SOLOPOS.COM - Olivia Newton-John. (Instagram/@therealonj)

Solopos.com, SOLO-Kabar duka datang dari artis Hollywood Olivia Newton-John yang meninggal dunia pada usia 73 tahun di rumahnya di Southern California pada Senin (8/8/2022) waktu setempat. Kepergian musikus kelahiran Inggris yang besar di Australia ini diumumkan lewat akun Instagram.

“Dame Olivia Newton-John (73) meninggal dengan tenang di Peternakannya di California Selatan pagi ini, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman. Kami meminta semua orang untuk menghormati privasi keluarga selama masa yang sangat sulit ini,”  demikian tulis pernyataan dikutip dari Instagram @therealonj pada Selasa (9/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Semasa hidupnya pemeran Grease ini menjadi penyintas kanker payudara. “Olivia telah menjadi simbol kemenangan dan harapan selama lebih dari 30 tahun berbagi perjalanannya dengan kanker payudara. Inspirasi penyembuhan dan pengalaman perintisnya dengan pengobatan tanaman berlanjut dengan Dana Yayasan Olivia Newton-John, yang didedikasikan untuk meneliti pengobatan tanaman dan kanker,” demikian bunyi pernyataan di Instagram artis tersebut.

Baca Juga: Apa Penyebab Tumor Payudara Seperti Diidap Marshanda?

Olivia Newton-John meninggal dunia meninggalkan suaminya John Easterling dan putri Chloe Lattanzi. Unggahan Instagram tentang kabar duka itu pun mendapatkan komentar warganet berupa doa dan ucapan bela sungkawa

“She will be missed by lot of people… sending my love,”  tulis warganet.

“I will miss U forever! RIP. Now light up the sky with your wonderful smile,”  tulis warganet lainnya.

“Greatest of all time… Honestly love you… is the greatest love song EVER  May you rest peacefully Healing prayers to her family,”  tulis warganet lainnya.

Baca Juga: Kenali Gejala Tumor Payudara Seperti Diidap Artis Marshanda

Sebelum meninggal dunia, semasa hidupnya Olivia Newton-John kerap menduduki puncak tangga musik pada era 1970-an dan 1980-an dengan lagu-lagu seperti Physical dan membintangi film musikal ternama Grease.

Newton-John, pemenang empat piala Grammy, mengatakan pada 2017 bahwa kanker payudara yang kambuh lagi telah menyebar hingga punggung bawahnya, memaksanya membatalkan pertunjukan. Dua puluh lima tahun sebelumnya, Olivia Newton-John telah menjalani mastektomi parsial.

Dia kemudian mendorong penelitian kanker payudara dan masalah kesehatan lainnya dan untuk mendirikan fasilitas penelitian pengobatan kanker di Australia.

Baca Juga: Di Balik Kelebihannya, Ada Kekurangan Memiliki Payudara Besar

Mengutip laman Antara, Selasa (9/8/2022), Olivia Newton-John mulai tampil sejak masih kanak-kanak dan menjadi bintang global setelah pindah ke Amerika Serikat. Sempat dikritik karena dianggap gayanya terlalu komersial, bahkan New York Times pernah mendeskripsikan suaranya “hampir tidak berwarna”.

Tapi kritikan itu tidak berpengaruh terhadap popularitasnya, dan Olivia Newton-John kian bersinar setelah berakting bersama John Travolta dalam Grease, film 1978 yang jadi salah satu musikal paling populer dalam sejarah Hollywood.

Produser film Grease, Allan Carr, ingin menjadikan Newton-John sebagai pemeran utama perempuan setelah terpukau dengannya di pesta makan malam, dan Travolta juga meyakinkannya untuk mengambil peran tersebut. Awalnya sang penyanyi enggan karena punya pengalaman negatif dengan film Toomorrow tahun 1970 yang tidak laku.

Baca Juga: Derita Kanker Payudara, Siti Eks TKI di Sukoharjo Butuh Bantuan

Dia juga khawatir film itu akan berpengaruh buruk terhadap karier bermusiknya. Dia juga khawatir karena harus bicara dalam logat Amerika, jadi peran itu dirombak lagi sehingga karakter Sandy dalam Grease adalah orang Australia.

Film yang diangkat dari musikal Broadway pada 1972 itu sukses keras, menghasilkan lagu-lagu populer seperti Hopelessly Devoted to You,  Summer Nights, dan duet bersama Travolta berjudul You’re the One That I Want.

Semasa hidupnya, sebelum meninggal dunia, pada 1981, Olivia Newton-John menghasilkan lagi lagu terkenal, Physical, dengan video klip di mana dia memakai baju olahraga dan headband, memicu tren fesyen di era tersebut. Lirik yang seksi mengubah citra Newton-John yang awalnya dikenal sebagai gadis polos dan membuat sebagian stasiun radio melarang pemutaran lagu tersebut, demikian dikutip dari Reuters.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya