SOLOPOS.COM - Daihatsu Ayla (Carmudi.co.id)

Solopos.com, SOLO – Salah satu pertimbangan sebelum membeli mobil adalah nilai pajaknya. Berikut ini mobil-mobil dengan pajak paling murah.

Jika kamu memiliki mobil baik baru maupun bekas, konsekuensinya kamu harus menyediakan dana untuk operasional dan perawatan rutin. Selain itu, kamu juga harus menyediakan dana untuk membayar pajak setiap tahunnya.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Oleh sebab itu, nilai pajak ini menjadi pertimbangan sebelum kamu hendak membeli mobil. Ada mobil bekas yang harganya murah, tetap pajaknya mahal. Dan ada juga mobil yang harganya murah, pajaknya juga murah.

Berikut ini daftar mobil dengan pajak paling murah, dikutip dari laman OLX.

 

LCGC

Mobil LCGC memang terkenal sebagai mobil dengan biaya yang paling ekonomis, karena kapasitas mesinnya yang dibawah rata-rata, dan harga jualnya yang rendah. Berikut daftar mobil pajak rendah bertipe LCGC:

 

1. Honda Brio

Mobil ini merupakan LCGC dengan konsep hatchback yang terlaris di Indonesia. Brio memiliki tarif besaran pajak yang disesuaikan dengan tipe dan tahunnya.

Berdasarkan perhitungan dari harga mobil Brio, dan tipe kendaraan, pajak dari LCGC ini berkisar dari yang termahal sebesar Rp3.020.000 untuk tipe tertinggi Brio tahun 2023, dan sebesar Rp1.540.000 untuk Brio bekas tahun 2013 dengan tipe terendah.

 

2. Daihatsu Ayla

Selanjutnya, mobil LCGC yang juga banyak peminatnya ini cukup rendah dari biaya tarif pajak yang harus dibayarkan tiap tahunnya. Besaran pajak bergantung pada tipe, dan juga tahun keluarannya.

Untuk Daihatsu Ayla, tarif pajaknya untuk yang termurah yakni sebesar Rp980.000 untuk tipe terendah yakni Ayla bekas 1.0 D MT Tahun 2012, dan sebesar Rp2.360.000 untuk tipe tertinggi yakni Ayla 12 R AT Tahun 2023.

 

3. Toyota Agya

LCGC selanjutnya dengan besaran pajak yang sangat terjangkau, yakni Toyota Agya. Mobil ini cukup terjangkau dari biaya pajaknya yang di bawah angka Rp3 juta untuk yang termahal.

Secara detail, tarif pajak Agya termurah yakni untuk Agya bekas tipe E tahun 2012 yang sebesar Rp1.080.000 pertahun, dan yang termahal untuk Agya Baru tipe G tahun 2023 yang mencapai Rp2.640.000 pertahunnya.

 

MPV

Bagi anda yang lebih tertarik untuk memiliki mobil keluarga yang nyaman, maka pilihlah MPV. Untuk saat ini, memang MPV harganya sangat bervariasi dan tidak semua MPV pajaknya relatif murah. Namun ada beberapa pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Selanjutnya, untuk daftar mobil pajak murah, Berikut daftar rekomendasi MPV pajak murah:

 

1. Toyota Avanza

Mobil sejuta umat ini tentunya sudah anda kenali, bukan? MPV rilisan dari Toyota ini sangat populer dan menjadi mobil yang banyak dipilih keluarga di Indonesia. Tidak hanya dari performa mesin, dan fiturnya saja, namun Avanza ternyata tergolong dalam mobil yang pajak yang murah.

Untuk Avanza dengan pajak termurah, anda bisa memilih Avanza bekas tahun 2003 atau 2004 dengan pajak yang berkisar antara Rp1.040.000 Hingga 1.180.00. Sementara itu, tarif termahal ditetapkan untuk Avanza tahun 2023 tipe Q CVT dengan tarif hingga Rp4.660.000 per tahun.

2. Daihatsu Terios

Mobil selanjutnya yang juga memiliki sejarah panjang sebagai mobil pilihan masyarakat Indonesia, Daihatsu Terios. Mobil ini memiliki tarif pajak yang sangat ringan. Bahkan untuk tipe terendahnya masih dibawah Rp1 juta.

Secara lengkapnya, tarif pajak terios bervariasi berdasarkan tahun rilis dan tipe. Untuk Terios dengan pajak termurah, yakni Terios tahun 2007 tipe TS AT dengan tarif pajak tahunan sebesar Rp900.000. Sementara untuk tipe dengan tarif pajak tertinggi, yakni Terios tahun 2023 tipe F800RG-GQMFJ dengan tarif pajak tahunan Rp4.040.000.

 

3. Nissan Livina dan Grand Livina

Selanjutnya, mobil pabrikan Korea Selatan ini juga sangat terjangkau dari segi tarif pajaknya. Ialah Nissan Livina dan saudara kembarnya Grand Livina. Mobil ini sebenarnya tidak banyak berbeda, hanya saja perbedaan di bagian interior dari Grand Livina yang memuat lebih banyak penumpang.

Untuk tarif pajaknya, yang termurah yakni sebesar Rp1.560.000 pertahun untuk Nissan Livina tahun 2007 tipe MT. Sementara untuk tarif pajak tertinggi dibebankan kepada Nissan Livina VL 1.5 tahun 2021 dengan tarif sebesar Rp4.160.000.

 

4. Toyota Yaris

Ingin mobil yang tampak sporty, namun tidak mau boncos saat membayar pajak tahunan? Yaris adalah jawabannya! Hatchback keluaran Toyota ini sangat populer dan punya banyak fitur serta pilihan transmisinya yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Yaris sendiri memiliki banyak tipe dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Untuk tarif pajaknya sendiri, mobil ini sangat terjangkau karena tidak semahal mobil-mobil hatchback di kelasnya. Tarif pajak termurah yakni sebesar Rp1.220.000 untuk Yaris tahun 2001, dan untuk tarif termahalnya sebesar Rp4.540.000 pada Yaris tahun 2023 tipe 1.5 S CVT.

 

Mobil listrik

Anda ingin jauh lebih hemat lagi dengan juga memangkas biaya bahan bakar yang kian mahal? Jawabannya sudah pasti mobil listrik yang cocok untuk anda.

Berkat program pemerintah untuk mengurangi emisi bahan bakar, mobil yang digerakkan dengan tenaga baterai mendapat keringanan pajak dan bebas melintas di jalan ganjil genap. Berikut rekomendasi mobil mobil dengan pajak paling murah:

 

1. Hyundai Ioniq 5

Bagi anda yang mengikuti perkembangan dunia otomotif, mungkin anda sudah mengenal salah satu mobil listrik dari Hyundai yang fiturnya membuat geleng-geleng kepala. Ya, mobil ini ialah Hyundai Ioniq 5.



EV yang baru saja dirilis ini memiliki fitur menarik seperti bisa menjadi sumber energi untuk menyalakan elektronik listrik tinggi. Bisa melaju 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,5 detik, dan sekali pengisian untuk tipe long rangenya mampu berjalan sejauh 481 km tanpa mengisi baterai!

Keunggulannya ini membuat Hyundai Ioniq 5 menyabet penghargaan World Car Of The Year atau menjadi mobil terbaik dunia tahun 2023.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli Ioniq 5, tidak perlu khawatir dengan biaya pajak tahunannya. Walau tergolong sebagai mobil premium, namun pajak mobil ini tidak semahal mobil di kelasnya yang menggunakan mesin BBM karena mendapat keringanan pajak.

Tarif pajak mobil Ioniq 5 sebesar Rp830.000. Lebih murah dari biaya pajak mobil kelas LCGC 10 tahun lalu!

 

2. Hyundai Kona EV

Sebelum mengenal Ioniq 5, ada mungkin juga mengenal salah satu mobil listrik yang banyak dibahas karena menawarkan banyak kelebihan. Ialah Hyundai Kona Electric. Mobil pabrikan Korea ini mampu menaikkan pamor mobil listrik di Indonesia lewat performa mesin, dan desainnya yang gagah layaknya SUV.

Bagi anda yang tertarik dengan mobil listrik satu ini, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merawatnya. Karena selain irit biaya dari penggunaan listrik, pajak kendaraan ini hanya berkisar Rp974.000 saja untuk Kona tahun 2020.

Demikian beberapa mobil pajak murah yang bisa anda pilih untuk menjadi mobil anda selanjutnya. Jika sudah yakin, tapi budget masih belum mencukupi?

Demikian beberapa mobil dengan pajak paling murah.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya