Inilah Bella, Duta Rupiah dari Bank Jateng Wonogiri
Dian Bella Sukmasari. (Solopos -Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Bella tegang menanti giliran menjawab pertanyaan secara langsung dari dewan juri. Akhirnya tibalah saatnya dia mengambil gulungan kertas berisi pertanyaan seperti layaknya ajang final pemilihan Putri Indonesia atau sejenisnya. Itulah suasana Pemilihan Duta Rupiah dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) 2020/2021 yang menempatkan Bella sebagai Duta Rupiah, Sabtu (24/10/2020).

Pemilihan Duta Rupiah dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) 2020/2021 itu digelar di Aula Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo.  Perempuan bernama lengkap Dian Bella Sukmasari itu mendapat pertanyaan ihwal langkah yang sudah dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk memperkuat keaslian uang rupiah agar tak bisa dipalsukan.

Ketegangan perempuan yang akan berulang tahun ke-25 pada 26 November mendatang itu semakin menjadi. Dia menyembunyikannya di balik senyuman. Beruntung Bella ingat materi yang sudah dipelajarinya.

Boy Group Pentagon Raih Kemenangan Setelah 4 Tahun Debut

Dia menyampaikan ada empat hal yang dilakukan BI, yakni gencar sosialisasi dan menerjunkan duta rupiah yang bertugas memberi pemahaman kepada masyarakat terkait uang rupiah. Dua hal lainnya, evaluasi dan meningkatkan fitur keaslian uang. Bella lega seusai menjawab.

Tiba lah saatnya pengumuman. Bella terpilih menjadi juara I Pemilihan Duta Rupiah dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) 2020/2021. Hadirin di Aula Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo lantai V, Sabtu (24/10) malam itu menghadiahinya dengan tepuk tangan meriah.

Bella yang beruntung terpilih sebagai Duta Rupiah merupakan karyawan Bank Jateng Cabang Wonogiri. Mengikuti ajang pemilihan Duta Rupiah dan QRIS 2020/2021 menjadi pengalaman tak terlupakan warga Kabupaten Semarang itu.

Peluang Bisnis Coffee Bun Menggiurkan, Begini Kalkulasinya...

Penobatannya sebagai Duta Rupiah dan QRIS baru awalan. Sederet tugas telah menantinya hingga lebih kurang setahun ke depan.

Tugasnya seperti mengampanyekan cara mengidentifikasi uang rupiah asli kepada masyarakat di berbagai acara dan kesempatan, termasuk gelaran car free day. Tahun ini duta rupiah mendapat tugas tambahan untuk mengampanyekan QRIS atau standarisasi pembayaran digital menggunakan metode QR code dari BI.

“Dengan mengikuti ajang itu saya belajar banyak hal terkait perbankan, uang rupiah, regulasi mengenai perbankan, dan lainnya. Saya belajar seperti waktu kuliah dulu. menghapal materi dengan cara diucapkan di depan cermin juga. Sampai-sampai penghuni dekat kamar indekos saya mengira ada orang yang teriak-teriak,” ucap Bella saat berbincang dengan Espos di Bank Jateng Wonogiri, Selasa (27/10).

SM Entertainment Resmi Tanggapi Rumor Trainee Yoo Ji-min

Pencapaian mantan penyiar radio di Salatiga itu juga berkat dukungan penuh Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri, Ratna Sulistyawati; Kasi Pelayanan, Nursiti, yang selalu mengarahkannya; dan seluruh rekan-rekan kerjanya. Mereka menyaksikan malam final Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS di kantor melalui aplikasi.

Sejak dulu Bella memang menyukai tantangan. Selain bekerja menjadi penyiar radio selama tujuh tahun, dia pernah mengikuti ajang Duta Wisata Salatiga 2018. Kala itu dia mendapat predikat sebagai Duta Wisata Persahabatan.

Saat kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pun dia sering mengikuti kegiatan mahasiswa. “Setelah lulus SMA saya sempat bekerja di minimarket. Untuk mengisi waktu luang saja. Sekarang saya bekerja di Bank Jateng Cabang Wonogiri sejak dua tahun lalu,” ujar Bella.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom