SOLOPOS.COM - ilustrasi public speaking (Freepik)

Soloposcom, SOLO—Berbicara di depan umum atau public speaking bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan namun juga menantang. Kemampuan public speaking saat ini jadi salah satu skill yang berguna untuk menunjang karier dan juga kehidupan sehari-hari.

Kemampuan public speaking bisa dimiliki setiap orang dengan berlatih. Namun ada kalanya seseorang yang sudah mempunyai kemampuan public speaking, tetapi tidak mau belajar untuk improvisasi, maka kemampuannya tersebut tidak berkembang.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Dilansir dari ctreemagz.id serta beberapa media lainnya, berikut beberapa hal yang bisa membuat public speaking Anda semakin keren.

5 Hal Wajib Yang Harus Kamu Lakukan Bersama Sahabat

1. Bicarakan hal yang dipahami

Kedengarannya memang sudah jelas, tetapi banyak pembicara membuat kesalahan dengan mengambil pokok bahasan yang tidak sepenuhnya mereka pahami.

Akibatnya audiens bisa bosan, jenuh karena mereka tahu lebih banyak dari Anda. Selain itu karena Anda tidak yakin dengan pokok bahasannya, maka Anda tidak yakin pula dalam sikap Anda sendiri.

2.Persiapkan diri

Jika Anda membicarakan topik yang benar-benar Anda pahami, maka mempersiapkan presentasi tidak akan menjadikan hal yang sulit. Maka dari itu, Anda juga harus memahami struktur pembicaraan seperti katakan pada mereka apa yang Anda bicarakan, katakan apa isi pembicaraan Anda, katakan pada mereka apa yang telah Anda bicarakan.

3.Gunakan bahasa sehari-hari

Berbicara dengan menggunakan bahasa sehari-hari, ini akan lebih efektif daripada Anda harus meneggunakan istilah-istilah asing agar Anda terkesan keren. Padahal, istilah yang asing tersebut belum tentu dimengerti audiens. Maka gunakanlah bahasa sehari-hari saja.

Ini Alasannya Mengapa Ketika Demam Tubuh Justru Kedinginan

4.Kenali audiens

Ini merupakan salah satu hal yang bisa menentukan keberhasilan seseorang sebagai public speaker. Setiap audiens mempunyai caranya sendiri dalam menerima informasi yang disampaikan. Misalnya, jika di acara formal yang audiensnya mayoritas orang dewasa, kita bisa menggunakan bahasa yang lebih baku, buat audiens terinspirasi dengan ide yang disampaikan. Adapun jika audiens-nya anak muda, bahasa yang digunakan juga bisa lebih santai dan menghibur.

5.Perhatikan cara melontarkan humor

Salah satu hal untuk mencairkan suasana dalam suatu presentasi yang beku yaitu humor. Anda dapat menghubungkan lelucon itu dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

6.Pelajari intonasi suara

Di dalam presentasi, Anda tidak akan mungkin menggunkana intonasi yang sama dari awal adanya presentasi hingga akhir. Jika ingin menekankan sesuatu kalimat, Anda butuh intonasi yang lebih tinggi. Jika Anda terbiasa dengan notes, maka tandai kalimat-kalimat yang ingin Anda tekankan agar memudahkan Anda dengan mengingat intonasi pada kalimat mana yang akan lebih tinggi maupun yang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya