ilustrasi arus mudik Lebaran. (Solopos-dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo memetakan lima lokasi rawan kemacetan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2018. Bundaran Kartasura dan jalur Solo-Wonogiri menjadi lokasi paling rawan macet.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Zamroni, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan pemetaan lokasi rawan kemacetan arus lalu lintas dilakukan sebagai bagian dari manajemen rekayasa lalu lintas. Hal itu dilakukan di lima posko pengamanan (Pospam) Lebaran yang dibangun di wilayah Sukoharjo.

“Simpang Tiga Ngasem-Simpang Empat Kartasura menjadi salah satu lokasi paling rawan kemacetan. Selain itu, jalur Solo-Wonogiri mulai dari Jembatan Bacem-Pasar Nguter juga rawan macet,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (5/6/2018).

Lokasi pembangunan Pospam Lebaran tahun ini berbeda dibanding Lebaran 2017. Pada 2018, lima Pospam Lebaran dibangun di Simpang Tiga Ngasem, Simpang Empat Kartasura, sekitar Transmart Pabelan, Bundaran Pandawa, dan Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo. Pada Lebaran 2017, Polres Sukoharjo membangun enam Pospam Lebaran yakni di Simpang Tiga Ngasem, eks Terminal Kartasura, depan Goro Assalam Hypermarket, Bundaran Pandawa, Simpang Lima Sukoharjo, serta Mojolaban.

Menurut Kasatlantas, depan Transmart Pabelan menjadi lokasi baru jalur rawan kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran. “Sering terjadi penumpukan kendaraan di depan pintu masuk dan keluar Transmart Pabelan. Petugas yang berjaga di Pospam Lebaran bakal bersiaga di sekitar Transmart,” ujar dia.

Mobil masih menjadi kendaraan favorit para pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Biasanya, mereka mengajak kerabat keluarga yang juga berdomisili di Jakarta saat mudik ke kampung halaman.

Jalur mudik juga akan dipenuhi bus yang mengangkut pemudik menuju kampung halaman. Biasanya, ada program mudik gratis dari sejumlah perusahaan besar dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengerahkan ratusan bus menuju Jateng dan Jatim.

“Para pemudik diperkirakan mulai melakukan perjalanan  jauh menuju kampung halaman pada akhir pekan ini. Para pegawai negeri sipil [PNS] dan pegawai kantoran mulai libur Lebaran pada awal pekan depan.”

Sementara itu, seorang warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Budi Setyawan, mengatakan kemacetan juga sering terjadi di sekitar underpass Makamhaji menjelang Lebaran. Kemacetan panjang terjadi hingga Simpang Tiga Tugu Lilin, Makamhaji. Kala itu, volume peningkatan kendaraan bermotor melonjak tajam pada beberapa hari menjelang Lebaran.

Berikut Lokasi Jalur Rawan Macet di Sukoharjo saat Lebaran:
1. Simpang Empat Kartasura
2. Bundaran Kartasura
3. Depan Transmart Pabelan
4. Simpang Tiga Jlopo
5. Pasar Telukan

Lokasi Pospam Lebaran
1. Simpang Tiga Ngasem
2. Simpang Empat Kartasura
3. Sekitar Transmart Pabelan
4. Bundaran Pandawa, Solo Baru
5. Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo

Sumber : Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo. (bew)


Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten