Tutup Iklan
Real Madrid vs FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Paul Hanna)

Solopos.com, BARCELONA — Duel El Clasico jilid pertama musim ini bakal mundur hingga 18 Desember 2019 menyusul kesepakatan antara Real Madrid dan Barcelona. Sebelumnya Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan El Clasico harus diundur karena situasi politik dan keamanan di Kota Barcelona yang tak kondusif.

RFEF meminta kedua klub berdialog untuk menentukan jadwal pengganti laga yang sejatinya digelar di Camp Nou, 26 Oktober. Namun pihak Liga Spanyol dikabarkan kurang sepakat apabila laga diundur menjadi 18 Desember 2019. Operator kompetisi menghendaki laga Barcelona kontra Madrid digelar 4 Desember 2019 demi melindungi hak siar klub lain.

Hal itu lantaran pada 18 Desember 2019 bakal dihelat Copa del Rey. Para kontestan ajang itu terancam kehilangan hak siar televisi apabila El Clasico digelar di tanggal yang sama. Sebab operator pasti akan mengutamakan El Clasico ketimbang pertandingan lain.

“Jika dilakukan pada 4 Desember 2019 maka akan melindungi kepentingan klub profesional lain karena hak siar televisi dikomersilkan secara kolektif, tidak hanya untuk kedua klub itu,” demikian pernyataan Liga Spanyol seperti dilansir Marca, Sabtu (19/10/2019).

Keberatan Liga Spanyol bisa membuat RFEF mengkaji ulang jadwal baru yang telah disepakati kedua klub. Sebagai informasi, duel pada 4 Desember 2019 dan 18 Desember 2019 sama-sama digelar di tengah pekan. Jika melihat dari aspek bisnis, keuntungan dari kedua jadwal tersebut bisa dibilang tak akan jauh berbeda.

Barca sendiri langsung mengajukan tanggal 18 Desember 2019 setelah RFEF memutuskan El Clasico ditunda lantaran kondisi Catalonia. Tawaran tersebut disambut baik Los Blancos.

“Setelah RFEF menunda laga Barcelona dan Real Madrid pada 26 Oktober 2019, kami setuju dengan tanggal yang baru dan kami mengumumkan kedua klub menginginkan laga pada 18 Desember,” demikian pernyataan Madrid dilansir realmadrid.com.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, memilih tak terlalu memusingkan jadwal pertandingan. “Saya punya [pilihan tanggal], tapi saya tak akan mengatakannya. Itu privat. Pada akhirnya, kami akan menyesuaikan. Itu tak akan mengubah apa pun,” ujar Zidane. (Chrisna Chanis Cara/JIBI)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten