Tutup Iklan -->
Jangan Sembarangan! Ini Cara Tepat Pakai Masker Tangkal Virus Corona
Ilustri pemakaian masker. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah mengikuti saran WHO mewajibkan semua orang memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Pemakaian masker diharapkan dapat mencegah penularan virus corona.

Pada awalnya WHO mengimbau masker hanya dipakai bagi orang yang sakit. Namun, belakangan Badan Kesehatan Dunia itu menyarankan semua orang memakai masker untuk mencegah penularan virus corona.

Jubir Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan masyarakat yang sehat lebih baik memakai masker kain yang bisa dicuci. Sementara masker bedah dan N-95 yang hanya sekali pakai diperuntukkan bagi petugas medis yang merawat pasien terinfeksi virus corona.

Waspada OTG di Solo! Tak Merasa Sakit Tapi Bisa Menularkan Virus Corona

“Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah,” papar Yuri, Minggu (5/4/2020).

Masker kain bisa dicuci dengan air sabun agar tetap bersih dan efektif mencegah penyebaran virus. Masker kain juga tidak boleh dipakai lebih dari empat jam.

Meski terlihat sepele, pemakaian masker di tengah pandemi menjadi hal yang tidak boleh dianggap remeh. Ada cara khusus agar masker efektif mencegah penularan virus.

WHO: Penyemprotan Disinfektan ke Jalanan Tindakan Konyol!

Berdasarkan protokol dari Kementerian Kesehatan, berikut cara tepat memakai masker untuk mencegah tertular virus corona:

  1. Cuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer sebelum memakai masker.
  2. Pastikan masker menutup mulut, hidung, serta dagu.
  3. Tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung dan tarik ke belakang di bagian bawah dagu.
  4. Hindari menyentuh masker saat dipakai.
  5. Lepaskan masker yang sudah dipakai dengan memegang tali.
  6. Jangan pakai kembali masker yang sudah dipakai.
  7. Cuci masker menggunakan air hangat dan detergen.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho