjadi salah satu risiko yang diwaspadai saat seseorang berada di kawasan laut maupun sungai. Peralatan standar untuk menolong pun selama ini hanya sebatas ban bekas atau semacamnya.

Mengutip Dacon.no, Rabu (17/3/2021), pabrikan alat keselamatan air, Dacon menciptakan jaring khusus untuk penyelamat orang hanyut. Jaring ini adalah penyelamat manual menggunakan bahan yang lembut dan kuat untuk mengangkat tubuh dari air.

Jaring ini juga mudah untuk mengangkat orang yang terobang ambing, terluka parah atau bahkan tidak sadarkan diri dari air. Jaring penyelamat ini memungkinkan seseorang melakukan penyelamatan dari atas kapal.

Baca Juga :  Nendo Punya Bola Sepak Nontiup, Praktis Bisa Dirakit Sesuai Selera

Posisi jaring cukup dipasang horizontal dan sangat mudah dioperasikan oleh personel penyelamat. Posisi horizontal diklaim memudahkan dukungan tubuh korban. Selain itu penyelamatan horizontal bisa mengurangi kemungkinan syok korban hipotermia dan cedera parah.

Faktanya mengangkat korban dengan pakaian basah dari air ke atas perahu penyelamat cukuplah berat. Hal ini terjadi meskipun penyelamat menggunakan kapal freeboard yang rendah. Dengan jaring penyelamat Dacon yang dipasang pada pagar kapal penyelamat, memungkinkan penyelamatan tanpa kesulitan.

Jaring ini diklaim lebih cepat, efisien untuk digunakan dan menghemat waktu dalam situasi kritis. Saat penyimpanan, jaring penyelamat ini tak memakan banyak ruang dan tak menghalangi jalan. Jaring pun dapat digunakan sebagai pijakan orang yang mau naik ke kapal.

Baca Juga : Kulit Pohon Kaktus Meksiko Mulai Gantikan Bahan Kain Kulit Binatang 

Dacon Rescue Frame tersedia dalam edisi warna merah/putih standar untuk kapal penyelamat. Tersedia pula jaring warna hitam untuk angkatan laut, penjaga pantai, dan otoritas polisi.

Jaring Dacon ini terbuat dari anyaman serat kaca berartikulasi sehingga kuat namun lembut. Jaring pun akan terapung saat dibentangkan untuk “menangkap” koran yang hanyut. Kelebihannya adalah saat korban sudah masuk, bisa diangkat secara horizontal untuk mengurangi kemungkinan bertambahnya cedera.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Alvari Kunto Prabowo