SOLOPOS.COM - Program mudik gratis Kemenhub 2022. (Kemenhub)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan 270 bus dan 17 truk untuk memfasilitasi warga perantauan asal Jateng yang akan mudik ke kampung halamannya saat Lebaran 2022 nanti.

Kepala Dishub Jateng, Henggar Budi, mengaku telah menyiapkan 270 bus sebagai moda transportasi mudik gratis ke Jateng. Ke-270 bus ini akan mengantarkan pemudik pulang ke kampung halaman di 12 daerah yang ada di Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ke-270 bus ini untuk memfasilitasi mudik di 12 daerah tujuan mudik yang mayoritas berangkatnya dari Jakarta,” ujar Henggar saat menggelar konferensi pers secara virtual, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Baru Vaksin Dosis Satu, Boleh Enggak Ikut Mudik Gratis 2022 Kemenhub?

Henggar menunturkan 12 daerah di Jateng yang menjadi tujuan mudik gratis adalah Tegal, Semarang, Kudus, Boyolali, Demak, dan Solo. Kemudian Klaten, Wonogiri, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Program mudik gratis Lebaran ini akan dilaksanakan pada 28-29 April 2022 nanti. Diperkirakan akan ada sekitar 8.100 orang yang mengikuti program mudik gratis ke wilayah Jateng ini.

“Estimasinya ada ribuan pemudik yang akan ikut mudik gratis nanti,” jelasnya.

Henggar mengatakan selain menyediakan moda transportasi bus pihaknya juga menyiapkan 17 truk bagi pemudik. Ke-17 truk ini disediakan untuk mengakomodasi pemudik yang pulang ke kampung halaman dengan membawa sepeda motor.

“17 truk ini nantinya bisa mengangkut sekitar 510 sepeda motor,” jelasnya.

Baca juga: Pemprov Jateng Sediakan Mudik Gratis Lebaran Kali Ini, Tapi…

Henggar mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. “Prokes-nya tolong tetap ditaati, meskipun mudik sudah tidak dilarang,” tegas Henggar.

Survei Balitbang Kementerian Perhubungan, pada mudik Lebaran kali ini akan ada 79,4 juta orang yang melakukan perjalanan mudik. Dari jumlah sebanyak itu, 21,3 juta orang di antaranya memiliki tujuan ke Jateng.

Sementara dari 79,4 juta orang yang melakukan perjalanan mudik ini sekitar 26,8% atau 21,3 juta orang memilih menggunakan mobil pribadi, 18,7% atau 14,9 juta orang memilih menggunakan sepeda motor, dan 16,3% atau 12,9 juta orang memilih menggunakan moda transportasi bus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya