Ini Lokasi Rawan Macet di Jateng saat Mudik Lebaran 2022, Ada 54 Titik

Sebanyak 54 lokasi atau titik jalan nasional di wilayah Jawa Tengah (Jateng) masuk dalam lokasi rawan macet saat mudik Lebaran 2022.

 Ilustrasi kemacetan  (Dok. Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan (Dok. Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) telah memetakan titik atau lokasi rawan macet di wilayahnya saat arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

Total ada sekitar 54 titik atau lokasi yang dianggap rawan kemacetan saat mudik Lebaran 2022. Ke-54 lokasi itu tersebar di hampir seluruh kabupaten/kota di Jateng.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com dari Dishub Jateng, Senin (18/4/2022), 54 lokasi rawan macet itu mulai dari Pasar Losari, Simpang 3 Pejagan, Pasar Brebes, Terminal Tegal, Pasar Comal, Pasar Wiradesa Jalan Pemalang, hingga Pasar Tumpah dan ruas Jalan Kaligawe di Kota Semarang.

Selain itu, lokasi rawan macet yang terdapat di jalur pantura Jateng juga terletak di pasar tumpah Demak dan Jepara, perbatasan Kudus-Pati, Jalan Diponegoro Rembang, Pasar Rembang, Swalayan Luwes Blora, dan Pasar Jepon Blora.

Baca juga: Dishub Jateng: 270 Bus & 17 Truk akan Tiba di Jateng saat Mudik Gratis

Lokasi rawan macet di Jateng juga terdapat di Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo, Banyumanik, Semarang, Jalan Gatot Subroto Ungaran, Jalan Diponegoro Ungaran, perbatasan Bawen-Salatiga, Jalan Kartosuro, Pasar Payaman Magelang, Simpang 3 Keprekan, Simpang 3 Mendut, Simpang 3 Soedirman, Pasar Borobudur yang berada di wilayah Magelang.

Selanjutnya di Pasar Temanggung, Pasar Legi Parakan, Simpang 3 Kretek Wonosobo, ruas jalan perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo, Pasar Jladri Kebumen, Simpang 3 Ketawang Jladri, Pasar Karanganyar Kebumen, Kutoarjo, Pasar Sampang Banyumas, perlintasan KA Jeruklegi Cilacap, perlintasan KA Banyumas, Pasar Cilongok Banyumas, Simpang 3 Ajibarang, Pasar Cimangu, Pasar Margasari Tegal, Simpang 3 Yomani Tegal, dan Pasar Banjaran.

Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebutkan berdasarkan survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jateng bakal menjadi lokasi utama tujuan pemudik. Prediksinya, akan ada sekitar 85,5 juta orang yang akan menjalani mudik pada Lebaran 2022. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 27,5%, atau 23,5 juta orang akan melakukan mudik dengan tujuan ke Jateng.

Selain menjadi tujuan utama pemudik, Jateng juga bakal menjadi tempat perlintasan pemudik dengan tujuan wilayah Jatim dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Perhatikan! Ini 5 Lokasi Rawan Macet Sukoharjo saat Lebaran

“Kurang lebih pemudik ke Jawa Tengah itu 27,5 persen, Jatim 19,6 persen, lalu provinsi lainnya. Perkiraan 23,5 juta orang. Jadi ini cukup serius untuk kita menyiapkan penanganan para pemudik,” kata Ganjar saat menerima kunjungan dari Pertamina pada Selasa (12/4/2022) lalu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Anies Jadi Capres, 2 Petinggi Nasdem Semarang Mundur

      Keputusan Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tidak disambut positif sejumlah kader di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Gulat Pathol, Permainan Tradisional Khas Rembang yang Masih Lestari

      Gulat Pathol merupakan permainan gulat tradisional khas masyarakat Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng).

      Parkir di Simpang Lima Semarang Disorot, Jukir Naikan Tarif Sesuka Hati

      Tarif parkir di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, dikeluhkan warga menyusul penerapan tarif dari juru pakir (jukir) yang dianggap kelewatan.

      23 Kecamatan di Jateng Tidak Punya Polsek, 14 Polsubsektor Diresmikan

      Sebanyak 14 Polsubsektor baru diresmikan di wilayah Jateng guna memenuhi kebutuhan akan keberadaan polisi di kecamatan yang belum memiliki Polsek.

      Investasi dari Negara Eropa Masih Sedikit, Jateng Undang Dubes Uni Eropa

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengajak negara-negara Uni Eropa untuk mau menanamkan investasi di Jateng.

      Udinus Semarang Gelar Virtual Job Fair, Begini Cara Ikutannya

      Udinus Semarang akan menggelar bursa kerja atau job fair secara virtual atau online mulai 17-21 Oktober 2022.

      Terungkap, Ini Alasan 3 PK Sunan Kuning Semarang Aniaya Rekan Seprofesi

      Tiga pemandu karaoke atau PK Sunan Kuning Semarang mengungkapkan alasan melakukan pengeroyokan atau penganiayaan kepada rekan seprofesinya.

      Unggah Foto di Bawah Baliho Puan, Ganjar Pranowo: PDIP Menang Hattrick

      Ganjar Pranowo baru-baru ini mengunggah foto dirinya berpose di bawah baliho bergambar Puan Maharani.

      Diusung PSI Sebagai Capres 2024, Ganjar: Belum Ada Komunikasi

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku belum pernah melakukan komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang mengusung dirinya sebagai capres 2024.

      Pemadaman Listrik di Semarang Sasar Area Sunan Kuning pada Selasa (4/11/2022)

      Pemadaman listrik di Semarang hari ini, Selasa (4/10/2022), akan menyasar sejumlah wilayah di Kecamatan Semarang Barat seperti kawasan Sunan Kuning.

      Hafal Al-Qur'an, Bocah 12 Tahun Dapat Kursi Roda Elektrik dari Gubernur Ganjar

      Seorang bocah difabel mendapat hadiah kursi roda elektrik dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, karena prestasi yang hafal Al-Qur'an dan tekun mengaji.

      Sadis, Usai Setubuhi Pacar, Remaja Temanggung Bunuh dan Kubur Korban

      Seorang remaja berusia 16 tahun tega berbuat sadis dengan membunuh pacar yang baru saja disetubuhi.

      Peringati Hari Batik, Belasan Anak Difabel di Semarang Membatik Kain 20 Meter

      Belasan anak difabel di Semarang diajak membatik kain sepanjang 20 meter dalam rangkaian peringatan Hari Batik Nasional.

      Puluhan Orang Jadi Korban Arisan Bodong di Kudus, Kerugian Capai Rp2 Miliar

      Puluhan orang di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban arisan diduga bodong dengan jumlah kerugian ditaksir Rp2 miliar.

      Dinsos: Banyak Gelandangan di Semarang Berasal dari Luar Kota

      Dinsos Kota Semarang menyebut banyaknya gelandangan yang ada di wilayahnya berasal dari wilayah luar Kota Semarang.