Ini Makna Angka 7 dan 5 di Logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI
Logo HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Pada 17 Agustus 2020 nanti Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75  Kemerdekaan RI. Tahun ini, logo HUT ke-75 RI bertemakan Indonesia Maju. Apa makna logo bernomor 75 itu?

Logo tersebut sejalan dengan tujuan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mengutip Surat Edaran Nomor B-456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020, tema Indonesia Maju diambil sebagai representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas,” tulis keterangan dalam surat edaran tersebut, dikutip Senin (3/8/2020).

Istri Bupati Siap Bertarung di Pilkada Blora, Diusung Gerindra dan Nasdem

Adapun makna dari logo tersebut terinspirasi dari simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Logo menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkukuh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Angka 7

Dalam angka 7, elemen bagian atasnya melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua individu. Sedangkan bagian badan angka merepresentasikan progres kerja yang dinamis dan merepresentasikan kepentingan progres infrastruktur.

Angka 5

Badan pada angka 5 merepresentasikan regenerasi, kerja yang konsisten dan progres kerja nyata dalam bekerja.

Pengeroyokan Agung Walet PDIP Solo: Belum Ada Perdamaian, Polisi Lanjutkan Pemeriksaan Saksi

 

Bangga Indonesia

Bentuk yang menyerupai lingkaran tersebut melambangkan progres kerja yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki, dan selalu mengejar target.

Sekretariat Negara juga telah mengatur penggunaan logo dalam surat edaran tersebut, dari sisi warna dan ukurannya, serta slogannya.

Bersamaan dengan surat edaran tersebut, Setneg menyampaikan penggunaan logo HUT ke-75 Kemerdekaan  RI disempurnakan dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020.

Tidak Pakai Masker, ASN di Jateng Bisa Kena Potong Gaji

“Penyempurnaan dimaksud adalah penambahan logo Bangga Buatan lndonesia, untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020,” tulis Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam surat edaran tersebut.

Logo Bangga Buatan Indonesia sendiri digunakan untuk menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

 

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom