SOLOPOS.COM - Kendaraan memadati Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). PT Jasa Marga mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek ke arah Cikampek sebesar 141 persen pada H-4 Lebaran. (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/tom)

Solopos.com, JAKARTA—Kemacetan terjadi di jalur mudik tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Korps Lalu Lintas Polri menyebutkan penyebab kemacetan tersebut karena ada pelambatan di sejumlah pintu rest area dan penyempitan lajur dari tol Jakarta-Cikampek memasuki tol Cipali.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Spot yang memengaruhi kepadatan adalah rest area 57, rest area 80, sampai 102. Jadi menyebabkan pelambatan di pintu masuk rest area,” kata Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Terminal Jatijajar Depok Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Langgar Ganjil Genap, Pemudik Dikeluarkan di Pintu Tol Karawang Barat

Aan menyebutkan pelambatan terjadi akibat antrean kendaraan yang ingin memasuki area istirahat sehingga berdampak pada kepadatan kendaraan di belakangnya.

Selain itu, adanya penyempitan jalan dari empat lajur di Tol Jakarta-Cikampek menjadi dua lajur di Tol Cipali juga menyebabkan pelambatan kendaraan dan terjadi kepadatan.

Aan berharap para pemudik bersabar karena kepadatan tidak bisa dihindari. Dia menjelaskan pihaknya terus melakukan rekayasa lalu lintas baik itu di jalan arteri maupun di jalan tol untuk memperlancar arus lalu lintas.

Baca Juga: Ganjil Genap dan Contra Flow Mudik Lebaran 2022 Diuji Coba 25-27 April

“Ikuti petunjuk dan arahan petugas di lapangan. Kita tidak memaksa untuk tidak ke rest area tapi rekan-rekan kita yang di belakang terjadi pelambatan dan macet akibat dari pelambatan di rest area,” kata dia.

Pada Kamis ini kepolisian mulai menerapkan rekayasa lalu lintas one way (searah) dan ganjil genap dari arah Jakarta ke arah timur mulai pukul 17.00.

Sebelumnya, kepolisian juga telah menerapkan contra flow ke arah timur karena kepadatan kendaraan mulai terjadi sejak Rabu (27/4) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya