SOLOPOS.COM - Sinta Nuriyah dan Inayah (Youtube/Deddy Corbuzier)

Solopos.com, SOLO -- Istri Presiden Keempat Republik Indonesia (RI) Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah, menegaskan bahwa wanita muslim tak wajib menggunakan jilbab. Mendengar hal tersebut, Deddy Corbuzier yang menjadi host dalam video berjudul Kontroversi Jilbab, Ibu Sinta Nuriyah Mengenang Gusdur di kanal Youtube miliknya mengaku terkejut.

Sinta awalnya menyoroti ada miskonsepsi tentang jilbab yang berkembang saat ini. Dalam pengertian jilbab dan hijab, ada kesalahan yang umum terjadi dalam pemahaman masyarakat.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

"Istilah jilbab dengan hijab itu beda sekali pengertiannya. Kalau jilbab itu untuk menutup kepala, hijab itu pembatas. Karena hijab itu pembatas, maka bahannya dari bahan keras seperti kayu dan sebagainya. Kalau jilbab itu barang-barang yang tipis seperti kain dan sebagainya. Itu saja sudah kesalahan," kata Sinta dalam video yang diunggah di kanal Youtube Deddy Corbuzier, Rabu (15/1/2020).

"Apakah semua orang Islam itu harus memakai jilbab? Tidak juga. Kalau kita mengartikan ayat dalam Al Quran itu secara benar," kata Sinta.

"Kok berani ibu mengatakan seperti itu?" tanya Deddy.

"Berani, karena Al Quran saya artikan kontekstual. Orang menerjemahkan ayat-ayat [Al Quran] itu harus memenuhi beberapa persyaratan. Harus menguasai alat-alatnya, dari segi budayanya gimana, semuanya harus ada. Kalau tidak memenuhi persyaratan, ya enggak bener mengartikannya," jawab Sinta.

Polda Jatim Gagalkan Peredaran 10,8 Kg Sabu-Sabu di Surabaya

Sementara itu, putri bungsu Sinta Nuriyah dan Gus Dur, Inayah Wulandari atau Inayah Wahid, juga menambahkan penjelasan bahwa menjadi seorang penafsir Al Quran harus mempunyai berbagai persyaratan yang begitu komplet. Tidak ada satupun persyaratan itu yang boleh terlewatkan.

"Penafsir harus banyak persyaratan yang sangat komplet, enggak boleh orang menafsirkan sembarangan apalagi hanya bermodalkan Google. Sekarang kan banyaknya kemudian ikutnya Ustaz Al-Googlia. Ngajinya di Google. Enggak gitu, kalau ahli tafsir harus punya basic dan ilmunya yang sangat tinggi," tambah Inayah.

Baca Juga: Teddy dan Bayinya Tak Dapat Warisan Lina Eks Sule

Sadar akan diserang oleh berbagai pihak. Inayah mengaku sudah biasa mendapatkan perlakuan seperti itu. Bahkan, hingga saat ini dia tidak mengungkapkan alasan dirinya tidak menggunakan jilbab.

"Sampai hari ini saya enggak mau menjawab kenapa enggak pakai jilbab. Bukan karena saya belum dapat hidayah. Bukan karena itu. Tapi saya tidak akan menjelaskan. Karena masyarakat kita sudah antipati duluan. Kalau lu enggak pakai jilbab, [pasti orang menganggap] lu enggak ikut syariat Islam dan dosa. Jadi enggak memberi ruang untuk diskusi alasanannya apa," beber Inayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya