SOLOPOS.COM - Kain Kaktus/Vegan Review

Solopos.com, JAKARTA – Meksiko merupakan negara dengan jumlah tanaman kaktus yang melimpah. Selain buahnya untuk bahan makanan, rupanya kulit kaktus bisa disulap menjadi kulit untuk kebutuhan fashion.

Dikutip Veganfirst.com, Senin (15/3/2021), pemanfaatan kulit kaktus karena penggunaan kulit hewan untuk bahan dasar produk fashion sering dikecam. Terlebih People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), mencatat ada lebih dari satu miliar hewan yang kulitnya digunakan untuk kebutuhan. Terlebih proses untuk mendapatkan bahan kulit hewan butuh penggunaan bahan kimia berbahaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini yang membuat dua orang Meksiko yakni Adrián López Velarde dan Marte Cázarez, menciptakan bahan kulit dari pohon kaktus. Prose pembuatannya pun menggunakan bahan tak berbahaya sehingga kulit kaktus ini bisa terdaur ulang.

Baca Juga : Netflix Pasang Fitur Baru Batasi Pengguna Agar Tak Berbagi Password

Keduanya yang tergabung dalam perusahaan bernama Adriano Di Marti, menemukan teknik pembuatan kain berbahan daun kaktus bernama Desserto. Kaktus dengan tekstur keras dan berduri bisa diproses dan berubah menjadi menyerupai kulit asli.

Proses Desserto juga menggunakan pewarna alami untuk mengolah kulit. Daya tahan bahan kain kulit kaktus ini mampu bertahan hingga 10 tahun. Pewarna yang dipakai juga terbuat dari pewarna dari tumbuhan yang mudah terurai alias biodegradable.

Velarde dan Cázarez menyatakan kain ari kulit kaktus tak kalah kualitasnya dengan bahan kain kulit hewan. Hasil dari kulit kaktus ini bisa untuk bahan sepatu, tas, pakaian, aksesori hingga jok kendaraan.

Baca Juga : Helm Polantas Dilengkapi Kamera, Siap Rekam Pelanggaran Lalu Lintas

Prosesnya yakni memanen kaktus dewasa organik selanjutnya dibersihkan, dihaluskan, dan dijemur di bawah sinar matahari selama tiga hari. Setelah kering kulit kaktus diproses dan diwarnai secara alami.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya