SOLOPOS.COM - Artis Hollywood Jane Fonda. (Instagram/@janefonda)

Solopos.com, SOLO-Kabar artis datang dari aktris Hollywood Jane Fonda yang mengatakan telah didiagnosis kanker berbentuk limfoma dan memulai perawatan kemoterapi selama enam bulan. Reuters melaporkan, kanker tersebut menurut aktris pemenang Academy Award ini sangat dapat diobati.

Wanita berusia 84 tahun, yang tahun ini membintangi musim terakhir komedi Netflix Grace and Frankie, mengungkapkan diagnosisnya tentang limfoma non-Hodgkin dalam sebuah unggahan di Instagram.  “Ini adalah kanker yang sangat bisa diobati. 80 persen orang bertahan hidup, jadi saya merasa sangat beruntung,” tulis Fonda dikutip dari Antara pada Minggu (4/9/2022).

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Didiagnosa kanker, Jane Fonda  merasa beruntung karena ia memiliki asuransi kesehatan dan akses ke dokter dan perawatan terbaik.  “Saya menyadari, dan itu menyakitkan, bahwa saya memiliki hak istimewa dalam hal ini,” tambahnya.

Baca Juga: Atasi Kanker Payudara dengan Herbal, Bisakah?

Fonda telah bekerja di industri film dan televisi selama lebih dari enam dekade, memenangkan Oscar untuk peran dalam film Klute (1971) dan Coming Home (1978). Film terbarunya, Moving On, dijadwalkan tayang perdana di Festival Film Toronto bulan ini.

Melalui laman Instagramnya, Jane Fonda tak hanya bicara soal pengobatan untuk kanker. Melainkan juga bicara soal pencegahan penyakit tidak menular ini. “Kita juga perlu berbicara lebih banyak tidak hanya tentang penyembuhan tetapi juga tentang penyebab sehingga kita dapat menghilangkannya. Misalnya, orang perlu tahu bahwa bahan bakar fosil menyebabkan kanker. Begitu juga dengan pestisida, yang banyak di antaranya berbasis bahan bakar fosil, seperti kanker yang saya idap,” tulisnya.

Baca Juga: Bisakah Kanker Payudara Kambuh Seperti Dialami Olivia Newton-John?

Di luar layar, Fonda telah mengadvokasi berbagai penyebab, dampak, dan baru-baru ini mendorong kebijakan untuk melawan perubahan iklim.  “Saya melakukan kemoterapi selama 6 bulan dan saya menangani perawatan dengan cukup baik. Percayalah, saya tidak akan membiarkan semua ini mengganggu aktivisme iklim saya,” kata Fonda di Instagram seperti dikutip pada Minggu (4/9/2022).

Baca Juga: Idap Kanker Payudara, Artis Olivia Newton-John Meninggal Dunia

Dia juga bertekad mengalahkan penyakit itu. “Dan saya tidak akan membiarkan kanker menghalangi saya melakukan semua yang saya bisa, menggunakan setiap alat di kotak peralatan saya dan itu termasuk terus membangun komunitas dan menemukan cara baru untuk menggunakan kekuatan kolektif kita untuk membuat perubahan.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya