SOLOPOS.COM - Arsip foto - Sejumlah kendaraan pemudik hari raya Idulfitri 1440 H antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA—Kepolisian dan operator jalan akan menerapkan Ganjil Genap, Contra Flow dan kebijakan satu arah (One Way) untuk mengantisipasi kemacetan yang berpotensi terjadi pada arus mudik Lebaran 2022.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan penerapan uji coba dua skema lalu lintas itu dilakukan pada saat arus mudik Lebaran 2022 pada 25 – 27 April 2022.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Uji coba ganjil-genap akan diberlakukan untuk kendaraan yang menuju ke Cikampek dari KM47-70 (Gerbang Cikatama) atau 47-414.

Baca Juga: Syarat Mudik Lebaran 2022 Terbaru, Apa Saja?

“Kendaraan yang tidak sesuai akan diarahkan keluar di Cibatu, Cikarang Timur, dan Karawang Barat,” jelas Firman, Kamis (21/4/2022).

Sementara itu Contra Flow akan mulai diterapkan pada KM 47-65 pada pukul 11.00 WIB sampai dengan waktu yang disepakati dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas di dua arah.

“Uji coba ilakukan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan ganjil genap dan contra flow,” imbuhnya.

Baca Juga: Macet 1 Km di Tol saat Mudik Lebaran, Menhub: Gratis!

Adapun, pada puncak mudik lebaran Ganjil Genap dan One Way akan diberlakukan mulai dari 28 April sampai dengan 1 Mei 2022.

“Untuk itu siapkan kendaraan anda dengan baik, siapkan bekal walaupun Jasa Marga menyiapkan rest area,” jelas Firman pada konferensi pers, Kamis (21/4).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Jadwal Uji Coba Ganjil Genap dan Contra Flow pada Mudik Lebaran 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya